Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Melakukan (Screenshoot) Tangkapan Layar atau Screenshot di Windows 10

Cara Melakukan (Screenshoot) Tangkapan Layar atau Screenshot di Windows 10


Cara Screenshot di Windows 10 - Melakukan screenshoot atau tangkapan layar tentunya sering dilakukan oleh pengguna, salah satunya untuk menyimpan atau mendokumentasikan suatu informasi yang ditampilkan pada layar perangkat.

Fitur untuk melakukan screenshot pun tentunya sebuah hal yang sudah lazim ditemukan di berbagai perangkat, termasuk pada laptop. Pada laptop yang berbasis sistem operasi Windows 10 pun sudah tersedia aplikasi khusus untuk melakukan tangkapan layar, yaitu Snipping Tool.

Cara Screenshot/Tangkapan Layar di Windows 10


Selain dengan menggunakan fitur Snipping Tool, pengguna juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan fitur lain bawaan dari laptop dengan OS Windows 10 dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol.


Dikutip dari situs E-News Daily, apabila Anda mau melakukan screenshot atau menangkap tampilan layar di laptop Windows 10, silahkan simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi PicPick


Software PicPick (Ambil disini) merupakan aplikasi yang terbaik untuk melakukan Screenshoot yang dapat Anda gunakan di komputer maupun laptop Anda. Selain bisa mengambil tangkapan layar, aplikasi ini juga dapat mengedit hasil tangkapan layar tersebut dengan berbagai tools yang sudah disediakan. Ikuti langkah berikut untuk beberapa tahapan melakukan Screenshot menggunakan aplikasi PicPick.

1. Sama seperti cara FastStone Capture, Anda harus mencari aplikasi PicPick terlebih dahulu, yakni dengan cara klik ikon pencarian lalu mengetikkan kata PicPick. Setelah itu Anda bisa klik dua kali pada aplikasi tersebut.

2. Sehingga aplikasi PicPick akan muncul. Serta Anda bisa memilih berbagai macam cara dan tipe dalam melakukan Screenshoot seperti yang ada pada gambar dibawah ini. Pada tutorial kali ini saya akan melakukan screenshoot dengan tools Full-Screen.

3. Bila sudah klik salah satu dari daftar Screen Capture tersebut, maka Anda akan menerima hasilnya seperti pada gambar dibawah ini. Kamu bisa menyimpan hasil Screenshoot tersebut dengan cara klik Ctrl + S.

2. Menggunakan Snipping Tool

  1. Coba anda cari aplikasi Snipping Tool di laptop Anda lalu jalankan aplikasinya.
  2. Selepas aplikasi terbuka, Anda bisa menyesuaikan tangkapan layar yang ingin diambil. Anda dapat memilih screenshot di menu Mode, dengan bentuk yang sudah tersedia di antaranya full screen, persegi panjang, dan bentuk bebas.
  3. Agar mulai bekerja tangkapan layar, silahkan klik New dan selanjutnya layar laptop akan freeze (membeku) secara otomatis.
  4. Lalu gerakan kursor pada bagian layar yang ingin ditangkap atau diambil.
  5. Selapas bagian layar ditangkap, akan muncul jendela baru dari hasil screenshot di Snipping Tool.
  6. Jendela baru tersebut juga memiliki fungsi untuk mengedit screenshot. Setelah selesai, klik Save atau Ctrl + S untuk menyimpan screenshot di folder laptop Anda.

3. Menggunakan Tombol Windows + PrtSc


Anda juga dapat melakukan tangkapan layar atau screenshot di laptop dengan operasi sistem Windows 10 dengan cara lain yaitu dengan menekan tombol Windows dan PrtSc secara bersamaan. Dengan ini Anda tidak perlu membuka aplikasi lain untuk melakukan tangkapan layar.

Selepas Anda menekan tombol Windows + PrtSc secara bersamaan, maka layar laptop Anda akan berkedip. Kedipan tersebut adalah merupakan tanda bahwa screenshot sudah berhasil dilakukan dan tersimpan di laptop dengan baik.

Dokumen hasil tangkapan layar dengan cara ini akan otomatis tersimpan di folder "ScreenShot" yang ada di laptop Anda.

Anda tidak bisa memilih atau menentukan bagian layar yang mana yang ingin diambil, karena dengan kombinasi tombol ini akan otomatis menangkap layar secara penuh.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S


Selain tiga cara seperti di atas tadi, screenshot atau tangkapan layar di laptop Windows 10 juga bisa menggunakan cara dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Dengan cara ini juga Anda tidak perlu membuka aplikasi lain untuk screenshot di laptop.

Akan tetapi berbeda dengan cara menekan kombinasi tombol sebelumnya, ketika menekan kombinasi tombol ini maka selain layar laptop Anda akan freeze atau membeku, Anda juga akan disajikan tampilan menu untuk memilih bentuk tangkapan layar, seperti bentuk kotak atau bentuk bebas.

Selepas memilih bentuk yang diinginkan, Anda dapat mengambil screenshot atau tangkapan layar dengan cara menggerakkan kursor pada bagian layar yang ingin diambil. Selanjutnya Anda akan disajikan tampilan jendela baru untuk melakukan edit screenshot.

Jika screenshot telah sesuai dengan keinginan Anda, maka screenshot tersebut bisa disimpan di laptop dengan menekan tombol Save atau Ctrl + S.

Secara undamental, cara kombinasi tombol ini merupakan cara lain untuk cepat membuka fitur Snipping Tool dengan tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Itulah uraian cara screenshot untuk melakukan tangkapan layar di  Windows 10, semoga bisa bermanfaat.