Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MIL YAMAHA MIO J MENYALA TERUS

Mas Aant lampu warna orange gambar mesin di Mio J nyala terus (kedip-kedip) tuh kenapa ya?

Baru mulai sejak jarum speedometer mati, mungkin kabelnya putus.

Apa ada hubungan dengan lampu itu? Mohon pencerahan.
Okky-Ciledug, Tangerang

lampu mil mio j nyala terus

MIL YAMAHA MIO J NYALA TERUS

Halo Okky, lampu orange gambar mesin itu namanya Malfunction Indicator Lamp atau MiL Fungsinya untuk memberi tahukan jika ada masalah di sistem kelistrikan, utamanya yang berhubungan dengan sistem injeksi dan tentunya berhubungan dengan ECU.


Nah salah satu yang disampaikan adanya ketidak normalan adalah ketika pembacaan kecepatan motor tak berfungsi akibat kabel spido putus.

Sehingga ECU membacanya mesin hidup, putaran mesin naik tapiterbaca motor tak jalan. Jika benar kabel spido putus, mestinya kode yang disampaikan 42.

Arti Kedipan 42 MIL Mio J

Mengedipnya adalah 1 detik on dan 1,5 detik off sebanyak 4 kali, kemudian disusul menyala 0,5 detik on dan 0,5 detik off sebanyak2 kali.

Lalu dijeda 3 detik dan kembali diulang kedipan tadi.

Kalau mau lebih mudah, untukmemastikan kerusakan bisa dibawa kebengkel resmi Yamaha untuk minta disambungkan pakai FI diagnostic tool.

Karena setelah ketahuan kerusakannya, dalam hal ini kabel spido putus, setelah dilakukan penggantian maka perlu juga dilakukan reset ECU, agar memori catatan kerusakan tadi bisa dihapus.

Jadi sistem injeksi bisa normal kembali.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close