Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Komstir Rusak: 3 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki

Ciri-ciri Komstir Rusak, Penyebab, Dan Cara Memperbaiki - Komstir pada motor kadang alami persoalan yang membuat sopiran tidak nyaman.

Siapa yang belum ketahui apakah itu komstir pada sepeda motor? Diambil dari Liputan6.com, komstir atau steering ialah bagian utama untuk kenyamanan berkendaraan sepeda motor. Perannya menyamakan dan memantapkan stang motor dan meminimalkan getaran.

Komstir pada sepeda motor dapat ditata sebegitu rupa dengan cara menyetel mur pengunci atas dan mur stabilizer pada laher yang tempatnya berada di rumah komstir. Umumnya pengendara sepeda motor mempunyai kenyamanan sendiri pada komstirnya, ada yang lebih sukai sedikit kuat dan ada pula yang ikuti standard pabrikasi.

Ciri Ciri Komstir Rusak: 3 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki

Lantas apakah kita ketahui pertanda komstir dalam permasalahan? Bila tidak, bagusnya tidak boleh disepelehkan. Karena akan mengusik handling saat berkendaraan bahkan juga bukan tidak dapat berpengaruh fatal.

Hingga kemungkinan muncul pertanyaan, lantas apa ciri ciri-ciri komstir rusak? Apa pemicunya? Dan bagaimana cara melakukan perbaikan?

Komstir atau steering pada sepeda motor memiliki peran untuk meyeimbangkan dan mestabilkan stang motor. Selain itu komstir memiliki peran untuk kurangi berlangsungnya getaran saat motor dikendalikan.

Komponen dalam komstir ini terdiri dari bola-bola. Kondisinya selalu harus terjaga, dengan gemung yang perlu dijaga janganlah sampai kering. Ini karena sering bergesekan di antara segi bola-bola dan dinding komstir. Karena itu sekalinya rusak biasanya harus ditukar sama dengan yang baru bila ingin sektor setir balik normal kembali

Sayang, sebagian orang yang tidak memahami apa gejala komstir yang rusak. Mengakibatkan pengetesannya hanya fokus pada sekitaran roda. Hal terpenting yang menyaratkan komstir memiliki masalah sebenarnya sudah bisa teridentifikasi sejak awalnya.

Bila komstir motor sudah menunjukkan gejala kerusakan semestinya sesegera lakukan pengetesan periodik dan tukar jika memang perlu ditukar. Untuk memperjelasnya berkaitan ciri ciri-ciri komstir rusak, penyebab, dan cara memperbaiki akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

Apa Ciri Ciri-ciri Komstir Rusak

Ada banyak gejala atau ciri ciri-ciri yang ada jika komstir pada motor rusak salah satunya yakni:

1. Ada suara glutuk di bagian setir/setang

Ciri ciri komstir mulai rusak atau memiliki masalah yang pertama ialah keluarkan bunyi yang mengganggu seperti gelutuk. Bunyi itu akan terdengar saat kita kerjakan pengereman, terutamanya saat menggunakan rem depan. Selain itu, suara gelutuk yang mengganggu akan kedengar lebih keras saat sepeda motor melalui jalanan yang rusak dan berlubang.

2. Ada getaran pada tempat setang

Disamping itu ciri ciri-ciri komstir yang rusak akan munculkan getaran pada setir atau stang motor. Biasanya getaran muncul karena komstir bisa terasa sampai ke semua anggota tubuh kita.

Apalagi jika motor dikendarai dengan kecepatan tinggi. Jika didiamkan kondisi itu akan mencelakai pengendara.

3. Setang sulit dikendalikan

Saat komstir mulai memiliki masalah, karenanya setang akan sulit dikemudikan bahkan tidak dapat dikontrol sama sekalipun. Jika sudah seperti itu, akan berefek untuk pengendara sepeda motor dan orang di sekitarnya.

Pengendara yang tetap memaksa menggunakan komstir yang rusak bisa mengusik kenyamanan dan keamanan berkendaraan yang akan didapat. Saat ciri ciri-ciri komstir rusak, karena itu yang terjadi kesetimbangan turun dan terjadi banyak hal aneh seperti ingin belok ke kiri tapi setang justru berbelok ke kanan.

4. Berat

Pada keadaan tertentu, ciri ciri-ciri komstir rusak juga bisa membuat putaran setang jadi berat saat dibawa manuver. Handling motor terasa kaku sampai pengendara kesulitan saat akan berbelok.
5. Oblak
Karena rusaknya komstir membuat keausan pada pelor bearing. Setelah lama didiamkan, akan ada gejala lembek, terutamanya saat pelor itu mulai lepas. Ini akan membuat komstir tidak lagi stabil sampai dudukan setang akan terasa oblak dari as bagian tengah. Ini menjadi ciri ciri-ciri komstir rusak.

6. Rem Jauh

Ciri ciri komstir rusak yang paling akhir yakni membuat ada jarak atau jarak saat akan menggunakan rem depan. Menyebabkan, jarak pengereman akan berlainan, bahkan terasa seperti rem blong karena tidak pakem saat akan digunakan.

Saat kita melakukan pengereman saat berkendara dan kendaraan tidak langsung berhenti atau seperti terdapat jarak atau jeda, kemungkinan besar terdapat masalah pada komstir sepeda motor anda. Bukan hanya kampas rem yang telah habis yang membuat rem tidak menggigit maupun menjadi ada jeda, tapi komstir bermasalah juga menjadi salah satu pemicunya.

Bila medapati gejala itu, optimis untuk langsung mengecek kondisi komstir di bengkel terdekat. Jika memaksa lakukan motor dengan komstir rusak karena itu bisa terlampau berefek. Selainnya rugi untuk diri kita dapat bikin rugi pengendara lain.

Apa Penyebab Komstir Rusak

Sesudah ketahui ciri ciri-ciri komstir rusak karena itu harus dipahami juga pemicunya. Komstir rusak biasa muncul karena penggunaan motor yang jelek saat lewat jalan berlubang dan lokasi yang terjal. Sampai dudukan bola-bola atau pelor jadi mudah aus. Keausan ini bisa terjadi karena perawatan yang kurang khususnya pengujian grease atau gendut yang ada pada komstir.

Saat komstir kering atau mungkin tidak ada gendut karena itu setang jadi berat karena pelor aus. Mengakibatkan pemulasan kurang hingga setir jadi geret atau berat. Untuk mengatasinya tukar satu set laher komstir baru. Berikut sejumlah penyebab komstir rusak salah satunya yakni:

1. Sering menghajar lubang dan melalui jalanan bergelombang

Penyebab komstir rusak yang pertama yakni membantai jalanan yang tidak rata. Sering membantai lubang ternyata dapat merusak bermacam komponen pada sepeda motor, tidak cuma ban tetapi juga komstir.

Apalagi jika membantai lubang dengan kecepatan tinggi, karenanya jangan kebingungan banyak komponen pada sepeda motor tidak kuat lama. Selain itu, turunkan melalui jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi, karenanya jadi salah satu factor pemicunya.

2. Masa penggunaan

Sama dengan makanan, minuman dan beberapa komponen ban lainnya memiliki masa penggunaan, komstir ada pula masa batas penggunaannya. Usahakan teratur mengecek keadaan dari komstir kendaraan kita setiap 6 bulan atau paling lama setahun sekali. Hal itu untuk menjaga perform kendaraan, kenyamanan, dan keselamatan berkendara. Ini bisa menjadi factor penyebab komstir rusak.

3. Tidak disetel sama sesuai standarnya dan tidak dirawat

Penyebab paling akhir komstir rusak yakni setel yang tidak tepat. Komstir yang terlalu kuat atau terlalu kendor justru jadi tidak baik. Semestinya disetel sesuai sama kepentingan dan turuti anjuran pabrik. Selain itu, pemilik sepeda motor semestinya selalu teratur dengan menyempatkan diri ke bengkel buat mengecek kondisi kesehatan dari komstir itu.

Begini Cara Memperbaiki Komstir Rusak

Sesudah ketahui ciri ciri-ciri komstir rusak dan penyebab karena itu harus dipahami juga berkaitan cara melakukan perbaikan. Penyebab komstir aus itu biasanya karena ada polisi tidur dan jalanan ancur langsung sikat saja. Karena itu tegangan di setang makin besar, belum jika suspensinya keras memiliki masalah juga.

Nah bila bunyi itu biasanya karena komponen besi-besi bulat atau mangkuknya aus terus kendor . Maka bunyi bila ngerem atau menyikat jalanan yang tidak rata.

Untuk cara memperbaiki komstir rusak, biasanya bengkel akan mengecek kondisi komstir dan menyetel sampai mangkuk dan bola-bola besinya cocok pada tempatnya. Selain itu, pemberikan pelumas diperlukan agar gesekan mangkuk dan bola besi lebih halus saat setang digerakkan.

Bila pelumasnya kering kan jadi besi sama besi gesekan, makin lama bola besinya aus, bisa jadi pelurunya yang habis atau rumahnya (mangkuk). Dan untuk penggantiannya sendiri, komponen komstir sendiri dikerjakan satus set sekaligus. Khusus untuk motor matik, harga komstir sekitaran Rp 93 ribu, sementara pelumasnya dibanderol Rp 12 ribu.

Di atas ialah pembahasan berkaitan ciri ciri-ciri komstir rusak, penyebab, dan cara memperbaiki. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.
close