close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Redirect 301 URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik

Cara redirect 301 URL dari domain lama ke domain baru di Blogger atau Blogspot ini juga bekerja pada blog yang sudah menggunakan TLD (Top Level Domain). Pokoknya, masih menggunakan platform Blogger sebagai tempat membuat postingan.

Cara Redirect 301 ke Domain Baru di Blogger/Blogspot
Redirect 301 URL

Cara Redirect 301 URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik

Istilah Redirect 301 merupakan usaha kita untuk mengalihkan (me-redirect)  URL atau permalink blog lama ke permalink blog baru tanpa kehilangan trafik secara otomatis. Dalam hal ini bagian dialihkan bukan hanya antar halaman homepage saja, namun juga berlaku untuk halaman post dan static/page.

Mengenai model redirect 301 ini dapat dengan mengalihkan nama domain lama ke nama domain baru, misalnya https://domain-lama.blogspot.com anda lakukan redirect ke https://domain-baru.blogspot.com.


Selain tiu anda bisa juga mengalihkan ke TLD yang baru (dengan nama domain yang sama). Contohnya https://www.domainlama.com menjadi https://www.domainbaru.net

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, perhatikan ilustrasi redirect 301 sebagai berikut:
https://www.domainlama.com/
https://www.domainlama.com/p/halaman-static.html
https://www.domainlama.com/2019/07/permalink-postingan-blogger.html
Jika kita ingin me-redirect ke TLD baru, maka masing-masing hasilnya akan seperti ini:
https://www.domainbaru.net/
https://www.domainbaru.net/p/halaman-static.html
https://www.domainbaru.net/2019/07/permalink-postingan-blogger.html
Cara Redirect 301 ini khususnya di Blogger atau Blogspot, akan sangat membantu banyak hal. Adapun kelebihan dan kekuranggnya akan diuraikan berikut ini.

Alasan Melakukan Redirect 301

Terdapat beberapa alasan menarik kenapa kita perlu melakukan redirect domain 301, sebagian diantaranya sebagai berikut.

1. Google Adsense membanned Domain

Apabila domain yang sudah dibanned oleh Adsense, sehingga kemungkinan untuk diterima kembali menjadi mitra Google Adsense merupakan sebuah mimpi yang tak akan pernah terwujud. Jalan keluarnya ialah semua artikel dipindahkan ke domain baru, lalu di redirect 301 dari domain lama.

2. Beberapa blog Ingin digabungkan  menjadi satu

Alasan blog di domain lama masih bagus posisinya di Google serp, sehingga cara cerdas yang hendaknya dilakukan setelah mengimpor seluruh konten ke domain baru yakni dengan mengalihkan URL (permalink) domain lama ke URL domain baru. Dengan begitu pengunjung blog di domain baru makin bertambah. Bukan malah menghapus blog yang lama. Itu sangat tidak disarankan!

3. Terlihat jelek Nama domain lama 

Bisa saja karena terdapat kenangan dengan sang mantan, karena itu nama blog juga akan terlihat seperti nama makhluk yang suka ngejar tulang.

Pokok permasalahannya, alasan maupun tujuan utama untuk melakukan redirect 301 ini merupakan mempertahankan keberadaan pengunjung dan page views blog, walau sudah domain baru. Disebabkan oleh sejatinya pengunjung tetap akan menikmati konten yang dia inginkan, tanpa anda sadari bahwa dia telah berada di URL domain baru.

Cara Menerapkan Redirect 301 di Blogger atau Blogspot

1. Sediakan nama domain baru ataupu TLD baru. Anda bisa beli dulu ke jasa penyedia domain favorit Anda. Bagi yang belum punya jasa penyedia domain favorit silahkan googling saja.

2. Lalu buat blog baru, kemudian custom/ganti domainnya dengan nama domain atau TLD yang baru dibeli tadi.

3. Selepas proses propagasi domain siap, serta domain baru itu sudah dapat dibuka, Anda bisa login ke blog lama. Lihat ke menu Setelan > Lainnya > klik Cadangkan Konten.
Cara Redirect 301 URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik
Dashboard Blogger - Menu Setting

4. Pada bagian dashboard domain baru tadi, pilih Impor Konten yang tadi di download dari blog lama. Melalui menu Setelan > Lainnya.

Catatan:
Pada saat melakukan Impor Koten jangan pilih Publish Otomatis. Sangat disarankan untuk posting artikel secara manual. Karena permalink blog lama harus sama persis dengan permalink di blog baru. Utamanya permalink halaman postingan.

5. Lihat dashboard domain lama, klik menu Template > Edit HTML. Temukan kode </head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt; kemudian letakkan kode berikut ini di atas kode tadi.
<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://www.domainlama.com' + window.location.pathname;
</script>
Untuk catatan:
Anda boleh ganti https://www.domainlama.com dengan domain baru Anda.

6. Lalu simpan template

7. Silahkan kembali dashboard domain baru, klik menu Postingan > Draf. Anda boleh mengedit satu-satu artikel yang terdapat disana, untuk menyamakan permalink dari domain lama ke domain baru.

Selalu juga ingat untuk edit bagian body postingan melalui HTML (bukan Compose), siapa tahu Anda memakai teknik internal link, yang domainnya dianjurkan untuk di ubah ke domain baru.

Kenapa Ribet?

Hal ini karena kompleksitas Blogger tidak disediakan fasilitas yang menyamankan layaknya WordPress, yang tinggal menggunakan plugin Velvet Blues Update Urls dan semua permalink seketika berubah domainnya.

Ini hanya masukan saja, sungguh baiknya tuntaskan terlebih dulu masalah postingan dan permalink di domain baru. Setelah seluruh artikel sukses terposting dan permalink telah dipastikan sama persis dengan yang ada di blog lama, maka barulah menerapkan langkah ke-5.

Itulah penjelasan tentang cara redirect 301 url ke blog baru tanpa kehilangan trafik dari domain lama ke domain baru di Blogger atau Blogspot. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada komentar silahkan tuliskan, apabila butuh bantuan silahkan bagikan. Terimakasih.