Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa penyebab starter motor tidak berfungsi pada sepeda motor

Apa penyebab starter motor tidak berfungsi pada sepeda motor

Otomotif-smkn1skl yang mempunyai kendaraan roda 2 bisa jadi penasaran gimana metode mengenali pemicu starter motor tidak berperan. Tanpa wajib berangkat ke bengkel langganan, kita pula dapat mendeteksinya.

Butuh ditekankan tadinya, starter yang diartikan pada pembahasan ini merupakan electric starter alias starter tangan.

Permasalahan yang berlaku pada electric starter sepeda motor memanglah lumayan mengusik. Kepraktisan buat menyalakan mesin jadi menurun ekstrem.

Dari yang awal mulanya tinggal memencet tombol di ujung jari, saat ini jadi mesti menyelah starter kaki. Gawatnya lagi jika nyatanya sepeda motor yang dipunyai tidak dilengkapi kick starter.

Hingga itu dibutuhkan perawatan teratur supaya keadaan sepeda motor senantiasa topcer. Perawatan yang diartikan bukan cuma buat zona mesin, Otomotif-smkn1skl.

Melainkan tercantum sistem kelistrikan. Rangkaian starter jadi salah satu bagian yang mesti menemukan atensi mengingat kedudukannya lumayan krusial.

Mesti diakui, banyak di antara owner yang hendak langsung mengira biang kerok sepeda motor mogok terdapat di dalam mesin. Perihal ini memanglah bisa jadi saja terjalin. Tetapi bagi pengalaman individu, kenyataannya malah kebalikannya.

Hal- hal yang malah terkesan sepele semacam kabel busi kendor, soket kabel yang kotor, ataupun apalagi habis bensin malah lebih kerap terjalin.

A. Apa penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi?

Metode mengenali pemicu starter motor tidak berperan hendak kita bahas di dasar. Tetapi tadinya amati dahulu komponen- komponen yang umumnya bermasalah serta dapat menimbulkan perihal itu terjalin, dirangkum dari web website dealer MPM Honda Jawa Timur.

1. Sekring Putus

Semacam dikenal, sekring berperan mengamankan arus listrik buat komponen elektronik yang terdapat di sepeda motor. Tercantum rangkaian electric starter salah satunya.

Sekring electric starter biasanya memiliki dimensi 20 ampere. Jika arus yang diterima lebih besar hingga bisa- bisa sekring korslet. Kebalikannya, bila arusnya sangat rendah hingga kawat sekring dapat putus.

Jika telah begini otomatis electric starter tidak hendak berperan, Otomotif-smkn1skl.

2. Permasalahan di Kabel menuju Starter

Terdapat sebagian permasalahan yang dapat mengenai kabel starter motor. Sangat sepele merupakan koneksinya yang tidak sempurna. Sebaliknya permasalahan yang lebih sungguh- sungguh merupakan kabel dibakar.

Salah satu penyebabnya merupakan sekring yang putus tadi. Perihal ini dapat dicirikan bila sekring kembali putus mendadak sementara itu baru saja ditukar.

3. Aki Tekor

Tegangan listrik yang diperlukan buat menyalakan electric starter sepeda motor biasanya 12 volt. Perihal tersebut cuma dapat dicoba bila aki ataupun baterai dalam keadaan prima.

Kebalikannya, aki yang tekor tidak mempunyai tegangan sebesar itu. Kala tegangan aki telah anjlok mungkin lampu- lampu masih dapat menyala, tetapi tidak kokoh buat menyalakan electric starter.

4. Relay Starter mengalami kerusakan

Dalam sebagian postingan tadinya sempat dibahas menimpa identitas relay starter sepeda motor yang rusak.

Tetapi jika Otomotif-smkn1skl belum mengetahuinya, komponen ini ibarat jembatan buat arus listrik dari aki mengarah dinamo starter. Sering menerima listrik yang lumayan besar, terdapat masanya relay starter hendak rusak.

Dengan begitu“ jembatan” tersebut hendak putus serta listrik tidak dapat disalurkan sebagaimana mestinya. Electric starter juga kesimpulannya tidak berperan.

5. Koil Starter Bermasalah

Koil mempunyai tugas tingkatkan besarnya arus listrik buat setelah itu disalurkan ke busi. Tujuannya supaya busi dapat menciptakan percikan api yang diperlukan buat pembakaran di dalam mesin.

Koil yang telah rusak menimbulkan pengapian jadi tidak beres yang berujung motor susah distarter sebab pembakaran tidak terjalin.

6. Permasalahan Switch Starter

Pada electric starter sepeda motor pastinya diperlukan saklar yang berperan memutus ataupun menyambungkan arus listrik. Nah, perihal ini jadi tugas switch starter yang biasa kita tekan buat menyalakan mesin sepeda motor.

Sama semacam kebanyakan komponen sepeda motor, switch starter pula dapat hadapi kehancuran yang pada kesimpulannya membuat electric starter sepeda motor tidak berperan.

Cara Tahu Penyebab Starter Motor tidak bekerja/berfungsi

B. Cara Tahu Penyebab Starter Motor tidak bekerja/berfungsi

Dari penjelasan di atas kita dapat memandang kalau rangkaian electric starter pada sepeda motor diisi banyak komponen yang memegang kedudukannya tiap- tiap. Bila terdapat permasalahan di antara salah satunya dapat ditentukan sistem starter hendak tersendat.

Tetapi Otomotif-smkn1skl tidak butuh bimbang sebab kita dapat berupaya mendeteksinya. Ada pula upaya yang dapat dicoba merupakan selaku berikut.

1. Memperhatikan Keadaan Koil

Buat memandang keadaan koil starter triknya lumayan gampang. Cek dengan metode lepas ujung kabel besar yang tersambung dengan busi. Setelah itu dekatkan dengan ground ataupun massa dekat 1 centimeter.

Berikutnya putar kontak ke posisi“ on” serta nyalakan starter. Dalam keadaan wajar hendak timbul percikan api di ujung kabelnya. Tetapi bila tidak terdapat percikan sama sekali, terdapat mungkin koil bermasalah ataupun komponen yang lain.

Metode ini lumayan instan dicoba. Itu karenanya dapat jadi langkah dini buat mengetahui pemicu starter motor tidak berperan.

2. Membenarkan Keadaan Sekring

Semacam telah disinggung tadinya, sekring putus pula dapat jadi salah satu pemicu starter motor tidak berperan. Untungnya tidak susah buat mengecek keadaan komponen ini.

Langkah awal yang butuh Otomotif-smkn1skl tahu merupakan posisinya sekring pada sepeda motor. Perihal ini dapat dicek di novel panduan owner.

Buat mengenali sekring yang dicari, dapat dilihat dari kode rupanya. Sekring starter yang biasanya memiliki tegangan 20 ampere diisyarati warna kuning.

Bila telah melihatnya, coba cabut sekring tersebut serta amati keadaan kawatnya. Bila kawat di dalam sekring putus hingga mungkin ini jadi sumber permasalahan.

Selaku data bonus, kode warna lain buat sekring merupakan oranye( 5 ampere), merah( 10 ampere), biru( 15 ampere), ungu( 25 ampere), hijau( 30 ampere).

3. Cek Relay Starter

Metode termudah buat mengenali keadaan relay starter ataupun yang biasa diucap bendik starter merupakan mencermati suara yang ditimbulkannya.

Idealnya relay starter hendak memunculkan bunyi“ cetek cetek” yang lumayan jelas terdengar di kuping. Bila Otomotif-smkn1skl tidak mencermatinya sama sekali kala switch starter ditekan mungkin komponen ini rusak.

4. Cek Tegangan Aki Gunakan Multimeter

Buat mengenali keadaan aki, Otomotif-smkn1skl membutuhkan perlengkapan yang dinamakan multimeter.

Buat yang belum ketahui, multimeter ataupun nama yang lain multitester ialah perlengkapan ukur listrik yang dapat digunakan mengukur arus listrik serta tegangan listrik. Otomotif-smkn1skl dapat menggunakan perlengkapan ini buat memandang keadaan aki.

Triknya, yakinkan multimeter terletak dalam opsi Voltmeter. Setelah itu hubungkan kabel yang bercorak gelap( negatif) ke halte negatif pada aki. Kemudian hubungkan kabel merah( positif) ke halte positif aki.

Bila dicoba dengan benar, multimeter hendak menampilkan besarnya tegangan aki. Yakinkan kondisinya 12 volt, bila kurang hingga aki butuh dicas.

5. Mengecek Keadaan Dinamo

Dinamo starter itu sendiri cenderung awet, bagian yang malah kerap bermasalah merupakan carbon brush ataupun arangnya. Coba saja cek kondisinya apakah telah aus ataupun masih lumayan baik. Jika telah aus pemecahan salah satunya ubah dengan yang baru.

Tetapi bila nyatanya kumparannya hadapi putus hingga metode termudah memperbaikinya merupakan membawanya ke tempat service dinamo.

Dari sekian metode mengecek pemicu starter motor tidak berperan mudah- mudahan saja Otomotif-smkn1skl menemukan jawaban buat sepeda motornya.

Post a Comment for "Apa penyebab starter motor tidak berfungsi pada sepeda motor"