Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Sistem Kemudi Parallelogram dan Fungsinya

Parallelogram Steering

Steering linkage paralellogram (jajar genjang) disebut demikian karena seperti namanya, kedua sisi linkage berjalan sejajar satu sama lain dan memiliki jarak yang sama. Jenis linkage kemudi ini menggunakan empat batang pengikat, satu bagian dalam dan satu bagian luar di setiap sisi (kiri dan kanan), penghubung tengah (yang membentang di antara batang pengikat), lengan idler di sisi penumpang, dan lengan pitman di sisi kemudi. sisi pengemudi.

Komponen Sistem Kemudi Parallelogram dan Fungsinya

Lengan pitman menempel pada poros keluaran roda kemudi yang juga biasa disebut poros pitman. Lengan pitman menempel pada tautan tengah dan digerakkan dengan memutar roda kemudi. Batang penghubung tengah memindahkan gerakan dari lengan pitman dan poros pitman ke lengan pemalas di sisi penumpang. Batang pengikat bagian dalam dipasang ke tautan tengah dan memindahkan gerakan kemudi ke lengan kemudi dan batang pengikat luar.

Semua sambungan yang memasang komponen ini dibuat dari sambungan bola dan soket kecil untuk memberikan kebebasan bergerak yang diperlukan untuk mempertahankan kendali atas kendaraan saat sedang bergerak. Jenis kemudi yang paling umum adalah jajaran genjang. Desain linkage cross-steer dan Haltenberger digunakan pada beberapa truk dan van.

Berikut komponen-komponen sistem kemudi paralellogram dan fungsinya, antara lain:

1. Idler Arm

Lengan idler dirancang untuk menjaga sambungan tengah sejajar dengan permukaan jalan sambil memungkinkan sambungan berputar ke kiri dan ke kanan. Lengan pitman terpasang ke gearbox; itu memutar tautan tengah saat pengemudi mengemudikan kendaraan. Lengan idler menyediakan gerakan putar dan menahan gerakan naik dan turun.

2. Center Link

Komponen linkage kemudi yang menghubungkan pitman arm, idler arm, dan inner tie rod.

3. Inner Tie Rod end

Inner Tie Rod Ends adalah bagian dari sistem kemudi. Mereka menghubungkan gearbox kemudi, atau rack and pinion, ke Outer Tie Rod Ends. Saat mendapatkan keselarasan, mereka adalah bagian yang disesuaikan untuk memperbaiki roda kemud

4. Pitman Arm

Pitman arm adalah sambungan transfer kotak kemudi dalam mekanisme kemudi kendaraan jenis Pitman. Ini adalah komponen dalam sistem yang menerjemahkan gerakan radial kemudi atau poros menjadi gerakan linier untuk memutar roda.

5. Outer Tie Rod End

Tanpa tie rod, sistem kemudi Anda akan gagal. Tie rod adalah titik pivot antara sistem kemudi Anda dan lengan kemudi dan roda Anda. Ujung tie rod luar dapat disesuaikan. Ini berarti Anda dapat mengubah panjang tie rod untuk memperbaiki kesejajaran kendaraan Anda.

6. Adjutable Sleeve

Ujung tie rod luar terhubung dengan lengan penyetel, yang memungkinkan panjang tie rod dapat disesuaikan. Penyesuaian ini digunakan untuk mengatur "jari kaki" kendaraan, sudut keselarasan kritis.

7. Steering Wheel

Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda-roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear.

8. Steering Column

Fungsi utama dari steering column adalah menjadi tempat poros utama kemudi. Dari hasil manuver putaran setir yang dilakukan oleh pengendara, maka akan diteruskan ke steering gear.

9. Steering Gear

Fungsi dari steering gear ini untuk mengubah gerakan putar setir menjadi putaran sudut roda depan. Hal ini sangat membantu pengemudi dalam mengendalikan kendaraan.

Diatas merupakan komponen sistem kemudi paralellogram dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat.
close