Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan Kopling, Simak!

Cara memeriksa panjang dan kesikuan pegas penekan kopling akan kita gali. Hal ini karena komponen ini menjadi salah satu tolok ukur dalam perbaikan ataupun perawatan sistem kopling pada kendaraan ringan. Pegas penekan ini memiliki peranan sebagai peredam torsi (torsion damper) ketika kanvas kopling mengalami hentakan putaran dari fly wheel.Bagaimana Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan

Berikut Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan

Sebuah pegas radial plat kopling dituntutan / persyaratan mampu menerima gaya lingkaran, mampu memegas dengan baik, dan memiliki Elastisitas yang harus tinggi (untuk bahan karet). Dimana hal ini diperlukan karena kegunaannya yang penting saat meredam getaran/kejutan saat kopling mulai terhubung sehingga kopling dapat terhubung dengan lembut.

Adapun letak pemasangannya yaitu ditempatkan diantara plat yang duduk pada poros dan plat pemegang kanvas. Biasanya pegas penekan berjumlah empat (4) buah dan terpasang pada plat kopling kendaraan ringan. Dimana pemasangannya dibuat dengan saling membentuk sudut siku (90°) satu sama lainnya. Secara keseluruhan letak mereka akan membentuk persegi.

1. Cara Memeriksa panjang pegas penekan

Bagaimana Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan ?
Cara pertama memeriksa panjang dan kesikuan pegas penekan kopling adalah memastikan ukuran panjang pegas yang kita miliki. Ketika melakukan pengukuran panjang pegas kopling kita memerlukan sebuah alat ukur yang namanya Vernier Caliper (Jangka sorong/Skatmat).

Sediakan alat ukur vernier calipper, untuk hal ini tidak dibatasi spesifikasi ketelitian dari alat. Pada intinya adalah alat dapat memperlihatkan ukuran dari pegas penekan.

Kemudian pegas ditempatkan pada tengah rahang atas dan rahang bawah alat ukur. Tentu saja tidak ada kesulitan yang akan dihadapi pada tahap ini.

Sekarang anda tinggal melihat atau membaca ukuran yang ditunjukkan pada skala utama dari jangka sorong.

2. Cara memeriksa kesikuan pegas penekan

Bagaimana Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan ?
Cara berikutnya memeriksa panjang dan kesikuan pegas penekan kopling adalah kesikuan pegas.Untuk memeriksa kesikuan dari pegas penekan kopling kita memerlukan peralatan yang lebih banyak dari mengukur panjang pegas. Pasalnya, pada tahap ini kita memerlukan meja kerja perata, dan alat penyiku sebagai tolok ukurnya.

Adapun langkah memeriksanya sangat mudah, pertama pegas anda tempatkan pada meja kerja perata dengan posisi berdiri. Lihat pada gambar (b), kita menganggap posisi itu adalah berdiri.

Kemudian ambil alat penyiku dan tempelkan sisi bilahnya sejajar dengan pegas penekan. Pastinya hal ini akan membuat handel alat akan menempel pada meja kerja perata.

Kini anda hanya memandang jarak atau celah diantara bilah alat penyiku dan sisi sepanjang pegas penekan. Untuk gambar (b) diberi tanda panah.

Kesimpulan Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan

Dalam pemeriksaan panjang serta kesikuan sebuah pegas penekan, spesifikasi panjang pegas penekan memiliki batasan yang berbeda-beda tergantung ukuran unit kopling. Sama halnya juga dengan kesikuan dari pegas penekan (baca buku manual). Biasanya, apabila unit kopling semakin besar memiliki limit/tolerensi semakin besar pula.

Saya tidak bisa mengatakan angka pada artikel ini, karena alasan tadi, tidak ada jaminan kesamaan ukuran pada setiap kendaraan yang diukur. Cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan melihat buku panduan reparasi, ataupun bertanya langsung kepada ahlinya.

Semoga saja tulisan kami ini memberi manfaat kepada pembaca sekalian. Jika terdapat kekeliruan dikemudian hari, akan dilakukan peninjauan kembali. Terimakasih, TTD David Sigalingging.

Post a Comment for "Cara Memeriksa Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan Kopling, Simak!"