Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Jenis-Jenis Aki Kendaraan Sebelum Membeli

ACCU atau aki ialah komponen dalam kendaraan yang perannya simpan listrik. Dengan ada aki karena itu supply listrik pada kendaraan akan terbangun. Saluran listrik yang diberi oleh aki nanti dapat dipakai untuk hidupkan starter, pengapian, lampu dan sisi kendaraan yang memerlukan listrik yang lain. Ada beberapa jenis aki kendaraan yang banyak dipasarkan di pasar.

Kenali Jenis-Jenis Aki Kendaraan Sebelum Membeli

Tiap kendaraan memerlukan aki yang lain, bergantung dengan konsistensi yang dibuat dan besaran energi yang diletakkan. Tidak ada aki maknanya kendaraan tidak hidup. Bila ingin beli aki, seharusnya ketahui dahulu apa macamnya yang ada.

Jenis-Jenis Aki Kendaraan yang Umum Dipakai

Pada umumnya, ada dua jenis aki yang paling akrab yakni aki basah dan aki kering. Ke-2 jenis aki ini yang tersering diketemukan pada kendaraan seperti mobil dan motor. Harga juga bervariatif, aki kering tambah mahal dibanding dengan aki basah. Tetapi rupanya beberapa jenis aki kendaraan tidak cuma aki kering dan basah saja.

Masih tetap ada beberapa jenis aki yang lain yang dapat diputuskan. Berikut lima jenis aki yang dapat menjadi bahan pemikiran saat sebelum beli.

Aki Basah

Aki jenis ini yang umum dipakai pada kendaraan, terutamanya kendaraan keluaran lama. Apakah yang dimaksud dengan aki basah ialah adanya cairan elektrolit didalamnya. Cairan yang disebutkan sama air aki ini mempunyai kandungan asam sulfat. Didalamnya ada timah antimoni yang karakternya gampang menguap hingga air aki cepat habis.


Harga dari aki basah tambah murah dibanding jenis aki yang lain. Disamping itu aki basah ialah jenis aki motor yang sampai sekarang ada banyak dipakai. Beberapa bengkel khusus aki umumnya memberi servis aki ini secara eksklusif. Kekurangan dari aki basah ialah perawatannya harus teratur, bila air aki habis akan memunculkan kerusakan.


Disamping itu pengisian air aki tidak gampang, bila tumpah akan menghancurkan elemen kendaraan yang lain. Air aki umumnya akan mengerak disekitaran tutup aki hingga harus rajin dibikin bersih.

Aki Kering

Disebutkan dengan aki kering namun tetap mempunyai kandungan cairan elektrolit. Namun cairan elektrolit yang dipakai mempunyai kandungan timah kalsium. Kandungan itu tidak gampang menguap seperti timah alimoni hingga berikut yang membuat lebih irit. Aki kering kerap dikatakan sebagai Pemeliharaan Free karena tidak perlu perawatan teratur.

Jenis ini sebagai type aki mobil yang tersering dipakai. Karena kwalitasnya yang lebih bagus, harga dari aki kering pasti tambah mahal dibanding aki basah. Harga dapat berlainan nyaris 30% lebih. Perawatannya lebih enteng dan dapat dilaksanakan di bengkel saat service kendaraan dengan teratur.

Aki Gel

Beberapa jenis aki kendaraan yang setelah itu memakai bahan gel. Sebagai jenis aki terkini karena perubahan tehnologi. Tak lagi manfaatkan cairan elektrolit tapi manfaatkan gel. Karena memiliki bentuk memakai gel karena itu risiko tumpah dan membuat kerusakan di bagian kendaraan yang lain benar-benar kurang. Karakter gel tidak korosif atau beresiko.


Aki in sama dengan aki kering yakni bebas perawat, walau bagaimanapun umur nya dapat semakin lama dibanding keda jenis awalnya. Jika kamu ingin memperoleh aki dengan kualitas terbaik, karena itu aki gel bisa saja opsi. Harga yang paling mahal sesuai dengan kualitas yang diberi.

Aki Kalsium

Aki kalsium ialah jenis aki mobil yang paling jarang-jarang diketemukan di Indonesia. Umumnya dipakai untuk beberapa mobil di luar negeri. Keunggulannya ialah daya evaporasinya yang paling kurang hingga tidak perlu perawatan yang terlalu berlebih. Karena memakai bahan kalsium sebagai alternatif bahan cairan elektrolit.


Bila ingin memakai aki ini kamu harus pintar cari lokasi yang menjualnya. Disamping itu persiapkan ongkos yang besar untuk membeli. Stoknya juga terbatas.

Aki Hybrid

Jenis aki kendaraan yang paling akhir ialah aki hybrid. Sebagai dari hasil persilangan di antara aki kalsium dengan aki biasa atau kering.


Karakternya yang hybrid ini ambil keuntungan dari aki kalsium yang tidak gampang menguap. Keawetannya terjaga karena evaporasi yang paling rendah. Tetapi meskipun ada kelebihan itu, ada kekurangan di produk ini.
Aki hybrid terhitung jarang-jarang dipakai di Indonesia hingga untuk memperoleh stoknya benar-benar susah. Meskipun ada harga benar-benar mahal. Disamping itu aki ini masih memakai cairan elektrolit yang keras dang beresiko untuk kulit manusia.

Bila kamu telah merencanakan untuk menukar aki kendaraan karena itu ada banyak hal yang perlu jadi perhatian. Pertama tentukan jenis aki kendaraan yang sama sesuai, karena memakai jenis berlainan akan menghancurkan mekanisme operasi kendaraan. Ke-2 belilah di toko khusus aki sekalian penempatannya.

Tanya apa perawatan yang perlu jadi perhatian dan kapan teratur lakukan service. Karena tiap beberapa jenis aki kendaraan memerlukan agenda perawatan yang berbeda. Janganlah sampai lupakan perawatan meskipun cuman beberapa waktu sekali.
close