Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melepas Ball Joint Menggunakan Ball Joint Separator: Fungsi dan Keselamatan Kerja

Selamat berjumpa kembali, Sob! Materi kita kali ini adalah cara melepas ball joint menggunakan ball joint separator. Apakah kamu tahu bahwa salah satu komponen sistem kemudi yang menghubungkan antara satu lengan dengan yang lain disebut Ball joint? Semoga saja kamu mengenal komponen yang satu ini.
Cara Melepas Ball Joint Menggunakan Ball Joint Separator: Fungsi dan Keselamatan Kerja
Pada materi perbaikan sistem kemudi, kamu harus melakukan pembongkaran semua unit, mulai dari steering wheel hingga control arm pada roda. Setiap persambungan antara satu lengan dengan lainnya pasti menggunakan ball joint.
Diatas ada gambar yang menunjukkan jenis-jenis ball joint yang terdapat pada sebuah mobil. Berdasarkan data diatas dapat kita identifikasi beberapa perbedaan mereka, salah satunya warna. Satu komponen bisa saja terdiri dari beberapa bahan logam, masing-masing logam memberi warna sendiri, menjadikan ball joint terlihat berbeda.

Cara melepas ball joint

Mungkin kamu pernah berfikir untuk melakukan cara ekstrim melepaskannya. Palu menjadi alat paling umum digunakan dalam mengetok sebuah benda, termasuk komponen ini. Cara melepas ball joint dari lower arm yang benar adalah dengan menggunakan special service tools bernama ball joint separator.

Apabila orang tuamu pemilik isuzu panther sedang mencari cara melepas ball joint bawah panther, kami sarankan menggunakan alat SST yang satu ini. Kelebihannya ialah ball joint dapat dilepas dengan baik tanpa suara pukulan yang bisa merusak bagian lainnya.


Perhatian!
Jangan mengetok lengan kemudi berlebihan, karena dapat memberi efek tidak baik pada lengan lainnya. Menggunakan special service tools yang sesuai sangat membantu sekali dalam pekerjaan perbaikan kemudi.

Ada beberapa cara melepas ball joint, antara lain:
  • Menggunakan palu (Tidak disarankan)
  • Menggunakan Special service tools (sangat disarankan)
Ketika kamu menggunakan palu, tentunya akan melakukan pemukulan terhadap ball joint. Langkah ini akan menimbulkan suara gaduh dan tidak efektif dalam bekerja. Lain halnya jika menggunakan special service tools untuk melepaskannya, komponen akan aman dan mudah dilepas.

Bagian-bagian ball joint separator

Adapun bagian-bagian dari alat perbaikan khusus Traker Ball Joint ini adalah
  • Baut pengungkit
  • Rahang penekan
  • Rahang penahan
Bagian-bagian Treker Ball Joint

Keselamatan kerja menggunakan Ball Joint Sperator

Setiap prosedur kerja sebaiknya diidentifikasi langkah-langkah amannya. Demikian juga dalam hal melepas ball joint sistem kemudi, walau tidak banyak, tetap ada keselamatan kerja yang perlu kita perhatikan.

Beberapa keselamatan kerja yang perlu diperhatikan saat menggunakan ball joint separator, antara lain:
  • Menggunakan alat sesuai fungsi, gunakan hanya untuk melepas ball joint. Bentuk alat ini mirip dengan jepita kain jemuran, bukan berarti bisa menjadi jepitan jemuran.
  • Gunakan bagian rahang penahan untuk menahan, rahang penenkan untuk menekan, jangan samai terbalik.
  • Pakai kunci ring untuk memutar bautnya, jangan kunci pas.
Mungkin ada lagi yang bisa kita tuliskan sebagai keselamatan kerja menggunakan alat ini? Tuliskan idemu pada bagian komentar, iya!

Cara menggunakan Ball Joint Separator

Apabila anda sedang bingung bagaiama cara melepas ball joint atas panther, cara melepas ball joint bawah innova ataupun cara membuka ball joint l300 atau bahkan cara melepas ball joint bawah l300, langkah berikut ini bisa anda lakukan. Berikut ini cara menggunakan treker ball joint, antara lain:
  • Posisikan kendaraan dengan aman. Angkat kendaraan dengan tinggi secukupnya anda bisa kerjakan. Tolong jangan andalkan dongkrak untuk menupang beban mobil saat diangkat, sebaiknya pakai jack stand.
  • Buka akses menuju ball joint. Ball joint yang akan dilepas harus dapat diakses/dicapai dengan mudah tanpa terhalang oleh roda, wheel hub atau bahkan control arm dari roda depan.
  • Pasang alat treker ball joint dengan benar. Posisikan rahang penahan pada bagian bulat (ball-nya), sementara rahang penekan letakkan di baut ball joint.
Cara Melepas Ball Joint Menggunakan Ball Joint Separator: Fungsi dan Keselamatan Kerja
  • Putar baut traker. Untuk mulai mengeluarkan ball joint, putar baut searah jarum jam. Hal ini akan mengakibatkan rahang penekan mendorong ball joint keluar.
  • Tekan hingga lepas dari dudukannya.
Nah, itu dia cara melepas ball joint menggunakan treker ball joint, baik fungsi dan keselamatan kerjanya kita bahas dengan lengkap dan sangat detail. Jangan bilang bertele-tele, iya! Sangkin detailnya, memang agak terkesan demikian. Sanggom Monalisa Hutabarat.