Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Tombol Reply/Balas Komentar di VioMagz

Walau telas lama launching, template viomagz V1.7, V1.8 sampai V2.4 masih bintang untuk blogger. HAl ini bisa kita kenali dari jumlahnya penelusuran untuk panduan langkah membenahi tombol balas pada kolom koentar template viomagz tidak berperan.

Sesudah lama tidak menulis di website ini karena factor pekerjaan, di artikel ini saya memberikan langkah menangani tombol balas komentar website tidak berperan terutamanya pada template yang sekarang ini saya pakai yakni template VioMagz v2.4.1 kreasi Mas Sugeng.id yang disebut salah satunya template kegemaran di dunia Blogger Indonesia.

Sedikit review mengenai Template Viomagz :


Viomagz V2.41 ada banyak dipakai dan menjadi satu diantara template unggulan mayoritas blogger di indonesia, tanpa kecuali saya sendiri memakai template kreasi mas sugeng ini dari tahun 2019 - sampai saat ini (2022). Argumennya yaitu SEO Friendly, menarik dan yang paling penting fast loading.

Back to topik khusus panduan langkah menangani tombol balas komentar di template viomagz v2.4.1 yang tidak berperan. Permasalahan ini saya temui beberapa lalu pada tombol reply yang tidak berperan akhirnya saya tidak dapat membalasnya tiap komentar pengunjung.

Ini sebagai gagasan artikel ini kali, saya ingin share sedikit panduan sekitar blogging yakni Langkah Gampang Menangani Tombol Balas Komentar Tidak Berperan Pada Template Viomagz. Saya membuat panduan ini, karena website saya alami sedikit pemasalahan pada tombol reply/balas komentar dan sesudah cari langkah menanganinya, rupanya sangat gampang.

Cara Mudah Mengatasi Tombol Reply/Balas Komentar Tidak Berfungsi Pada Template Viomagz
Pada sebuah blog, pasti terdapat sebuah fitur yang diperuntukan untuk pengunjung blog agar bisa berinteraksi dengan pemilik atau admin blog yaitu fitur komentar. Untuk mengatur fitur komentar ini, kalian harus mengaktifkannya lewat setelan di Blogger atau kalian bisa juga memasang platform layanan komentar yang menarik pada blog kalian, seperti Disqus.

Tetapi, masalah yang terjadi pada fitur komentar bawaan blogger adalah ketika ada suatu komentar dari pengunjung blog kemudian kita ingin membalas komentar tersebut, maka tombol Reply/balas komentar tersebut tidak berfungsi. Itulah yang menjadi sedikit masalah pada fitur komentar blogger, kita tidak bisa membalas komentarnya.

Kemungkinan ini terjadi karena pengaruh template yang kita pasang di blog kita, seperti contohnya saya memasang template Viomagz buatan Mas Sugeng atau template yang lain juga bisa mengalami masalah yang sama. Masalahnya adalah terdapat pada template tersebut ada beberapa kode html/css yang belum disetting, sehingga menjadi penyebab kita tidak bisa membalas komentar dari pengunjung blog. Masalah kecil ini baru saya tau setelah ada yang komentar di salah satu artikel saya, dan kemudian saya ingin membalas komentar tersebut tetapi tidak bisa.

Cara Mengatasi (Memperbaiki) Tombol Reply (Balas) Komentar Tidak Berfungsi Pada Template Viomagz


Sebagai cara mengatasi atau memperbaiki tombol reply/balas komentar tidak berfungsi sangatlah mudah, kita hanya tinggal mengganti beberapa kode html/css. Adapun langkah ini juga bisa kalian coba pada template blog yang lain, tak hanya untuk blog bertemplate Viomagz. Silahkan simak tutorialnya sampai selesai

SATU Kalian masuk ke dashboard blogger Tema, kemudian pilih Edit HTML.

DUA Setelah itu kalian cari kode html b:css='false' (letaknya ada di paling atas), kemudian kalian ganti menjadi b:css='true',  terlihat pada gambar yang saya beri tanda di bawah.  

TIGA Setelah itu, kalian cari lagi kode html &lt;!–-</body>–-&gt;&lt;/body&> (letaknya ada di paling bawah), kemudian kalian ganti menjadi </body>. Setelah selesai, kalian Simpan Tema.
Nah, setelah itu kalian cek pada blog kalian dengan menekan tombol Reply/Balas Komentar, kemungkinan nanti sudah bisa untuk membalas komentar. Saya menerapkan cara di atas dan tombol balas komentar di blog saya sudah bisa.

EMPAT Jika cara di atas belum berhasil mengatasi tombol balasnya, lakukan langkah lanjutan berikut ini yang kemungkinan akan mengatasi masalah tadi

1. Akses kembali dashboard blogger Tema, lalu pilih Edit HTML.

2. Selepas itu coba cari kode html &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt; kemudian kalian ganti kode tersebut menjadi </head>.

3.Kemudian coba cari kode html .quickedit,.thread-toggle,.edit-post,.item-control{display:none;}, lalu anda hapus kode html tersebut, kemudian Simpan Tema.

LIMA Selepas itu periksa lagi tombol reply/balas komentar pada blog, kemungkinan besar  tombol balas komentar akan berfungsi. Saya hanya melakukan langkah yang pertama dan langsung berhasil. Apabila masih belum bisa, coba konsultasikan dengan tinggalkan komentar, saya akan senang hati membalas komentar anda :D

Pengujian setelah diperbaiki

Sesudah kita membenahi tombol reply/balas viomagz v2.4.1 yang tidak berperan atau mungkin tidak aktif, seharusnya kita tes ulangi performnya.

Ini kali saya memakai situs.dev/measure sebagai alat tes performa template website viomagz yang telah kita benahi kotak kometar yang tombol balasnya tidak aktif.

Bisa anda saksikan screenshoot di atas, kita masih memperoleh nilai 93 untuk perform, 88 untuk accessibilitas, 92 untuk best practices dan yang paling penting NILAI 100 untuk SEO.

Baik, itu ia langkah yang dapat saya bagi untuk menangani tombol balas komentar website tidak berperan dengan sedetil kemungkinan tetapi jika ada pertanyaan atau masalah dengan topik ini, silakan tanyak di kotak kometar di bawah.