Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Setel Rem Cakram Motor yang Benar

Bagaimana cara setel rem cakram? - Sesekali ada waktunya kita merasakan rem cakram bisa saja pakem dan tidak menutup terjadi juga yang tidak menggigit. Dengan alasan seperti, kita perlu melakukan proses penyetelan.

Bagi anda yang sedang mencari tutorial bagaimana cara setel rem cakram? Mari, simak 6 langkah dan ulasannya dibawah ini.

Begini Cara Stel Rem Cakram,
Moladin

Jika berbicara tentang pekerjaan menyetel rem memang boleh dibilang susah-susah mudah. Walau demikian wajib dikerjakan karena rem cakram sudah banyak diterapkan. Jika tidak, hal ini dapat berpengaruh vital bagi anda pengendara. Kami tegaskan bahwa rem tidak berperan secara baik hingga rem itu tidak mampu memperlambat lagu kendaraan motor yang anda kemudikan.

Disamping itu, dalam memerhatikan keadaan rem depan, tiap pemilik harus memahami cara menyetel rem cakram depan motor. Dengan begitu, pada waktu motor anda rem depan bermasalah atau mungkin kurang pakem, anda akan langsung bisa menangani sendiri dan tidak butuh mengunjungi bengkel.

Dalam soal setel rem depan atau belakang dengan type cakram tidak memerlukan perlengkapan komplet, jadi kapan pun dan dimanapun langsung bisa ditangani

Nach bila rem cakram pada motor anda memiliki masalah anda diharap sanggup menyetel rem itu hingga dapat berperan secara baik kembali. Berikut ulasan terkait cara setel rem cakram pada kendaraan.

Tata Cara Setel Rem Cakram yang benar

Beberapa langkah dan cara untuk setel rem cakram pada kendaraan, diantaranya yaitu:
  • Siapkan minyak rem
  • Buka tutup minyak rem
  • Kedurkan baud kunci 8 yang ada pada kaliper
  • Kendurkan juga baud selang rem yang ada dikaliper
  • Genjot rem hingga minyak rem keluar dengan lancar pada kaliper
  • Periksa kampas rem
Bagaimana tahapan detail dari setiap langkah diatas, kita akan buat ulasannya dengan selengkap mungkin.

1. Sediakan stok minyak rem

Cara pertama kali yang perlu anda kerjakan dalam setel rem cakram motor ialah persiapkan minyak rem dan perlengkapan untuk menyetel rem cakram itu seperti kunci ring 8 mm, 10 mm, obeng plus (+) dan kunci ring 12 mm. Sesudah menyiapkan perlatan untuk menyetel rem cakram itu anda langsung bisa kerjakan geprekelan rem cakram motor ini dengan berhati-hati tetapi tentu.

2. Lepaskan penutup minyak rem

Cara yang kedua setel rem cakram yakni anda membuka lebih dulu tutup minyak rem yang ada di motor, untuk rem depan biasanya berada di stang motor dan untuk rem belakang umumnya berada di dekat sokbeker belakang. Kemudian jika minyak rem itu dirasakan kurang lebih bagus di isi dahulu, selanjutnya mulai dalam langkah ke-3 dalam geprekelan rem cakram itu.

3. Longgarkan baut pembuangan minyak dengan kunci 8 yang ada di kaliper

Selanjutnya cara setel rem cakram yaitu kalian perlu mengendorkan baud kunci 8 mm yang ada pada kaliper, lembekkan sampai minyak rem dapat mengucur secara lancar.

4. Mengendorkan baut selang rem yang ada dikaliper

Tidak hanya baut kunci ring 8 mm saja yang kalian kendorkan, akan tetapi baud ring 12 mm yang menyambungkan selang kaliper dan selang tempat minyak rem perlu kalian lembekkan. Apabila minyak rem sanggup mengucur secara lancar karena itu selekasnya mengencangkan kembali baud itu.


Tetapi jika mimyak rem itu tidak mengucur ditegaskan ada sumbatan yang merintangi pergerakan minyak rem pada selang itu. Apabila hancur dianjurkan untuk menukarnya sama yang baru.

5. Tekan handle rem sampai minyak rem keluar secara lancar pada kaliper


Sesudah minyak rem sanggup mengucur secara lancar, karena itu paculah rem itu berulang-kali sampai angin yang keluar bersama minyak rem muncrat secara lancar. Kemudian kecangkan baud ring 8 mm itu dan sesudah rem itu sesuai kenyamanan kalian, secara umum rem harus empuk dan ridak gancet.

6. Check kampas rem


Paling akhir cara setel rem cakram yaitu check kampas rem dicemaskan kampas rem itu sudah aus dan tidak dapat meredam pergerakan motor. Apabila kampas rem telah aus dianjurkan untuk selekasnya menukarnya sama yang baru ingat peranan rem yang penting untuk keselamatan anda dalam berkendaraan.

Cara Perawatan Rem Cakram

Kami mengidentifikasi bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat rem cakram motor, antara lain:
  • Menganti selang rem
  • Mengganti minyak rem
  • Mengganti master rem
  • Mengganti kaliper cakram
  • Mengganti cakram
  • Rajin merawat cakram
  • Mengganti kapas rem
Tak sampai disana penyetelan secara berkala saja namun rem juga memerlukan perawatan yang tepat dan optimal. Dengan seperti itu, sistem rem mampu berfungsi dengan baik serta tidak cepat rusak. Dan berikut adalah beberapa langkah perawatan rem cakram dengan benar.

Menganti selang rem

Selang rem merupakan komponen dari cakram yang memiliki fungsi sebagai penyalur minyak rem menuju ke kaliper rem. Selang rem bisa menggunakan yang biasa ataupun standart, namun bisa juga menggunakan varian racing.

Mengganti minyak rem

Untuk cara menyetel rem cakram motor yakni mengganti minyak rem. Untuk motor dengan rem cakram umumnya wajib memakai minyak rem. Minyak rem itu sendiri berfungi sebagai pendorong piston/caliper agar menekan kampas rem.

Mengganti master rem

Berikutnya merupakan langkah mengganti master rem, perangkat yang satu ini memiliki fungsi pendorong awal atau pengubah gerakan tangan kita menjadi dorongan minyak rem munuju kaliper agar lebih pakem.

Mengganti kaliper cakram

Lalu cara menyetel rem cakram motor yang berikutnya yakni dengan cara mengganti kaliper cakram. Dimana bagian ini mempunyai peranan yang sangat vital, karena kaliper juga memiliki fungsi atau tujuan akhir dari sekema rem hidraulis dimana tugas komponen ini adalah mendorong kampas rem untuk menekan cakram.

Mengganti cakram

Cakram atau piringan merupakan sebuah komponen yang biasa disebut dengan piringan yang mempunyai standar minimal pemakaian. Sehingga, apabila sudah saatnya diganti segeralah kalian ganti dengan ukuran yang disarankan pabrikan agar bisa lebih nyaman dan aman saat dipakai.

Rajin merawat cakram

Untuk perawatan cakram yang dapat dilakukan yakni dengan cara membersihkan rumah kaliper juga kampas rem secara rutin. Demikian hal dengan selang harus juga diperiksa, hal ini juga bertujuan untuk meminimalisirkan terjadinya rem blong.

Mengganti kapas rem

Apabila anda sudah mengganti semua komponen diatas, namun hasilnya kurang atau belum sesuai dengan yang kita inginkan maka dianjurkann untuk segera mengganti kampas rem motor anda dengan yang baru.

Selepas melakukan perawatan secara berkala, dengan demikian dapat dipastikan rem cakram tersebut akan bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Sementara itu rem cakram merupakan komponen yang harus benar-benar diperhatikan kinerjanya.

Soalnya jika tidak pernah diperhatikan rem cakram bisa mengalami lengkat ataupun blong. Kejadian ini pasti sangat membahayakan para pengemudi dan penumpang, apalagi waktu dipacu pada kecepatan yang tinggi, anda mungkin saja menabrak ataupun kejadian buruk yang lainya.

Ditulis: David Sigalingging, S.Pd (Guru Teknik Otomotif)
close