Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya - Saat melakukan perawatan ataupun memperbaiki AC Mobil , sobat membutuhkan alat-alat standar yang masih kondisi baik. Hal ini terbilang penting, supaya ketika akan melakukan pekerjaan tersebut tidak menghadapi kesulitan.

Dapatkah sobat bayangkan saat anda putuskan untuk mengecek tekanan freon namun alatnya tidak ada. Lalu ketika akan melepas pipa suction, namun yang sobat punya hanya sebuah obeng. Tentu kondisi seperti ini tidak layak untuk memperbaiki dan merawat AC mobil.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya

Peralatan service AC mobil yang lengkap dan dapat diandalkan akan membuat perkerjaan sobat menjadi ber-kualitas dan waktu pekerjaan dapat memuaskan (selesai dengan tepat waktu). 

Dimana harga alat-alat untuk Service AC Mobil ini dapat sobat cek di marketplace untuk bisa menyusun anggaran yang diperlukan untuk pengadaannya. Sama-sama kita tahu bahwa AC mobil adalah salah satu sistem yang dapat kita katakan penting, mengapa?

Sistem AC pada mobil ini bertugas untuk mengkondisikan udara senyaman mungkin kepada sobat saat mengendarai mobil. Kami katakan penting sebab sangat membantu supaya tidak kepanasan dan bisa konsentrasi penuh saat berkendara.

Terlebih lagi saat sobat melalui jalur yang super panas macet dan berdebu. Pastinya sangat tidak nyaman bila mobil tidak memiliki AC yang masih bekerja nomal dan menghasilkan udara dingin. Karena itu AC mobil dapat dikatakan penting.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya

Adapun jenis-jenis peralatan bengkel AC mobil yang perlu dimiliki dan digunakan merawat dan memperbaiki AC mobil dan bahkan untuk menjalakan usaha Perawatan AC mobil adalah:
  • Kunci Pas Set
  • Kunci Ring Set
  • Kunci Pas Ring (kombinasi) Set
  • Macam macam tang
  • Macam macam obeng
  • Tubbing Cutter
  • Flushing Machine
  • Cooling Machine
  • Flaring dan Swaging Tool
  • Charging Manifold(Analyzer)
  • Quick Disconnect Adapter
  • Peralatan Service AC Mobil Pompa Vacuum
  • Thermometer
  • Alat Press Pipa
  • Multitester
  • Peralatan Service AC Mobil Leak Detector
Masing-masing pemilik mobil menggunakan mobil kesayangannya untuk kepentingan yang berbeda-beda. Selain itu, tingkat mobilitas atau run hour dari mobilnya juga berbeda. Namun terlepas dari tingkat mobilitas dan kesibukannya tersebut, pemilik kendaraan sering kali tidak terpikirkan melakukan perawatan AC mobil karena sibuk.

Malahan terdapat juga pemilik mobil di Indonesia termasuk kurang peduli terhaddap AC mobil miliknya. Hal ini disebabkan kebiasaan melakukan service AC mobil dengan sistem tunggu rusak dulu masih tinggi.

1. Kunci Pas Set

Fungsi kunci pas sendiri berguna untuk mengatasi kepala mur atau baut yang bentuknya persegi dan segi enam (hexagonal). Sementara bagian kunci ring bisa Anda manfaatkan untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Kunci Pas Set
Alat bantu ini adalah alat yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi khrom atau nikel agar tidak mudah aus di mana fungsi kunci ini digunakan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut / mur.

Cara menggunakan kunci pas juga cukup mudah, jika ingin mengendurkan putar kunci ke arah kanan. Cara pakainya jika ingin mengendurkan putar ke berlawanan arah jam dan bila ingin mengencangkan putarkan searah jarum jam.

2. Peralatan Service AC Mobil - Kunci Ring Set

Fungsi kunci ring atau yang dalam bahasa Inggris disebut closed-end wrench sederhananya adalah untuk mengencangkan atau membuka baut segi enam. Kegunaannya mirip dengan fungsi kunci pas alias open-end wrench, tapi ada perbedaan penting di antara keduanya.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Kunci Ring
Kunci ring memiliki bentuk lingkaran di mana semua sisinya tertutup. Desain semacam ini membuatnya lebih aman dan kuat saat “memegang” setiap sisi baut segi enam.

Kunci ring hanya dapat berfungsi jika ada ruang yang cukup untuk menempatkannya mengeliling baut. Hal ini dikarenakan semua sisi kunci ring tertutup dan berbentuk lingkaran.

Sementara fungsi kunci ring, antara lain:
  • Membuka atau mengencangkan baut segi enam
  • Hanya dapat digunakan jika ada ruang yang cukup
  • Lebih aman untuk torsi yang besar


Ciri-ciri kunci ring, antara lain:
  • Berbentuk bulat
  • Lebih aman memutar baut
  • Penggunaan kurang fleksibel

3. Kunci Pas Ring (kombinasi) Set

Kunci pas ring memiliki nama lain juga dalam bahasa Inggris combination wrench karena memiliki 2 ujung dan fungsi yang berbeda dalam satu alat.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Kunci Ring Pas
Adapun bentuk dari Combination wrench ini fiturnya berupa gabungan antara shank kunci pas dan ring yang keduanya memiliki ukuran sama.

Karena kelebihan alat ini bisa memenuhi dua kebutuhan sekaligus sehingga banyak digunakan dengan demikian dapat mengisi kekurangan apabila ada pekerjaan yang tidak bisa kerjakan oleh salah satu alat.

Fungsi utama dari kunci pas ring, adalah untuk mengendurkan dan mengencangkan baut atau mur dengan posisi berbeda.

Ukuran kunci kombinasi sendiri bervariasi, yaitu mulai dari 6 hingga 32 mm dengan offset 15 derajat dari tangkainya.

Kedua ujungnya memiliki ukuran yang sama, misalnya baik ring atau pas mempunyai lebar 10 mm.

Hand tools untuk keperluan service AC mobil ini dibuat dengan bahan chrome vanadium yang mempunyai ketahanan dan kekuatan tinggi.

Secara teknisnya, alat ini dapat bekerja untuk kegunaan standar dengan tekanan yang terhitung tidak terlalu besar.

Fungsi ganda dari kunci pas ring membuat Anda tidak memerlukan alat lain untuk melepas baut atau mur.

Fungsi kunci pas sendiri berguna untuk mengatasi kepala mur atau baut yang bentuknya persegi dan segi enam (hexagonal).

Sementara bagian kunci ring bisa Anda manfaatkan untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat.

Sobat tidak perlu khawatir baut akan lepas karena bagian shank ring bisa menutupi seluruh bagian kepala baut.


4. Macam macam tang

Tang adalah salah satu hand tool yang memiliki fungsi utama sebagai penjepit atau penahan benda kerja. Dalam perkembangannya, tang mengalami perubahan dan penambahan fungsi. Alat ini tidak lagi sekadar berfungsi sebagai penjepit, tapi juga pemotong, bahkan bisa menjadi alat ukur dalam bidang kelistrikan.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Macam Macam Tang yang bisa digunakan untuk service AC Mobil
Sebagai alat pemotong kabel berbahan tembaga, besi, aluminium, maupun baja. Tang potong mampu memotong kawat atau kabel tebal dengan presisi yang cenderung lebih baik daripada gunting kabel. Sebagai alat pemotong kawat baja yang memiliki diameter besar.

fungsi tang kombinasi sebagai hand tool: Sebagai pemotong kabel dan kawat yang ada pada sistem kelistrikan mobil maupun komponen mobil lainnya. Sebagai penahan bahan kerja seperti paku, mur, dan baut saat proses pengencangan.

Tang potong merupakan jenis tang yang memiliki rahang yang tajam yang berfungsi untuk memotong kawat, atau kabel-kabel kecil. Tang ini hampir sama fungsinya dengan tang kombinasi, hanya saja tang ini lebih kecil sehingga dapat memotong benda kerja yang berukuran kecil juga.

5. Macam macam obeng

Fungsinya adalah untuk mengencangkan baut yang memiliki bentuk kepala serupa. Ada banyak ukuran sehingga sebelum membelinya harus cermat dulu ukuran apa yang dibutuhkan.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Jenis Jenis Obeng
Berbagai macam jenis obeng tersebut akan memudahkan Anda untuk memperbaiki peralatan elektronik atau barang-barang yang memang disertai baut.

obeng plus itu untuk untuk melepas atau mengencangkan baut atau skrup yang berbentuk seperti kembang. obeng minus untuk mencongkel sesuatu yang sulit di buka karena bentuknya yang pipih.

Untuk obeng minus (-) karena berbentuk pipih dan ukurannya cenderung kecil, obeng minus pun kerap digunakan untuk mengencangkan sekrup yang letaknya cenderung sulit dijangkau dengan obeng biasa.

Sementara obeng plus (+) karena bentuknya tersebut, maka fungsi obeng plus adalah untuk mengendorkan atau mengencangkan sekrup yang bagian mata atau kepalanya juga berbentuk plus atau kembang.

6. Tubbing Cutter

Pemotong pipa memiliki sebuah pisau (cutting wheel) yang bulat dan tajam. Pisau ini dapat diputar pada porosnya mengelilingi tube (pipa) tembaga AC.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Berbagai jenis Tubing Cutter
Pada sisi yang lain dilengkapi dengan dua buah roda (roller) untuk menahan/memegang pipa yang akan dipotong. Roda tersebut dapat ikut berputar, sehingga memudahkan pekerjaan memotong pipa.

Bagian tightening knob berguna untuk menyesuaikan dengan diameter pipa yang dipotong. Yang perlu diperhatikan pada saat memotong pipa adalah jangan sampai kotoran-kotoran masuk dalam sistem sewaktu memotong pipa.

Memakai pemotong pipa harus sangat hati-hati. Tube cutter/pemotong pipa diputar melingkari pipa sambil pisaunya ditekan sedikit demi sedikit. Jika kita memotong pipa dengan pemotong pipa, pada bagian dalam pipa akan terjadi lekukan ke dalam, sehingga diameter dalam pipa mengecil.

Makin lunak sebuah pipa tembaga, makin besar lekukan ke dalam yang dibuat oleh pisau pemotong pipa. Lekukan tersebut harus dibersihkan sebelum pipa dikerjakan lebih lanjut. 

Pada bagian luar pipa juga terjadi lekukan ke dalam. Lekukan ke dalam pada bagian luar pipa tidak perlu dilurusnya, hal tersebut dapat memudahkan pipa dimasukkan ke dalam ujung pipa yang telah dibesarkan (swage).


7. Flushing Machine

Pada dasarnya, flushing AC mobil adalah pembersihan dan pembilasan seluruh sistem AC mobil. Seluruh kotoran dan partikel yang tidak diinginkan akan dibersihkan dari kompresor dan seluruh saluran AC mobil.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Flusing Machine - Refigerant
Berasal dari kata flushing sendiri merupakan upaya untuk dapat menghilangkan atau membersihkan segala bentuk kontaminasi yang ada dalam sistem AC. Tujuannya tak lain agar kinerja AC mobil menjadi lebih maksimal.

Mekanik melakukan flushing untuk menjaga kualitas oli yang baru agar tetap optimal. Flushing yang benar dilakukan dengan menuangkan cairan engine flush seperti Prestone Engine Motor Flush.

Flushing akan mengencerkan endapan oli di celah-celah mesin yang berada di chamber oli. Tujuan lainnya yaitu untuk mengangkat serpihan-serpihan logam atau gram-gram dari komponen mesin. 

Dengan demikian bagian seluruh ruang dan jalur oli bisa benar-benar bersih. Oli yang baru tidak akan terkontaminasi dengan sisa-sisa oli lama. Sehingga kualitasnya tidak langsung menurun.

8. Cooling Machine

Mesin yang satu ini memiliki fungsi untuk membersihkan evaporator di semua mobil tanpa harus melakukan pembongkaran dashboard yang justru akan memakan waktu sangat lama. Mesin bisa dilengkapi dengan alat ozonisasi yang bisa membunuh bakteri dan juga serangga yang ada dalam mobil.

Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Cooling Machine
Cooling Machine paling banyak bermerek Kyoto ini berbeda dengan mesin lain atau service tanpa bongkar di bengkel lain / dealer. Mesin ini mampu membersihkan AC mobil Anda. Cara kerjanya itu adalah menggunakan kapasitas air 10-20 liter dengan tekanan air yang cukup tinggi. Jadinya kotoran kecil pun bisa terangkat karena tekanan yang tinggi. Jadi jelas sangat berbeda dengan mesin-mesin yang sudah ada di bengkel lain.

Satu hal yang paling penting yaitu proses service AC mobil yang menggunakan Cooling Machine akan sangat menghemat waktu. Proses pengerjaannya yang tadinya lama malahan beberapa mobil harus menginap. Dengan adanya cooling machine ini waktu pengerjaan akan lebih cepat dan tidak perlu menginap.

9. Flaring dan Swaging Tool

Pengertian Swaging adalah (menyambung pipa yang sama diameternya yang dapat disambung dengan las perak) sementara Bending adalah membengkokkan pipa. Untuk melaksanakan swaging caranya sama dengan melakukan flaring.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Flaring and Swaging Tool
Swaging tool Merupakan alat pengembang pipa. Fungsi Swaging tool ialah untuk mengembangkan atau memperbesar diameter ujung pipa. Swaging dilakukan jika kita ingin menyambung dia buah pipa yg diameternya sama. Salah satu ujung pipa harus di swaging.

Flaring pipa AC merupakan alat yang digunakan untuk mengembangkan ujung pipa supaya bisa disambungkan dengan pipa yang baru, kemudian disambung dengan sambunga berulir atau flre fitting.

Dengan flaring tool akan mudah mengembangkan ujung pipa, sehingga dapat disambungkan dengan flare fitting. Pipa yang sering dipakai pada pekerjaan servis mesin pendingin adalah pipa tembaga atau pipa aluminium.

Sementara kata Flaring artinya adalah proses untuk mengembangkan ujung pipa tembaga dengan menggunakan flaring tools agar pipa dapat disambung dengan sambungan pipa dari kuningan yang berulir (flare fitting). Dengan flaring tool akan mempermudah untuk melakukan proses flaring. 

10. Charging Manifold (Analyzer)

Secara umum, manifold gauge merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur dan mengatur tekanan udara pada ruangan.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Charging Manifold (Analyzer)
Namun, manifold juga memiliki banyak fungsi lainnya, antara lain:
  • Dipakai untuk memeriksa tekanan pada sistem dan kompresor
  • Mendiagnosis adanya masalah atau gangguan pada sistem pendingin AC
  • Dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan vakum
  • Dipakai untuk mengosongkan atau mengisi refrigerant (freon) 
  • dapat dipakai untuk menambah minyak pelumas mesin
Hasil pengecekan tekanan oleh manifold gauge bisa menjadi modal awal untuk deteksi kerusakan lebih lanjut. Contoh, ditemukan bahwa tekanan pada bagian high pressure tidak setinggi standarnya. Pun begitu tekanan pada low pressure justru terlalu tinggi dari standarnya.

Ketidakwajaran seperti ini bisa disebabkan karena masalah pada satu atau lebih komponen AC. Misalnya kerusakan pada bagian kompresor, kebocoran, kerusakan pada evaporator, hingga kerusakan pada dryer.

11. Quick Disconnect Adapter

Penggunaan komponen ini biasanya terdapat pada mesin konstruksi dan engine diesel yang memerlukan ketelitian aliran udara bertekanan tinggi. Contohnya pada mesin kompressor atau mesin hidrolik yang menggunakan tekanan udara.
Peralatan Service AC Mobil dan Fungsinya
Alat Quick release coupling
Hasil dari kekuatan tekanan udara yang dimampatkan ini akan menghasilkan energi tinggi untuk mempermudah kegiatan. Quick Coupler sangat penting untuk menjaga ketahanan udara yang berpindah dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Quick Coupler berfungsi untuk menghubungkan atau konektor peralatan pneumatic atau peralatan lain yang membutuhkan supply udara. Supply udara ini biasanya berasal dari kompresor yang sengaja dipasang langsung pada drat kompresor.

Adapun drat kompresor biasanya berukuran ¼ inch. Jika penghubungan atau konektor berjalan dengan baik maka udara akan tersalurkan dengan aman. Namun jika penghubung tidak dipasang dengan benar, bisa mengakibatkan kebocoran. Saat ini beberapa komponen ini telah dilengkapi dengan kopling otomatis agar ketika terjadi kebocoran maka arus angin akan terhenti dan secara otomatis dan terhindar dari kecelakaan.

Cara Menggunakan Quick Coupler sangat mudah dan tidak banyak prosedur. Dimana pada dasarnya Quick Coupler terdiri dari dua jenis yaitu male dan female. Seperti halnya pada perangkat colokan listrik yang saling menyambung satu sama lain.

Jadi agar anda bisa menggunakan komponen ini dengan baik, anda harus memiliki satu pasangan male dan female. Untuk memasangnya anda hanya perlu memegangnya dengan tangan dan dorong lurus ke arah adapter hingga berbunyi klik. Jika penyambungan sulit dilakukan, gerak-gerakkanlah bagian projection part-nya dan lakukan penyambungan kembali.

Ingat jangan melakukan pemasangan dengan memegang bagian lever atau hosenya. Kemudian untuk melepasnya anda hanya perlu mendorong body ke arah adapter dan tekan bagian yang menonjol dengan ibu jari dan putar pojection part ke arah kanan.

12. Peralatan Service AC Mobil Pompa Vacuum

Pompa vakum adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan molekul gas dari sebuah ruangan yang tertutup dengan tujuan untuk mencapai tekanan tersendiri pada mesin vakum.


Prinsip dari pompa ini adalah dengan jalan mengekspansi volume ruang oleh pompa sehingga terjadi penurunan tekanan vakum parsial. Sistem sealing mencegah gas masuk ke dalam ruang tersebut. Selanjutnya pompa melakukan gerakan buang, dan kembali mengekspansi ruang tersebut.

Tujuan dari proses ini yaitu untuk membersihkan sistem dari udara, debu dan juga uap air agar sirkulasi dan mesin AC tetap bekerja dengan maksimal dan juga lebih awet. Itulah mengapa AC Split perlu di vakum saat setelah dipasang.

Definisi vacuum merupakan suatu kondisi Udara atau gas di suatu situasi lingkungan tertentu dimana tekanan Udara dibawah tekanan atmosfir. Nilai tekanan atmosfir adalah sekitar 100.000 Pa = 10E+5, ini merupakan kondisi tekanan dimana kita hidup sehari-hari.

13. Thermometer

Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu ataupun alat yang digunakan untuk menyatakan derajat dingin atau panas suatu benda. Alat ini memanfaatkan termometrik dari zat, yaitu perubahan dari sifat-sifat zat yang disebabkan karena perubahan susu dari zat tersebut.
Thermometer Digital
Zat cair termometrik yaitu zat yang mudah mengalami suatu perubahan fisis ketika dipanaskan maupun didinginkan, misalnya alkohol dan air raksa. Pada dasarnya, termometer dapat didefinisikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu atau temperatur maupun perubahan suhu.

Kata termometer berasal dari bahasa latin yaitu thermo yang artinya panas dan meter yang artinya untuk mengukur. Jadi, kegunaan dari alat termometer adalah untuk mengukur panas.

Fungsi termometer biasa dikenal sebagai alat untuk mengukur suhu atau temperatur, serta perubahan suhu. Prinsip kerjanya bermacam-macam, tergantung pada jenis termometer. Namun yang paling sering digunakan ialah termometer air raksa. Sesuai dengan namanya, fungsi termometer mampu mengenali suhu panas.

Saat ini juga cukup banyak jenis termometer yang dijual di pasaran, tetapi termometer digital menjadi salah satu jenis termometer yang cukup banyak digunakan, karena terbilang praktis dan hasilnya paling akurat.

14. Alat Press Pipa
Sebagai sebuah sistem AC mobil perlu dihubungkan antara kompressor dengan evaporator dan kondensor menggunakan selang. Dimana selang atau saluran pada sistem AC mobil terdiri dari dua bahan, yaitu:
  • Karet
  • Aluminium
Masalah akan muncul pada selang ini ketika usia pakai sudah panjang sehingga bisa terjadi kebocoran freon habis.
Alat press pipa ac portable
Alat press pipa ac ini berfungsi untuk menekan selongsong pengikat pipa aluminium dan selang karet agar menyatu kuat. Alat ini dapat memastikan tidak ada celah pada sambungan pipa AC untuk freon keluar.

Dalam sambungan pipa AC memerlukan selang karet, selongsong pengikat dan fittingnya. Ketiga komponen ini disusun sedemikian rupa, dengan memperhatikan lubang (tanda) pada selongsong (clamp) sejajar dengan tanda pada selang karet.

Setelah fitting, selang dan clamp terpasang dengan tepat, sobat tinggal memasukkan ke alat press pipa Ac. Dimana langkah selanjutnya adalah mengoperasikan alat agar menekan (press) clamp.

15. Multitester

Multitester merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengukur besaran arus listrik, selain itu juga sering digunakan untuk menentukan resistansi atau nilai hambatan.
AVO meter
Selain itu, multitester juga dikenal dengan istilah lain, yakni AVOmeter atau multimeter.

Karena fungsi multitester yang sangat banyak dan bervariasi inilah, maka tidak heran jika alat tersebut sangat penting dan banyak digunakan dalam berbagai kesempatan.

Salah satu kegunaan multitester adalah untuk melihat uji kelayakan dari sebuah peralatan elektronik. Dimana fungsi multimeter yakni untuk mengetahui apakah alat tersebut masih dalam keadaan baik ataukah tidak.

Selain kegunaan yang telah kami sebutkan di atas, alat multimeter juga memiliki berbagai fungsi lain yang lebih banyak lagi. Diantaranya fungsi multitester adalah sebagai berikut :
  • Multitester memiliki fungsi utama untuk mengetahui tingkat tegangan AC dan tingkat tegangan DC pada arus listrik.
  • Multitester juga difungsikan untuk mengukur tingkat kekuatan arus yang ada pada tegangan listrik DC.
  • Multitester berfungsi untuk mengetahui tingkat nilai hambatan yang ada pada sebuah resistor.
  • Bisa digunakan untuk mengetahui hubungan arus listrik, terutama untuk jenis hubungan arus singkat.
  • AVOmeter/Multitester bisa dimanfaatkan untuk melihat kondisi kapasitor elektrolit dan transistor.
  • AVOmeter dapat digunakan untuk mengecek kondisi Ini berlaku baik dioda led maupun dioda zener.
  • AVOmeter/Multitester dapat digunakan untuk mengecek kondisi
  • Kegunaan multitester untuk mengukur HFE transistor pada tipe tertentu.
  • AVOmeter/Multitester juga dapat digunakan untuk proses mengukur suhu dan lain sebagainya.
Multimeter merupakan sebuah alat pengukur yang digunakan untuuk mengetahui ukuran tegangan listrik, resistansi, dan arus listrik. Dalam perkembangannya, dapat digunakan untuk mengukur temperatur, frekuensi, dan lainnya.

16. Peralatan Service AC Mobil Leak Detector

Untuk menguji keberadaan gas yang berbahaya dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan yang bisa menguji dan mendeteksi kadar gas berbahaya tersebut.  Nama alat pendeteksi gas bocor tersebut adalah berupa Gas Detector. 
Leak Detector
Alat tes kebocoran freon ini membantu Anda mendeteksi kebocoran gas freon disekitar Anda dengan lebih praktis dan cepat. Freon merupakan salah satu dari senyawa yang digunakan dalam perdagangan dan industri.

Fungsi dari gas detector untuk mendeteksi atau mengetahui keberadaan gas-gas di udara serta mengukur konsentrasi atau kadar gas di udara.

Yang dapat di ukur gas atau uap udara adalah; Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Karbon dioksida (CO2), Hidrogen Sulfida (H2S), oksigen (O2).

Demikian pembahasan peralatan service AC mobil dan fungsinya. Semoga sobat sukses dengan rencana usaha perbaikan ac mobil.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close