Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi

Penyebab Kipas Radiator Mati dan Cara mengatasinya - Siapa yang tidak kesal jika mengalami masalah ini. Anda sudah mengikuti jadwal perawatan mesin mobil sesuai waktu. Eh, tak taunya tiba-tiba kipas radiator bermasalah. Sebenarnya kita perlu melakukan perawatan khusus untuk komponen sistem pendingina yang satu ini agar tidak mati. Pun demikian, kipas radiator sudah terlanjur mati. Lantas apa penyebab kipas radiator mati?

Seperti kita ketahui bahwa kipas radiator merupakan komponen sistem pendingin yang berfungsi mengisap udara berada di depan radiator dan menekan udara itu agar dapat mengalir lebih laju ke kisi-kisi radiator. Proses ini bertujuan dalam mempercepat proses pelepasan panas dari air pendingin pada sistem. Dengan begitu, diperoleh suhu air coolant yang lebih cepat dingin sebelum disalurkan kembali ke water jacket. Anda dapat membaca secara lengkap pada artikel tentang langkah kerja radiator di internet.

Bagaimana jika kipas radiator mati? Kejadian inimenyebabkan proses pendinginan yang terjadi dalam sistem radiator akan sangat terganggu. Sehingga air pendingin yang telah mengambil panas dari mesin itu tidak mampu melakukan pendinginan dengan baik. Hal ini akan megakibatkan temperatur air pendingin keseluruhan terus menerus akan naik.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi

Dengan kata lain, jika kipas radiator mobil mati, air didalam radiator tidak mengalami pendinginan sebagaimana mestinya. Engine yang seharusnya mendapat air "dingin" dari hasil pendinginan kipas malahan diberikan air panas, maka terjadil overheating engine. Dibawah ini ulasan mengenai penyebab kipas radiator mati pada engine mobil.

Penyebab Kipas Radiator Mati dan Cara Mengatasinya

Saya tidak akan langsung jelaskan dulu penyebab kipas radiator mati. Namun saya akan singgung sedikit mengenai beberapa jenis dari kipas radiator mobil yang perlu anda ketahui. Saat ini jenis kipas radiator mobil terdiri atas dua macam, pertama jenis kipas radiator mobil konvensional dan kedua jenis kipas radiator mobil elektrik.

Terdapat perbedaan antara kipas radiator mobil konvensional dan elektrik, palin kentara pada proses bagaimana kipas itu kerja berputar. Pada jenis kipas radiator konvensional akan bekerja ketika engine menyala dan kipas ini mengikuti putaran dari pada engine itu sendiri.

Sementara pada jenis kipas radiator elektrik akan bekerja secara elektris, dan hidup ketika mobil mengalami temperatur yang cukup tinggi sehingga dideteksi memerlukan pendinginan extra. Lalu apa yang menjadi penyebab kipas radiator mobil mati? Ayo! Mari menyimak beberapa penyebab kipas radiator mobil mati berikut ini.

  • Kerusakan pada Sekring Kipas (Putus)

Penyebab kipas radiator mobil mati yang lainnya adalah karena putusnya sekring fan. Komponen ini berperan sebagai pengaman untuk menahan arus listrik berlebihan masuk kedalam rangkaian. Adapun penggunaan sekring pada kipas radiator mobil hal ini menandakan jika kipas radiator yang digunakan adalah jenis kipas elektrik.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Sekring Fan Putus

Sekring berperan sebagai pengaman untuk menahan arus listrik yang terlalu berlebih masuk ke serangkaian. Saat arus listrik yang mengalir ke dalam fuse itu terlalu berlebih, hal itu membuat fuse akan terputus.

Saat terdapat listrik berlebihan yang masuk, maka secara otomatis sekring akan putus. Jika sobat sudah  ketahui sekring kipas putus, wajib untuk mengecek semua serangkaian kipas lebih dulu. Maksudnya untuk menghindar konslet (short to ground) yang terjadi seperti adanya motor kipas terbakar, kabel terkupas dan yang lain.

Bila sekring putus, masalah itu saluran listrik yang ke arah motor kipas radiator akan berhenti dan mengakibatkan kipas radiator mati dan tidak mau berputar lagi.

  • Kerusakan pada Motor Kipas Pendingin (Hangus/terbakar)


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Motor Fan Radiator Hangus

Penyebab kipas radiator mobil mati dan tidak berputar-putar setelah itu motor kipas pendingin mengalami kerusakan. Ketika motor kipas radiator rusak, otomatis kipas radiator tidak berputar sesuai keperluan mesin sehingga pada akhirnya mesin tidak memperoleh pendinginan yang optimal.

  • Fan Belting Kipas Radiator Putus

Berikutnya penyebab kipas radiator mobil mati merupakan fan belt yang putus. Masalah yang satu ini yang umum terjadi pada jenis kipas radiator konvensional/manual. Fan belt sendiri berperan sebagai penggerak kipas radiator sehingga dapat berputar.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Fan Belting Putus

Katika fan belt putus, hal ini ditandai dengan kipas tidak berputar-putar karena tidak memperoleh tenaga untuk memutar. Pada beberapa jenis kendaraan, biasanya kipas pendingin radiator tersambung oleh alternator atau power steering. Desain seperti ini memiliki tujuan agara kipas masih tetap dapat berputar-putar walaupun fan belt terputus. Fan belt yang putus dapat diakibatkan karet belt yang getas karena usia penggunaan sampai terserang cairan panas seperti kebocoran oli, minyak rem dan yang lain.

  • Kerusakan pada Visco Fan

Penyebab kipas radiator mobil mati yang berikutnya merupakan kerusakan pada Visco Fan. Visco Fan adalah salah satu jenis kipas yang memakai oli untuk mengatur kecepatan kipas. Sistem menganut Visco Fan sangat tergantung pada putaran engine.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Visco Fan Radiator

Ketika temperatur mesin rendah karena itu Visco Fan akan mengalami selip sehingga putaran kipas rendah. Namun, saat suhu mesin tinggi, maka Visco Fan akan berputar sangat tinggi sekali. Jika Visco Fan mengalami keruskan, hal itu membuat perputaran kipasnya tidak teratur. Bisa saja saat temperatur rendah kipas berputar cepat dan ketika suhu suhu mobil tinggi malah kipas berputar rendah.

  • Kerusakan pada Kabel Connector Kipas Radiator Mobil

Penyebab kipas radiator mobil mati yaknik putusnya kabel connector yang menuju rangkaian kipas radiator. Kabel dengan konektor yang terputus atau telah kedaluwarsa akan membuat arus listrik yang dipakai untuk memutar kipas jadi berhenti ataupu turun naik. Hal ini membuat, kipas tidak ingin berputar yang membuat pendinginan mobil tidak maksimal.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Letak Konektor Rangkaian Kipas Radiator

Banyak hal menjadi penyebab connector atau kabel hancur, dimulai dari socket yang meleleh, kabel yang terjepit, kabel digigit oleh tikus, kabel yang telah kedaluwarsa danbanyak lagi. Oleh karenanya pastikan untuk memeriksa kelayakan kabel dan socket agar kipas bekerja yang baik.

  • Kerusakan pada Fan Controller Unit


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Fan Controller Unit

Ada lagi penyebab kipas radiator mobil mati yang lain yakni kerusakan pengatur kipas (Fan Controller Unit). Pada jenis kendaraan tertentu memakian unit ini ini sebagai unit pengontrol perputaran kipas radiator. Ketika elemen ini hancur, karena itu automatis kipas radiator mati dan tidak berputar-putar.

  • Kerusakan pada Refrigerant pressure sensor

Pada kendaraan yang tidak dilengkapi dengan ekstra fan AC dan hanya mengandalkan satu fan radiator saja, biasanya proses penataan kipas radiator di tautkan dengan refrigrant pressure sensor.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Contoh Refrigerant pressure sensor

Konsep yang dipakai pada refrigerant ini sama dengan coolant suhu sensor. hanya pada referigerant ini yang diukur ialah penekanan pada freon AC. Karena itu, ketika refrigerant pressure sensor ini memiliki masalah / hancur maka memengaruhi perputaran kipas radiator sampai menjadi satu diantara penyebab kipas radiator mati dan tidak ingin berputar

  • Kerusakan pada Relay Kipas Radiator


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Skema Rangkaian Fan Radiator

Periksa juga kondisi Relay Fan Radiator, karena bisa saja relay Fan Radiator ini putus kumparannya atau contact relay tidak tersambung walau relay bekerja yang dikarenakan oleh contact relay kotor berkerak yang menghalangi saluran listrik ke motor fan atau plastik sekitaran contact relay menetes karena panas hingga contact relay berbeda dudukanya. Kejadian ini dapat menjadi penyebab kipas radiator mati

  • Kerusakan pada Karbon Brush Motor Kipas Radiator 

Penyebab kipas radiator mati paling banyak muncul pada mobil-mobil terbaru karena karbon brush habis.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Rumah Brush Motor Radiator

Selainnya karbon brush habis, maslah bisa muncul karena karbon brush macet atau mungkin tidak dapat bergerak, karbon brush macet ini dikarenakan oleh karbon brush kelihatan retak yang membuat ukuran fisiknya jadi membesar.

  • Kerusakan pada Sensor Suhu Pendingin


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Contoh Sensor Suhu Pendingin

Penyebab kipas radiator mobil hancur dan tidak berputar-putar berikutnya yakni kerusakan pada sensor suhu temperatur pendinginan. Sensor suhu merupakan bagian yang mengirim signal ke arah ECU (Electric Kontrol Unit) untuk menyalakan kipas radiator ataupun menonaktifkan secara automatis sesuai temperatur air dalam radiator. Kerusakan sensor ini maka akan mengakibatkan pembacaan yang eror pada ECU.

  • Coolant temperature sensor rusak

Penyebab kipas radiator mati sehingga tidak berputar berikutnya yakni coolant suhu sensor yang memiliki masalah atau sudah rusak. Coolant suhu sensor merupakan komponen pengirim signal untuk engine ECU kondisi temperatur yang ada pada mekanisme pendingin.
Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Coolant Temperature Sensor

Jika sensor mengindikasikan kondisi mesin terlalu panas, hal ini ditandai dengan mengirimkan sinyal ke ECU untuk mengaktifkan kipas radiator. Kerja ini bertujuan agar proses pendinginan dapat lebih maksimal lagi.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Mati

Berikut cara mengatasi kipas radiator mati pada engine mobil kesayangan anda:
  1. Ganti Sekring, Jika sekring/fuse kipas putus
  2. Ganti motor kipas radiator
  3. Ganti dengan belting yang baru
  4. Beli Visco Fan yang baru, pasangkan
  5. Buka kabel konektor rangakaian kipas dan ganti dengan baru
  6. Ganti dengan baru, walau harga Fan Controller Unit mahal
  7. Ganti Refrigerant pressure sensor dengan baru
  8. Ganti Relay Kipas Radiator yang rusak dengan baru
  9. Ganti Karbon Brush Motor Kipas Radiator Habis dengan baru
  10. Ganti Sensor Suhu Pendingin dengan baru
  11. Tukar Coolant temperature sensor dengan baru
Tanpa kami jelaskan pun poin-poin diatas sudah dapat anda bayangkan. Tentu saja jika komponen yang rusak sudah tidak bisa diperbaiki akan diganti dengan baru. Demikian juga halnya pada masalah yang menjadi penyebab kipas radiator mati, cara mengatasi ya, diganti dengan spare part baru.

Bagi anda yang memiliki kemampuan mekanik yang baik, langkah perbaikan dapat anda lakukan sendiri. Namun, apa bila anda tidak punya kemampuan memperbaiki, langsung saja panggil mekanik terdekat. Agar kipas radiator anda dapat diperbaiki langsung di rumah anda.

Akhirnya ulasan terkait penyebab kipas radiator mati dan cara mengatasinya ini mencapai puncaknya. Mudah-mudahan... dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca sekalian.
LihatTutupKomentar