Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki kipas angin Putaran Lambat dan Pelan

autominilab.com - Kipas angin putaran lambat sangat membuat kita tidak nyaman pada waktu kondisi panas. Dimana peralatan ini tidak bisa menghasilkan mensirkulasikan udara karena putarannya yang pelan.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

Adapun cara memperbaiki kipas angin gantung atau stand yang putarannya lambat sangat mudah untuk dikerjakan.

Anda hanya perlu mengetahui penyebab dari masalah kipas angin putaran lambat atau pelan ini terlebih dahulu.
Cara Memperbaiki kipas angin Putaran Lambat dan Pelan
Karena itu, untuk mempermudah analisis kerusakan dan menemukan penyebab kipas angin berputaran lambat, kita bahas dibawah ini:

Penyebab Putaran Kipas Lambat atau Pelan

Secara umum yang menjadi penyebab putaran kipas angin lambat atau pelan akan kita identifikasi menjadi beberapa komponen, antara lain:
  1. Gearbox Kipas Angin Rusak
  2. As Kipas Angin Kasar
  3. Bearing Kipas Angin telah Aus
  4. Kapasitor Lemah
  5. Kumparan Kipas Sudah tak Normal
Sekarang akan kita bahas satu persatu mengenai pengaruh komponen kipas angin tersebut, jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsi normal.

1. Gearbox Kipas Angin Rusak

Pada sebuah unit kipas angin terdapat komponen gearbox yang diletakkan dibagian belakan peralatan listrik ini.

Adapun peran dari gearboks kipas angin ini adalah mensinkronkan putaran kipas dengan kepala kipas agar bisa bergerak kekiri dan juga kekanan.

Gearbox kipas angin ini langsung terhubung dengan as yang berputar. Dimana akan langsung mempengaruhi kecepatan putaran fan kipas jika rusak atau tompel.

2. As Kipas Angin Kasar

Kipas angin ataupun kipas gantung memiliki sebuah as sebagai tempat baling-baling diikatkan. Dengan begitu, ketika as berputar, lalu baling-baling kipas juga ikut berputar.

Jika as kipas angin kotor atau banyak goresan, akan mengakibatkan gesekan yang berlebih. Dimana gesekan akan menahan dan mengurangi kecepatan baling-baling berputar.

Sekedar informasi, bahwa as ini mendapat gaya putaran yang bersumber dari rotor (kumparan) yang disatukan dengannya.

3. Bearing Kipas Angin telah Aus

Ada juga bearing pada sebuah kipas angin, baik gantung maupun stand. Dimana letak dari bearing ini ada pada as.

Bearing memiliki kontruksi yang simpel dan sangat bermanfaat untuk mengurangai gaya gesek antara dua benda.

Didalammnya terdapat kacang-kacang atau guli-guli besi yang dapat meluncur dengan sempurna pada jalurnya. Jalur ini yang biasanya mengalami keausan dan membuat guli-guli tersebut tidak bebas bergerak.

4. Kumparan Kipas Sudah tak Normal

Kipas angin dilengkapi dengan motor listrik yang akan bekerja saat dialiri tegangan. Dimana alat ini dapat kita sebut sebagai mesin konversi energi.

Energi listrik yang bersumber dari PLN akan ditampung dimotor listrik kemudian mengubahnya menjadi energi kinetik (gerak).

Motor listrik tidak bisa langsung berputar sesaat setelah dialiri tegangan ia memerlukan bantuan dari sebuah komponen yang bernama kapasitor.

Kumparan ini akan "ditendang" oleh kumparan star untuk bisa bergerak lalu berputar kencang membuat baling-baling menghasilkan tekanan angin.

Apabila kumparan sudah tidak normal akan mengurangi kemampunnya menghasilkan putaran yang kencang.

Kipas angin putarannya lambat atau pelan ketika dinamo mengalami penurunan performa yang drastis.

5. Kapasitor Lemah

Kapaitor yang lemah akan membuat motor/kumparan tidak bisa langsung berputar saat kipas disambungkan dengan sumber arus.

Kapasitor akan memberi arus kejut yang lebih besar dari tegangan sumber terhadap kumparan/dinamo kipas angin.

Jika komponen ini rusak akan membuat baling-baling kipas angin berputar pelan dan sangat lambat.

Bagiamana? Dari uraian diatas sudah cukup lengkap kami berikan penyebab kipas angin berputar lambat dan pelan. Apakah anda sudah punya ide cara memperbaiki kipas angin putaran lambat dan pelan ini?

Kalau begitu akan kita lanjutkan dengan pembahasan langkah yang ambil untuk mengatasi kipas angin putaran lambat dan sangat pelan.

Cara Memperbaiki kipas angin Putaran Lambat dan Pelan

Jika anda memiliki pengetahun dasar yang bagus mengenai motor listrik, saya yakin bahwa anda sudah punya solusi untuk mengatasi masalah ini.

Namun demikian, saya akan tetap memberikan insprasi kepada anda dalam memperbaiki kipas angin yang pelan ini.

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dan mengatasi kipas angin gantung putaran lambat ini, antara lain:
  • Gearbox kipas angin rusak mewajibkan akan melakukan penggantian komponen ini. Coba cari suku cadang ini ditoko sparpart listrik didaerah anda.
  • As kipas angin kasar sebenarnya agak sulit untuk diperbaiki, saya belum punya ide untuk memperbaiki as kipas angin. Kalau kata orang, ada istilah lembiru.
  • Bearing kipas angin telah aus masih bisa kita ganti dengan suku cadang yang kita beli di toko komponen listrik. Ada banyak penjual yang menyediakan komponen bearing kipas angin.
  • Kapasitor lemah mengaharuskan anda melakukan penggantian dengan yang baru. Beli saja kapasitor baru dengan nilai yang sama di toko listrik.
  • Kumparan kipas sudah tak normal sebenarnya harus diperbaiki dengan dua cara, pertama adalah melakukan lilit ulang, dan kedua membeli suku cadang kumparan kipas angin.
Nah, itu dia langkah atau pun cara memperbaiki kipas angin putaran lambat dan sangat pelan menjadi normal kembali.

Ada banyak cara yang kami uraikan dapat anda dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Semua itu tergantung kerusakan yang kipas yang anda miliki.

Sebenarnya, jika tidak ingin ribet, aanda tidak perlu melakukan perbaikan. Cukup panggil abang pembeli kipas rusak, kasikan saja dia. Lalu anda beli yang baru dan bagus.