Memasang air Locker pada Unit Gardan Differential Toyota FJ40

Pecinta mobil offroad tentunya dihadapkan dengan pilihan wajib memasang air locker pada gardan. Aksesoris gardan ini sangat diperlukan ketika mobil melewati jalan berlumpur, mendaki dan tidak rata. Anda dapat memasang air Locker pada Unit Gardan Differential Toyota FJ40 sendiri dirumah.

Memasang air Locker pada Unit Gardan Differential Toyota FJ40

Memasang air Locker pada Unit Gardan Differential Toyota FJ40

Langkah Memasang Air Locker Toyota FJ40
1. Longgarkan terlebih dahulu baut roda depan dengan menggunakan kunci roda (impact wrench)
2. Pasang dongkrak pada posisi aman
3. Dongkrak kendaraan agar terangkat, roda tidak menyentuh lantai
4. Pasang Jack stand, keselamatan saat bekerja
5. Lepaskan baut roda kiri dan kanan
6. Lepaskan roda dari dudukannya
7. Drain oli gardan, pastikan benar-benar kosong

Perhatikan gambar beriktu ini untuk langkah jelasnya.

Pada bagian ini, kita harus mengendorkan baut roda terlebih dahulu. Anda boleh melepaskan 5 baut roda dan menyisakan dua lagi sebagi penahan roda agar tidak lepas begitu saja ketika roda diangkat.

Kuras oli yang terdapat pada gardan (differential), anda boleh menggunakan wadah jerigen atau waskom untuk tempat oli bekas. Usahakan jangan memakai oli ini kembali, gunakan oli gardan yang baru.

Letakkan dongkrak pada posisi yang aman, ikuti petunjuk aman titik tumpu mendongkrak kendaraan pada link ini.

Mulai memompa dongkrak agar kendaraan dapat dinaikkan sehingga roda tidak menyentuh lantai lagi.

Buka bagian rem cakram, cukup dengan melepaskan baut pengikatnya sampai lepas.

Bagian pengunci rumah rem cakram sudah lepas, dengan cara mencungkilnya secara perlahan agar tidak melukai permukaannya.

Sekarang kita akan melepas poros roda dari toyota FJ40 ini, silahkan kendorkan baut nya, buat sampai lepas.

Sekarang tarik, poros roda secara perlahan dan aman, poros ini terdiri dari dua bagian yang melekat dengan bearing.
Tempatkan dongkrak tepat dibawah gardan, agar ketika sudah lepas, kita tinggal menarik dongkrak saja.

Saatnya untuk mempreteli komponen-komponen differential gardan konvensional. Sebaiknya beri tanda pada bagian pengunci bearing agar tidak tertukar saat pemasangan.


Pisahkan rumah side gear dari ring gear dengan melepaskan bautnya. Rumah side gear ini tidak kita butuhkan lagi, karena kita akan menggunakan rumah side gear udara atau air locker.

Kita akan membuat lubang drat berukuran 13mm pada body gardan. Kami mengingatkan anda, langkah ini bisa anda lakukan jika anda memiliki tap berukuran 13mm. Dimana, sepengetahuan kami, tap dengan ukuran ini sulit ditemukan, anda bisa ke bengkel bubut untuk membuatkannya, semoga saja mereka mempunyai tap yang sesuai dengan baut air locker, 13mm.

Air locker dan ring gear akan kita pasang, tidak perlu peralatan canggih pada langkah ini. Cukup hanya menggunakan tangan untuk memasukkan ring gear.


Ring gear dan side gear housing air locker kita pasang dan kencangkan bautnya dengan menggunakan kunci moment, ukurannya adalah 80 Kgf.cm. 

Langkah selanjutnya adalah memasang bearing kerucut pada poros rumah side gear. Untuk melakukan ini, anda butuh alat press, secara resminya. Namun, jika tidak punya, anda bisa mengetok-ketoknya dengan palu karet.


Bagian penting dan khusus dari air locker yang kita pasang adalah seal housing dengan pipanya, bagian ini yang akan menggerakkan pengunci kedua side gear agar berputar bersama-sama.

Kunci seal housing air locker dengan menggunakan pegas pengamannya. Kedua ujung dari pegas ini anda masukkan kedalam lubang tempat yang disediakan. Lalu gunakan obeng minus untuk mendorong pegas menuju dudukannya.


Jika sudah semua bagain dalam gardan terpasang, tinggal anda memasang bagian pengunci ring gear. Cara cukup mudah, letakkan pengunci ring gear pada posisinya, lalu kencangkan dengan bautnya.


Pipa dari seal housing anda bentuk sedemikian rupa agar sampai menuju nepple dan juga tidak menggangu kerja komponen lainnya.

Pasang kembali semua bagian yang dilepaskan, kecuali side gear housing tadi sudah digantikan oleh air locker.

Intinya, sampai roda bisa terpasang dengan baik dan kendaraan dapat kita gunakan sebagaimana mestinya. Jika saya jelaskan, silahkan ikuti kebalikan langkah 1 sampai 8 diatas. Jangan lupa untuk menambahkan oli gardan.

Seperti itulah cara memasang air Locker pada Unit Gardan Differential yang benar. Mudah-mudahan anda dapat memahami dan mengikuti artikel kami ini.
LihatTutupKomentar