Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JOBSHEET (CARA) MEMBUANG UDARA SISTEM KOPLING

Cara bleeding kopling - Sistem kopling dengan penggerak hidrolik memiliki potensi udara masuk dan tercampur dengan minyak rem. Adapun penyebab yang paling sering kejadian ini adalah habisnya minyak rem, hal ini dapat kita lihat pada reservoir (tangki cadangan) kosong.

Apabila terdapat udara yang terperangkap pada minyak kopling, akan mengakibatkan daya tekanan dari fluida tidak dapat menggerakkan silinder pembebas. Kehilangan daya tekan akibat sebagian diserap udara yang berada pada sistem penggerak hidrolik sistem kopling.

CARA MEMBUANG UDARA SISTEM KOPLING

Kejadian ini biasanya disebut kopling blong. Hal ini akan mengakibatkan gigi transmisi sulit masuk, susah dioper seakan-akan perseneling transmisi mengalami macet. Dengan demikian, udara terperangkap didalam minyak rem ini harus segera dikeluarkan.

ALAT DAN BAHAN:

1. Kunci Nepple (pass) ukuran 8
2. Selang bening ukuran nepple
3. Penampungan minyak kopling
4. Minyak rem/kopling DOT 4 (sesuai bawaan sistem)

KESELAMATAN KERJA:

1. Menggunakan Alat sesuai prosedur dan ukuran
2. Pastikan kendaraan ditopang dengan aman, ketika bekerja didalam kolong mobil.
3. Jangan biarkan minyak rem/kopling terkena cat/body. Basuh segera dengan air


LANGKAH KERJA:

1. Isi reservoir (tangki cadangan) sistem kopling dengan minyak rem.
Periksa selalu tangki cadangan ini, jangan membiarkan hingga kosong. Udara akan masuk kedalam sistem kopling jika sampai reservoir ini kosong. Bila perlu tambahkan selalu minyak rem untuk menghindari masuknya udara kembali kedalam sistem.

2. Pasang selang plastik pada nepel pembuangan udara yang ada di silinder pembebas.
Nepel pembuangan udara ini terdapat pada ujung sistem, yakni di silinder pembebas yang akan menggerakkkan garpu pembebas. Sehingga untuk mencapai neppel ini, anda harus masuk kebawah kolong mobil.

3. Keluarkan udara dari saluran kopling
a. Pompa pedal kopling beberapa kali, hal ini dilakukan untuk mendorong minyak masuk kedalam sistem, agar semakin padat.
b. Sementara pedal ditekan (habis/kandas), kendorkan neppel pembuangan udara menggunakan kunci neppel ukuran 8mm hingga minyak rem/kopling mulai keluar.
 
JOBSHEET (CARA) MEMBUANG UDARA SISTEM KOPLING
c. Ulangi prosedur diatas ( langkah a dan b) beberapa kali, hingga tidak terdapat lagi gelembung udara didalam minyak rem yang keluar.
d. Kencangkan neppel pembuangan udara (momen pengencangan 11 N.m).

DAFTAR PUSTAKA
1. TOYOTA PEDOMAN REPARASI CHASIS & BODI SERI KF40,50 TAHUN 1996

Demikian jobsheet cara membuang udara (bleeding) sistem kopling kali ini. Semoga bisa bermanafaat.
close