Ulasan 4 Penyebab Kopling Mobil Bunyi Krek

Kopling Mobil Bunyi Krek - Kopling mobil kadang bunyi krek saat diinjak dan langkah menanganinya. Bunyi krek pada kopling mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu apa saja penyebab kopling mobil bunyi krek?

Untuk memindahkan gigi persneling pasti harus menekan pedal kopling. Kebanyakan bunyi kopling akan ada dan membuat kita jadi sedikit tergganggu dan tidak nyaman saat berkendara.

Tetapi demikian perlu dikenang jika konstruksi kopling yang berada di mobil berbeda, karena itu langkah di bawah belum pasti dapat untuk menangani keluh kesah kopling mobil bunyi krek yang sekarang ini anda alami. Untuk lebih jelasnya terkait kopling mobil bunyi krek akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Ulasan 4 Penyebab Kopling Mobil Bunyi Krek

Kopling Mobil Bunyi Krek

1. Release fork dengan pivot kering / aus

Yang pertama, penyebab kopling mobil bunyi krek adalah pivot kering atau aus. Saat pedal kopling diinjak akan ada bunyi "krek - krek" pada bagian bawah mobil pas pada bagian dalam kopling pada box transmisi. Bunyi ini akan ada seirima dengan pergerakan yang terjadi pada pedal kopling. Bila pedal kopling tidak di pijak karena itu bunyi tidak ada.

Hal biasa yang kerap dijumpai jadi pemicu kopling mobil bunyi saat diinjak semacam ini ialah karena persinggungan di antara release fork (shift fork) dengan pivot pada transmisi yang telah aus / kering.

Pivot ini digunakan sebagai sandaran saat release fork bekerja untuk tekan kopling. Saat status persinggungan pivot dengan release fork berkarat atau aus, karena itu bunyi "krek-krek" sering ada. Perihal ini pula yang mengakibatkan kopling mobil bunyi saat di pijak.

Langkah menanganinya

Karena terletak ada di dalam box kopling dan cukup susah untuk mencapainya, langkah paling mudah untuk menangani kopling bunyi saat di pijak karena pivot aus dengan menyemprotkan cairan anti karat pada status persinggungan di antara pivot dengan release fork. Lihat misalnya seperti gambar di bawah berikut

Di bawah ini beberapa langkah mengatas kopling bunyi :

  • Membuka karet boot penutup debu yang melekat pada release fork
  • Lihat segi belakang release fork yang ada pivotnya
  • Semprotkan cairan anti karat ke status itu
  • Pijak dan terlepas pedal kopling berulang-kali sampai bunyinya raib.
  • Ulang cara di atas sampai bunyi raib.

2. Antara push rod dengan release fork kering / aus

Penyebab kopling mobil bunyi krek yang selanjutnya ialah karena persinggungan di antara push rod dari power clutch (master kopling bawah) dengan release fork telah aus atau berkarat.

Bunyi yang ada karena persinggungan di antara push rod dengan release fork kering ini serupa dengan bunyi yang diakibatkan karena pivot aus, yakni "krek-krek" saat kopling di pijak.

Pada tempat itu umum terjadi karat / aus yang mengakibatkan timbulnya bunyi saat kopling diinjak.

Langkah menanganinya

Terletak yang lumayan gampang, anda langsung bisa menyemprotkan cairan anti karat pada tempat itu selanjutnya kocok pedal kopling supaya cairan anti karat memulasi semua sisi itu sampai bunyi lenyap.

Disamping itu anda bisa juga memakai grease chassis untk memulasi tempat itu supaya bunyi dapat raib.

3. Ikatan di antara Master kopling atas dengan pedal kopling

Selain itu penyebab kopling mobil bunyi krek bisa juga terjadi pada ikatan di antara master kopling atas dengan pedal kopling. Ikatan ini umumnya munculkan bunyi krek dan sedikit berdecit. Bunyi ini akan ada dan kedengar lebih keras saat Anda ada dalam kabin.

Pemicu timbulnya bunyi seringkali disebabkan karena Pin penyambung di antara tangkai penggerak master kopling dengan pedal kopling mulai aus. Ausnya lubang penyambung mengakibatkan status pin telah tak lagi prima hingga bisa memunculkan bunyi saat kopling mobil di pijak

Untuk menangani permasalahan ini biasanya dapat dituntaskan dengan memberi pelumas (grease) pada pin dan lubang penyambung. Bila bunyi pada tempat tersebut ada karena itu menukar part yang hancur ialah jalan keluar paling akhir yang dapat dilaksanakan.

4. Release Bearing telah oblak dan aus

Yang terakhir penyebab kopling mobil bunyi krek ialah release bearing telah aus dan oblak. Untuk release bearing yang aus dan oblak, akan memunculkan bunyi "kreerr" yang panjang dan getarannya berasa sampai ke pedal kopling.

Release bearing akan tekan spring pada Clutch cover yang saat mesin hidup akan turut berputar-putar mengikut perputaran mesin. Ketika release bearing yang aus dan oblak itu mulai tekan spring, karena itu bearing akan turut berputar-putar hingga memunculkan bunyi itu.

Untuk menangani maslah kopling mobil bunyi karena release bearing yang aus dan oblak ini dengan menukar release beraing itu sama yang baru.

Dan untuk pengantiannya harus dituruti dengan turunkan transmisi dari mesin. Maknanya, anda perlu ke bengkel untuk tangani kopling yang mengeluarkan bunyi "kreerr" karena release bearing aus dan oblak.

Uraian ini merupakan ulasan terkait penyebab kopling mobil bunyi krek. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

LihatTutupKomentar