close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Memperbaiki Kipas Angin Berputar Lambat

SMKN1SKL - Kipas angin macet sebagai permasalahan yang kerap ada karena kerusakan pada alat itu. Pemicunya dapat terjadi oleh faktor-faktor. Kipas angin jadi alat yang paling berguna untuk menolong mempersejuk ruang dan jadi alternative opsi alternatif Air Conditioner.

Tetapi pada pemakaiannya mesin yang bergerak dengan tenaga dinamo dan sumber daya listrik ini bisa alami kerusakan dengan beragam kasus. Satu diantaranya kerusakan berbentuk mesin macet atau putarannya lambat.

Kipas angin yang disebut salah satunya perlengkapan electronic rumah tangga yang tersering dipakai tentu saja setiap saat akan alami yang bernama kerusakan, baik itu kerusakan kecil sampai kerusakan yang lebih kronis.

Salah satunya permasalahan kerusakan pada kipas angin yang umum terjadi ialah kipas angin mampu berputar tetapi putarannya lambat bahkan juga walau telah diset pada tingkat kecepatan paling tingginya sekalinya embusannya masih kurang kuat. Tidakkah ini benar-benar mengesalkan, coba anda pikirkan saat siang hari cuaca kembali panas panasnya, sudah lelah tubuh gerahnya tidak ketulungan tetapi kipas angin kecintaan muternya perlahan atau lemah.. hih takut kan jika di bayangin.

Gunakan kipas kok masih panas, inilah cara memperbaiki kipas angin yang putarannya kurang kuat.
5 Cara Memperbaiki Kipas Angin Berputar Lambat
Illustrasi Kipas Angin Lambat

Tidak perlu kebingungan kembali bila kupas putarannya kurang kuat, ini cara melakukan perbaikan. Kipas angin adalah alat electronic yang umum dipakai oleh warga Indonesia. Sama misalnya dengan AC, kipas angin dipakai untuk membikin ruang di dalam rumah tidak begitu panas.

Saat santai di dalam rumah, kita juga dapat terus rasakan perasaan nyaman. Bedanya dengan AC, kipas angin punyai harga yang lebih dapat dijangkau dan irit listrik. Walaupun demikian, seringkali kita jumpai permasalahan pada kipas angin yang ada di dalam rumah.

Satu diantaranya ialah perputaran kipas yang kurang kuat saat dihidupkan. Ini pasti demikian menggangu bila temperatur ruang di dalam rumah sedang panas-panasnya.

Tentu saja ini tidak dapat didiamkan demikian saja karena selainnya membuat kecewa, kipas angin yang putarannya kurang kuat atau lambat itu akan cepat hancur jika terus-terusan dipakai, karena itu cara yang pas ialah hentikan penggunaan kipas angin itu dan selekasnya lakukan pembaruan supaya tidak ada kerusakan yang lebih kronis yaitu dinamo atau motor kipas angin terbakar.

Perlu anda kenali bila sampai dinamo kipas angin itu masih tetap digunakan dan sampai alami terbakar karena itu anda akan memerlukan ongkos pembaruan yang semakin banyak, karena itu wajib untuk selekasnya lakukan penangkalan dengan lakukan pembaruan lebih awal supaya anda tidak menyesal di masa datang.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berputar Lambat

Oke untuk saat ini anda tidak perlu kuatir kembali karena anda dapat melakukan perbaikan dengan cara pahami lebih dahulu pemicu kipas angin berputar lambat dan sesudahnya itu dapat dilaksanakan pembaruan.

Beberapa pemicu ini bervariatif ada yang gampang diperbarui, ada yang perlu menukar beberapa spare partnya dan masih tetap ada pemicu yang lain lebih kronis. Untuk memperjelasnya berkenaan cara cara pembaruannya langsung baca penjelasannya di bawah ini.

Berikut cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat

Kumparan Dinamo Mulai Tidak Normal

Lalu yang pertama ini ialah yang paling kronis yakni kumparan yang tidak normal alias belitan nyaris terbakar. Belitan yang hampir terbakar ini umumnya diikuti dengan temperatur dinamo yang cepat panas saat dipakai, kerusakan semacam ini ialah yang susah diperbarui serta menurut saya tidak dapat kita benahi dan jalan salah satu ialah menukar dinamonya.

Kipas Angin Lambat Karena Gearbox Yang Hancur

Kerap kali kipas angin melamban putarannya karena gearbox yang hancur, umumnya langsung akan kedapatan jika gearbox hancur misalkan seperti pecah atau menetes. Nach karena kerusakan berikut yang membuat kipas angin jadi lambat karena terbeban oleh ada penekanan gearbox pada as atau rotor (sisi yang berputar). Hingga cara menangani ini dengan melepas gearbox itu dan anda dapat menukarnya jika masih ingin memakai feature swing (feature memutar ke kanan-kiri).

As Kipas Angin Kesat/lengket Karena Kotor

Hal yang lain yang kerap membuat kipas angin jadi lambat putarannya umumnya disebabkan karena kotoran ataupun lebih persisnya debu yang mengumpul di bagian as dan bos serta seringkali ada juga material selainnya debu yang turut menghalangi pergerakan kipas angin seperti potongan rambut, atau satu helai kain. Ini memang lumrah sebetulnya karena debu itu akan terkumpul saat kipas angin digunakan khususnya pada ruang atau lokasi yang udaranya banyak terkandung debu, karena itu kipas angin akan gampang sekali berdebu hingga lama-lama akan membuat perputaran as dinamo kipas angin jadi berat atau geret.

Nach, untuk menangani permasalahan as kipas angin yang geret karena itu tentu saja kita harus bersihkan kotoran-kotoran yang melekat itu dengan cara membedah rumah dinamo dan membersihkan keseluruhannya agar permasalahan as yang geret tidak gampang berulang-ulang kembali seperti yang umum dirasakan karena tidak bersihkan kotoran tetapi cuman memakai pelicin saja . Maka, pastikan anda bersihkan kotoran debu pada as dan bos (seperti bearing) pada kipas angin anda agar as lebih tahan dari masalah kemacetan karena debu kotoran yang melekat.

Untuk membersihkan anda dapat memakai bensin atau sejenisnya bila dibutuhkan pada debu yang bandel dan jangan sekalipun menggosok dengan amplas untuk bersihkan kotoran itu. Benar-benar dianjurkan untuk bersihkan semua body dinamo khususnya as dan bosnya karena ini untuk meminimalkan berlangsungnya hal sama yang berulang-ulang.

Sesudah semua dibikin bersih baik sisi as atau sisi bosnya karena itu seterusnya anda beri pelumas pelicin sebelum dan setelah terpasang kembali bagian-bagiannya. Pemberian pelumas ini mempunyai tujuan supaya bos dan as tidak kering sekalian sebagai pelicin, untuk pelumasnya tidak boleh yang lekat atau pelumas licin yang gampang lekat bila terserang panas, cari pelumas yang digunakan untuk pelicin sama seperti yang selalu saya gunakan saat mendapat masalah semacam ini misalkan minyak pelicin dari mesin jahit bermerek singer di bawah ini, harga hanya 5rb-an jika pada tempat saya, kemungkinan bisa saja rekomendasi untuk anda.

Dengan lakukan beberapa cara di atas, umumnya permasalahan kipas angin yang putarannya lambat bisa terselesaikan. Tetapi, namun bila cara ini belum juga sukses karena itu masih tetap ada peluang pemicu yang lain, seperti disebabkan karena bos atau as kipas angin yang aus, kapasitor kurang kuat atau hancur dan beberapa pemicu yang lain.

As Dan Bos Kipas Angin Telah terkikis

As rotor ialah sisi yang ada di depan dinamo dan berperan untuk memutar baling-baling kipas angin. Dengan penggunaan yang lumayan lama maka ada penimbunan debu yang bisa mengusik perputaran as itu.

Untuk menanganinya, karena itu perlu dilaksanakan pembersihan pada sisi dalam kipas angin persisnya pada dinamo dan as rotor yang penuh debu. Selain kotor, kipas kan jadi macet bila as itu kering atau mungkin kurang pelumas.

Oleh karenanya, Anda perlu mengecek keadaan as rotor dan memberikannya pelumas bila as rotor itu kering. Berlainan kasus bila rupanya as rotor memang hancur karena keadaannya yang telah tua.

Umumnya as rotor yang telah tua dan sering dipakai bisa menjadi aus. Dengan begitu, perlu dilaksanakan pergantian dengan as rotor yang baru.

NB : sisi yang dilingkari merah sebagai sisi yang umumnya alami aus.

Jadi kerjakan pergantian pada ke-2 spare part itu jika alami kerusakan aus atau permukaan atasnya telah kasar, bila ke-2 spare part ini hancur anda harus menukar ke-2 nya, bila anda ngotot tukar satu saja walau sebenarnya ke-2 spare part ini telah hancur karena itu ini akan membuat pembaruan anda jadi bercuma atau percuma saja karena bos atau as yang telah aus ini akan menghancurkan spare part yang lain, seperti seperti terkikis kertas gosok. lain ceritanya bila salah satunya spare partnya masih bagus anda perlu menukar satu spare part saja.

Untuk bos atau seperti bearing pada kipas angin ini dapat anda peroleh di toko electronic khusus perlengkapan listrik rumah tangga, dan untuk spare part rotor atau as anda dapat menelusurinya pada tempat pemasaran barang sisa atau loakan karena biasanya ditoko-toko electronic tidak menjualnya.

Kapasitor Minta Ganti

Kapasitor benar-benar sangat memengaruhi kemampuan atau daya putar dinamo, bila kapasitor sudah kurang kuat karena itu ini akan membuat daya yang masuk pada dinamo jadi menyusut dan hasilnya membuat perputaran kipas angin kita jadi kurang kuat atau lemah. Untuk ketahui apa kapasitor sudah kurang kuat atau bahkan juga mati anda dapat memeriksa keadaannya memakai Multitester atau AVO mtr.

Jika memang kapasitor sudah kurang kuat atau bahkan juga mati, karena itu anda tinggal menukarnya sama ukuran yang serupa untuk menangani permasalahan kipas angin yang putarannya lambat itu. Sebetulnya anda bisa juga membuat perputaran kipas jadi lebih cepat kembali yaitu dengan cara menukar kapasitor dengan nilai yang semakin tinggi, misalkan saja nilai standar pemakai kapasitornya ialah sejumlah 1,2 mikro karena itu anda dapat menukar ke nilai 1,5 mikro hingga perputaran motor kipas angin semakin lebih cepat, tetapi ini cukup berefek karena dinamo anda akan cepat panas dan gampang hancur.

Itu beberapa pembahasan berkenaan cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat. Mudah-mudahan apa yang saya bagi ini dapat berguna untuk anda semua, selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses.