Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN AIR CONDITIONER (AC) SPLIT

Pengertian Air Conditioner atau lebih dikenal dengan nama AC merupakan suatu peralatan yang berfungsi untuk mengkondisikan suhu/temperatur udara dalam suatu ruangan atau dengan kata lain untuk menyejukkan suhu/temperatur udara dalam suatu ruangan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh penghuni ruangan tersebut. AC disamping dapat menyejukkan suhu/temperatur udara juga dapat menjaga kebersihan udara dalam suatu ruangan, sehingga udara yang dihirup oleh penghuni ruangan tersebut dapat terjaga kebersihaan, kesehatan dan kenyamanannya. Bahkan akhir-akhir ini telah banyak diproduksi AC yang bisa membunuh bakteri atau virus yang bertebaran di udara dan ada juga AC yang bisa membunuh nyamuk penyebab demam berdarah.

BAB I PENGERTIAN AIR CONDITIONER (AC)

AC banyak digunakan pada daerah tropis seperti di Indonesia, dimana suhu/temperatur udaranya dirasakan terlalu panas, mencapai antara 30 – 35 derajat celcius. Suhu/temperatur udara sebesar itu bagi kondisi tubuh yang normal dirasakan terlalu panas, sementara suhu/temperatur udara yang ideal bagi kondisi tubuh normal berkisar antara 20 – 26 derajat celcius.

AC sudah bukan merupakan barang mewah, karena sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari seperti layaknya barang peralatan rumah tangga lainnya. Sehingga AC banyak kita jumpai hampir disetiap rumah, apartemen, gedung perkantoran, mall dan lain-lain.

A. PENGKONDISIAN UDARA

Proses pengkondisian udara adalah proses mengatur parameter udara dalam suatu ruangan. Mendesain ruangan yang nyaman dan bebas polutan dapat dilakukan dengan cara mengontrol suhu/temperatur udara ruangan, mengontrol kelembaban udara ruangan dan mengeliminasi polutan udara hingga mencapai titik yang kondusif terhadap kesehatan, kenyamanan dan juga untuk memenuhi persyaratan proses industri.
PENGERTIAN AIR CONDITIONER (AC)
Sekilas tentang pengkondisian Udara

Perlu diketahui, sebenarnya suhu/temperatur yang terlalu dingin belum tentu membuat tubuh menjadi nyaman, justru bisa sebaliknya. Agar tubuh kita merasa nyaman sebaiknya suhu/temperatur ruangan diatur antara 20 – 26 derajat celcius. Suhu/temperatur yang terlalu sejuk atau dingin (dibawah 20 derajat celcius) dapat menyebabkan beberapa keluhan antara lain seperti pembuluh darah menyempit, kesemutan, leher atau tengkuk terasa kaku, kembung, hidung tersumbat dan sering buang air kecil. Tentu saja keluhan-keluhan tersebut dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme tubuh.

Komposisi udara kering yang sehat dan nyaman bagi tubuh manusia antara lain mngandung Nitrogen (N2) sebesar 77%, Oksigen (O2) sebesar 22%, Karbon dioksida (CO2) sebesar 0,44% dan gas lainnya sebesar 0,96%.

B. KELEMBABAN UDARA

Pengontrolan tingkat kelembaban udara merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pengkondisian atau tata udara. Pada suhu/temperatur udara yang panas, mendinginkan udara saja belum cukup untuk mendapatkan hawa sejuk ketika kelembaban udara masih tinggi. Pada tingkat kelembaban udara yang terlalu tinggi atau udara terlalu kering dapat mengakibatkan tenggorokan terasa kering, serak, kulit kering bersisik dan cepat merusak produk makanan.
Ciri Udara dengan kelembapab tinggi
Pada ruangan yang ber AC, semakin dingin suhu/temperatur ruangan tersebut berarti semakin banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan, akibatnya jika kondisi ini dibiarkan terus maka tingkat kelmbaban udara di ruangan tersebut akan semakin rendah atau udara terlalu basah. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh merasa pegal-pegal, pusing, gerah dan berkeringat. Tingkat kelembaban udara yang ideal bagi tubuh adalah udara yang mempunyai kandungan uap air berkisar antara 50 – 55 gram per kg udara kering pada kondisi saturasi.

Idealnya, selain dilengkapi dengan pengukur suhu/temperatur udara, pesawat AC seharusnya juga dilengkapi dengan pengukur kelembaban udara. Agar supaya kita bisa menjaga tingkat kelembaban udara di sekitar ruangan yang nyaman bagi tubuh. Namun demikian kita bisa melakukan antisipasi dalam menjaga kelembaban udara dengan cara meletakkan handuk basah atau segelas air di dalam ruangan yang ber AC.

C. UDARA BERSIH DAN SEHAT

Pada setiap pesawat AC biasanya dilengkapi dengan filter udara yang terpasang pada bagian evaporator (indoor). Filter tersebut berfungsi untuk menyaring udara kotor yang berada di dalam ruangan, untuk itu pesawat AC memerlukan pembersihan secara berkala baik pada bagian filter maupun evaporatornya. Hal ini perlu dilakukan agar kesejukan dan kebersihan udara di dalam ruangan tetap terjaga.
Kebutuhan akan udara bersih
Dalam perkembangannya, hampir pada setiap pesawat AC sekarang telah ditambahkan zat anti bakteri pada komponen filternya. Zat tersebut berfungsi untuk menetralisir bakteri, virus dan kuman-kuman yang tersebut di udara. Selain itu ada beberapa pesawat AC yang telah dilengkapi dengan indikator kualitas udara (air quality indicator) yang terpasang pada bagian evaporator (indoor). Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kandungan kimia di udara seperti karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), alkohol, metana (CH4), hidrogen (H2) dan hidrogen sulfida (H2S).

Dengan adanya alat indikator kulaitas udara, setidaknya pengguna dapat memantau kualitas udara dalam suatu ruangan, sehingga udara yang dihirup oleh penghuni ruangan tersebut merupakan udara yang segar, bersih dan sehat. Pada akhirnya keberadaan AC tidak hanya sekedar untuk menyejukkan ruangan tetapi dapat lebih bermanfaat lagi yaitu untuk menciptakan kesegaran, kebersihan dan kesehatan udara dalam suatu ruangan.
close