Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat

Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat - Sekarang kami akan berbagi cara mencegah mobil agar tidak berkarat. Ulasan ini penting karena berkaitan dengan harga nilai jual kembali dan usia pakai kendaraan.

Kita tahu bahwa mobil yang tidak berkarat tentunya akan memiliki nilai jual kembali yang lebih baik. Apalagi dibanding mobil yang contohnya di bagian dalam spatboardnya berkarat.

Disamping itu, mobil yang tidak terdapat karat otomatis akan mempunyai usia pakai atau ketahanan yang lebih baik dibanding mobil yang berkarat. Nah apa lagi di musim hujan yang tidak menentu seperti sekarang ini, pencegahan tentunya lebih baik dilakukan secara dini.

Salah satu caranya misal dengan membekali kendaraan dengan anti karat. Karena selain bisa menyerang sasis, karat juga bisa merusak eksterior seperti body bahkan mesin. Bisa dikatakan, karat seperti penyakit yang tidak kelihatan, tapi cukup merugikan untuk mobil dan pemiliknya.

Karat pada komponen-komponen mobil yang berbahan besi biasanya menyebar dalam waktu yang lama, dan akan semakin cepat apabila mobil sering terpapar udara lembap yang bisa memicu terjadinya oksidasi dan korosi.

Sumber karat  pada Mobil

Adapun terjadinya karat merupakan hasil korosi, yakni oksidasi suatu logam yang memiliki sifat merusak. Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain. Karat cepat menyebar jika tidak segera diatasi dan membuat kekuatan sasis menurun bila mengenai rangka mobil.

Elektrolit berupa asam atau garam merupakan media yang pas untuk terbentuknya karat. Air hujan banyak mengandung asam, sedangkan air laut banyak mengandung garam. Tidak heran bila mobil yang beroperasi dekat dengan laut atau sering terkena hujan dan jarang dibersihkan punya risiko terkena karat lebih besar, terutama di bagian kolong mobil.

Kotoran yang menempel di bodi mobil akan mengeras menjadi kerak. Saat dibersihkan, kerak akan mengikis permukaan cat dan sebagai pintu masuk karat. Baret di bodi mobil merupakan penyebab karat selanjutnya lantaran hilangnya lapisan pelindung bodi mobil dan membuatnya rentan terkena karat jika tidak segera diperbaiki.

Kewajiban kita sebagai pemilik yaitu menjaganya supaya karat tidak menyelimuti di mobil. Dengan demikian, berikut kami sampaikan cara mencegah mobil agar tidak berkarat. Kami sertai dengan ulasannya.

Cara Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat

Cara Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat

  • Tidak Parkir di Tempat Lembab
  • Berikan Anti Karat Mobil Lagi
  • Rajin Mencuci Mobil
  • Membersihkan Debu dan Lumpur
  • Oleskan Oli di Engsel-engsel Pintu Mobil
  • Betulkan Bekas Tabrakan

Tidak Parkir di Tempat Lembab

Memilih tempat parkir jadi langkah terakhir sekaligus paling simpel dilakukan untuk mencegah karat pada mobil kamu. Dengan parkir di tempat tertutup, kamu bisa melindungi mobil dari paparan terik matahari dan terpaan air hujan.
Lembab
Namun, kesalahan yang sering terjadi adalah ruang parkir tersebut lembab. Hal ini sebenarnya tidak ada masalah, namun jika mobil harus di parkir dalam waktu lama tentunya akan berpotensi menimbulka karat.

Parkiran menjadi lembab juga bisa disebabkan mobil setelah hujan-hujanan langsung dimasukin ke garasi yang tidak adanya udara.

Berikan Anti Karat Mobil Lagi

Acap kali pada mobil-mobil keluaran terbaru, pabrikan sudah membekalinya dengan anti karat, sehingga risiko kerusakan bisa lebih terminimalisasi.

Namun bagi anda yang setiap hari memiliki mobilitas tinggi, cara mencegah mobil agar tidak berkarat bisa dengan memberikan proteksi ekstra pada kendaraan khususnya dengan pemasangan anti karat dirasa perlu.

Beginilag agar kamu lebih maksimal dalam merawat kendaraan agar terhindar dari serangan karat. Berikut akan kami sampaikan informasi terkait cara mencegah mobil agar tidak berkarat. Berikut ulasannya. 

Rajin Mencuci Mobil

Sumber karat pada mobil yang disebutkan di atas, penyebab mobil berkarat yang utama adalah air hujan. Mengutip laman resmi daihatsu, air hujan yang memiliki kandungan asam tinggi sebaiknya jangan dibiarkan lama menempel pada body mobil.

Ditambah lagi masalah debu-debu dan lumpur yang umumnya menempel kuat pada kolong mobil.

Disamping itu usahakan untuk tidak mencuci mobil di malam hari karena udara lembap akan memengaruhi kelembapan pada bodi dan bagian dalam ruang mesin mobil. Jadi hal ini akan berpotensi berpotensi menimbulkan karat.


Saat siang hari, lebih-lebih lagi untuk kamu yang mencuci mobil sendiri di rumah, usahakan untuk tidak langsung menjemur mobil di bawah terik matahari setelah mencucinya.

Hamparan panas matahari mengenai bodi mobil yang masih basah bisa memicu kerusakan cat. Bagaimana cara mengatasinya? Hanya dengan mengeringkan mobil hingga tuntas setelah mencuci.

Anda bisa memanfaatkan kain microfiber dengan daya serap tinggi.

Membersihkan Debu dan Lumpur

Cara mencegah mobil agar tidak berkarat selanjutnya yaitu dengan langsung membersihkan kotoran pasca hujan.  Terasa sepele, namun bila lumpur suda menempel maka akan mengeras di permukaan body terutama di kolong-kolong mobil.

Karena hal ini anda harus rajin mencucinya, tidak sekedar body melainkan sampai ke kolong-kolong.

Cukup pakai air bersih dan shampoo mobil berkualitas baik, yakni yang tidak mengandung detergen karena bahaya bagi kualitas cat mobil.

Oleskan Oli di Engsel-engsel Pintu Mobil

Cara mencegah mobil agar tidak berkarat lainnya yakni dengan merawat komponen engsel pintu. Misalnya dengan rutin memberikan pelumas. Karena pelumas pada pintu bisa mengering seiring pemakaian. Jika didiamkan akibatnya akan timbul karat pada bagian engsel mobil.


Karena engsel pintu mobil berada di bagian tertutup, membuat karat ini tidak terditeksi,kecuali kamu melakukan pemeriksaan.

Agar bisa mencegah karat pada bagian tersembunyi ini, kamu bisa menyemprotkan pelumas pada engsel mobil secara berkala.

Betulkan Bekas Tabrakan

Cara mencegah mobil agar tidak berkarat yang baik dengan tidak membiarkan lama luka bekas tabrakan. Kasus ini sering terjadi. 

Saat terjadi tabrakan, body mobil menjadi ringsek dan mengalami goresan yang dalam. Kejadian ini sering dianggap sepele, dan didiamkan.

Rintangannya bisa saja terkait waktu, atau menunggu asuransi. Masalah ini sebenarnya tidak bisa didiamkan lama, sebab bekas tabrakan ini dapat mengakibatkan karat.

Pada waktu body mobil tergores, sobek karena ringsek permukaan body terdalam rentan mengalami korosi jika didiamkan dalam keadaan lama. 

Sehingga dari itu apabila kasus ini terjadi, saran kami, mobil langsung melakukan body repair supaya kerusakan tidak meluas.

Begitulah ulasan terkait cara mencegah mobil agar tidak berkarat. Kiranya konten ini bermanfaat unutk kamu yang sedang butuh tips perawatan mobil.

Pantau terus autominilab.com untuk postingan berita terbaru otomotif.
close