Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Body Pompa Air Nyetrum dan Solusinya

Mengatasi penyebab Body Pompa Air Nyetrum

Autominilab.com - Punya pompa air yang body-nya nyetrum ketika disentuh, awas ini berbahaya jika dibiarkan. Pompa air ini mengandung aliran listrik yang bocor dari sumber atau PLN. Segera atasi kebocoran arus listrik ke body pompa air ini agar tidak merugikan anda.

Memastikan body pompa air Nyetrum

Body pompa air yang mengandung listrik ini dapat kita identifikasi dengan sebuah tespen. Coba anda ambil sebuah tespen, lalu anda tempel ke body motor pompa air. Usahakan tespen menempel ke body besi pompa agar terdeteksi keberadaan arus listriknya.


Ketika tespen yang anda tempelkan pada body motor pompa air lampunya hidup, itu menandakan bahwa body pompa ada listriknya dan sangat berbahaya. Hindari untuk menyetuh bagian pompa manapun. Dan segera matikan sumber utama listriknya dengan mencabut colokan listrik pompa.

Mengatasi penyebab Body Pompa Air Nyetrum

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan body pompa air mengandung listrik dan nyetrum saat di sentuh. Kita harus melakukan diagnosis penyebabnya agar dapat mengatasi masalah nyetrum ini.

1. Kapasitor yang bocor

Kita mulai dari komponen terkecil, yaitu kapasitor. Jika pompa air mengalami kapasitor yang bocor akan menyebabkan adanya aliran listrik ke body pompa air. Kenapa bisa terjadi? Saat kapasitor rusak atau bocor kabel kapasitor akan lepas dan kena body motor. Saat inilah arus listrik akan mengalir ke seluruh body besi pompa. Hanya saja kemungkinannya 20% nyetrum dikarenakan komponen ini.

2. Salah kabel Massa

Penyebab kedua adalah salah pasang kabel saat merakit colokan listrik pompa. Istilah salah kabel ini lebih tepat adalah salah pemassaan kata orang teknik. Namun masalah ini terjadi jika anda baru saja mengganti colokannya. Saya boleh buat prediksi 18% Kemungkinan nyetrum karena kesalahan ini.

3. Kumparan motor terbakar

Kemungkinan penyebab berikutnya adalah kumparan motor pompa air yang terbakar. Saat kabel kumparan terbakar menyebabkan email kumparan hilang dan body pompa akan mengandung aliran listrik dari kumparan ini. Email pada lilitan kumparan berfungsi sebagai isolator kabel kumparan. Yang saya alami adalah masalah kumparan motor terbakar.

Solusi body pompa air Nyetrum

Kini kita bahas mengatasi masalah yang menyebabkan pompa air nyetrum. Apabila body pompa air nyetrum disebabkan oleh kumparan motor terbakar mengatasi nya kita lilit ulang kumparan motor pompa air.

Jika masalah pertama yang kita bahas diatas kapasitor yang bocor yang anda alami. Segera ganti kapasitor yang bocor dan rusak ini. Anda tidak dapat melakukan perbaikan pada kapasitor.

Namun apabila masalah nyetrum ini disebabkan oleh salah kabel massa. Anda harus melepas colokan yang barusan anda rakit ulang dengan benar, lalu pasang kembali dengan benar agar tidak terjadi salah pemassaan.

Pertanyaan yang sering diajukan

1. Apakah pompa air bisa nyetrum?
Pada artikel ini kita sudah buatkan illustrasi dari kejadian nyata, dimana pompa air shimizu salah satu tetangga saya nyetrum. Kemudian saya melakukan pembuktian dengan mengujinya, memang betul pompa air bisa nyetrum. Juga saya gunakan tespen untuk mengkonfirmasi keberadaan arus di body pompa air ini, tespen menyala.

2. Kenapa pompa air sanyo nyetrum?
Pertanyaan ini sama persisi dengan judul pembahasan kita kali ini, tentu saja tidak bisa kita berikan satu jawaban yang tepat. Namun, diatas sudah di ulas bahwa ada tiga penyebab body pompa air sanyo nyetrum, antara lain:
  • Pemassaan (Grounding) yang salah
  • Kumparan yang rusak/terbakar
  • Kapasitor yang short
Sobat boleh cek satu persatu dari 3 kemungkinan tersebut, jika sudah ketemu, langsung saja perbaiki.

3. Apakah pompa air bisa hidup tanpa kapasitor?
Fungsi kapasitor pada dinamo pompa air adalah membantu start atau diisilahkan ahli listrik dengan starting. Selain itu, dinamo juga membantu menyetabilkan arus mengalir ke dinamo. Apakah bisa pompa air hidup tanpa kapasitor? Jelas tidak bisa. Apabila dipaksakan, bisa saja. Namun perlu bantuan tangan untuk memutar dinamo (starting) dan tidak ada jaminan pompa bisa hidup (berputar).
close