Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ganti Oli Kompresor AC Mobil: 6 Teknik Dan Ulasannya

Ganti Oli Kompresor AC Mobil - Saat sistem melaksanakan fungsinya maka AC perlu dilakukan perawatan. Satu diantaranya yakni penggantian oli kompresor ac mobil yang perlu secara berkala. Lantas bagaimana cara ganti oli kompresor ac mobil?

Penggantian oli kompresor AC mobil jangan lepas dari perhatian saat service mobil selainnya feature dan elemen yang lain. Dengan demikian, AC mobil tetap optimal kerjanya dan membuat nyaman beberapa penumpang mobil didalamnya.

Bagi pemilik kendaraan, kompresor ac tidak asing lagi dengan komponen ini di telinga kita. Kenpa bisa sering mendengar namanya karena kompresor merupakan bagian penting pada ac mobil. Kompresor berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant, dapat juga untuk memberi sirkulasi ke bagian freon, lalu ke bagian komponen ac mobil lainya.

Kompresor AC mobil bisa bekerja dalam waktu yang lama dan menghasilkan udara sejuk karena terdapat oli yang berperan sebagai pelumas. Cara kerja cairan atau oli pelumas yaitu gesekan dan pemicu panas dapat diminimalisir.

Ganti Oli Kompresor AC Mobil: 6 Teknik Dan Ulasannya

Akan tetapi dalam proses penggantian kompresor ac mobil tentu terdapat beberapa cara atau prosedur yang perlu dilakukan. Supaya dapat info lebih jelas mengenai ganti oli kompresor baik teknik pengisian ataupun juga cara penggantian akan diuraiakan lebih dalam pada artikel dibawah ini, silahkan simak.

Tata Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil​​​​​

Sebagai catatan bahwa Oli kompresor tak perlu diganti jaikalau kualitasnya masih bagus, akan tetapi kalau oli pelumas terjadi rembesan karena kebocoran pelumas, maka dari itu perlu tambahkan kembali atau dilaksanakan pengisian ulang lagi.

Jumlah oli compressor yang perlu ditambah atau diisi akan berbeda sesuai dengan penggantian komponen yang kita lakukan. Berikut jumlah oli yang kita perlukan dalam pekerjaan perawatan AC mobil, antara lain:
  • Isi ulang freon: tambahkan sebanyak 30 C³
  • Ganti kondensor: 30 C³
  • Ganti Evaporator: 90 C³
  • Ganti dryer: 30 C³
  • Ganti Kompressor: 180 C³
Dalam hal ini terdapat tiga cara mengisi oli kompresor ac mobil ini, yaitu melalui lubang inlet, melalui manifold gauge, dan terakhir dengan menggunakan alat recovery. Dibawah ini beberapa cara mengisi oli kompresor ac mobil yaitu:

1. Melalui lubang inlet

Lubang inlet merupakan bagian/aliran tekanan rendah. Volume oli yang dimasukkan ke lubang inlet bergantung ukuran kompresor. Apabila kompressornya berukuran kecil, lakukan pengisian cukup 150 C³ (centimeter cubic). Jika ukuran compressor lebih besar kemungkinan memerlukan jumlah pelumas yang semakin banyak.

2. Menggunakan manifold gauge

Selang manifold gauge merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan kerja freon AC mobil. Selain itu, alat ini juga bisa dipakai untuk mengisi oli. Jika kita memakai manifold gauge dalam ganti oli kompressor AC wajib dipastikan bahwa proses vacuum sudah usai. Kemudian, operasikan keran manifold gauge tutup pada bagian tekanan tinggi dan buka keran pada bagian tekanan rendah.

Setelah langkah vacuum selesai tahap selanjutnya adalah mengisi oli sama sesuai ukuran kompresor AC mobil. Buka selang kuning yang menempel di pompa vaccum, lalu sambungkan ke botol oil. Lalu buka keran selang biru, biarkan oli terisap hingga habis. Sesudah usai, selang dapat ditutup rapat kembali untuk mencegah masuknya kotoran di luar.

3. Menggunakan alat recovery

Alat ini memanglah tidak dimiliki banyak orang, umumnya bengkel AC mobil yang memiliki peralatan ini. Tata cara mengisi oli menggunakan alat recovery langkah pertama yakni menempatkan oli baru pada tabung kompresor yang disediakan. Sehingga alat recovery ini akan menghisap oli untuk memasukannya ke dalam kompresor AC mobil.

Lalu kamu dapat menunggu sampai selesai proses tersebut, karena alat ini sudah bekerja secara otomatis. Dalam menghindar oli yang terbuang karena berlebihan, dapat dihindari dengan mempersiapkan ukuran yang pas untuk kompresor AC mobil sobat.

Tata Cara Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Apabila sudah memiliki kualitas oli sistem AC jelek, ini perlu ditukar. Satu hal yang perlu diketahui bahwa ganti oli kompresor ac mobil berbeda dengan mengisi oli. Penggantian artinya mengganti oli lama dengan oli baru, sedangkan untuk langkah mengisi oli yaitu pekerjaan menambahkan ukuran tertentu s/d batasan normal.

Pada dasarnya kompresor AC mobil bekerja sama dengan engine yaitu memakai oli sebagai pelumas. Dengan demikian, gesekan yang terjadi dan kompresor cepat panas dapat dihindari. Tak cuma oli mesin saja yang perlu ditukar, akan tetapi oli kompresor juga harus ditukar dengan berkala.

Langkah mengganti oli kompresor AC mobil jangan dilakukan asal-asalan. Terdapat ukuran dan detail yang perlu kamu lihat pada salah satunya jadwal service AC mobil itu sendiri.

Tidak tanpa alasan, hal itu dilaksanakan untuk mencegah oli tidak memadat atau jadi mengeras/beku. Dibawah ini alasan kenapa harus ganti oli kompresor AC mobil adalah mencengah goresan/lecet pada kompresor yang menimbulkan aus. Apabila kompresor telah aus, siap-siap saja AC mobil sobat ketika  dinyalakan akan menimbulkan suara berisik atau seperti orang yang sedang ngorok.

Suara itu itu tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan saat berkendaraan. Ada pemicu lain dari timbulnya bunyi aneh yakni oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan kompresor kekurangan oli atau kebocoran.

Jika oli kompresor AC mobil kamu habis, elemen piston dalam kompresor akan bersinggungan dengan kuat menggores dindingnya. Dengan begitu kinerja kompresor juga tentunya makin tidak maksimal karena habisnya pelumas.

Prosedur Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Mengganti oli kompresor memanglah tidak gampang, Sobat harus memiliki peralatan yang cukup. Apa lagi kalau sobat bukan montir yang ahli dibidang perawatan AC. Oleh karena itu, sebaiknya silahkan bawa ke bengkel terdekat dilokasi anda. Namun demikian, sobat wajib memahami cara ganti oli kompresor AC mobil.
  1. Pertama, freon AC wajib dikosongkan. Cara kosongkan freon AC bisa menggunakan alat recovery AC. Selain itu secara manual juga bisa dengan menggunakan pompa vacuum AC. Pastikan sistem AC benar-benar kosong. Tutup kedua keran selang biru dan merah.
  2. Kedua, menyiapkan oli sesuai ukuran dan jumlah pada sebuah wadah/botol.
  3. Ketiga, mengisi oli kompressor AC dengan cara membuka keran selang manifold biru AC agar oli bisa diisap dari selang merah.
  4. Keempat, silahkan lanjutkan dengan mengisi freon AC mobil.
Silahkan sobat lihat video berikut ini agar tidak mengambang, tata cara dan prosedurnya. Mungkin saja, secara teori atau tulisan, sobat masih ragu-ragu dengan pengetahunnya.


Demikian kami buat ulasan terkait ganti oli kompresor ac mobil baik cara penggantian ataupun pengisian. Semoga bisa menambah wawasan/pengetahuan.
close