-->

Penyebab Koil Mati : 5 Faktor & Cara Memperbaikinya

Penyebab Koil Mati - Dalam menjalankan fungsinya, koil juga bisa rusak atau mati. Penyebab koil mati ini bisa berbagai macam. Lalu apa saja penyebab koil mati?

Koil ialah elemen pada mekanisme pengapian mobil yang perannya menghidupkan tegangan tinggi hingga terbentuk recikan bunga api pada busi.

Bunga api busi ini benar-benar diperlukan mesin untuk mengawali proses pembakaran bahan bakar. Umumnya, jika koil mati atau hancur, mobil akan brebet atau bahkan sampai mati keseluruhan.

Biasanya, penyebab koil mati ialah gulungan koil primer dan sekundernya putus. Juga bisa igniter-nya hancur. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab koil mati dan cara memperbaiki koil rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Penyebab Koil Mati

1. Busi telah hancur dan mati

Hal pertama sebagai penyebab koil mobil rusak atau mati ialah businya sudah mati. Bukanlah ditukar, busi mati ini malah tetap digunakan.

Akhirnya, koil akan turut mati dan hancur. Walau sebenarnya, jika busi telah mati, saluran tegangan tinggi yang semestinya keluar dari elemen itu akan terhalang dan ketahan dalam koil sekunder.

Efek-efek yang diakibatkan dari keadaan itu ialah arus listrik akan cari titik paling lemah dari perlindungan koil hingga membuat bocor.

Kebocoran ini terus akan merambat sampai ke kabel busi dan penutupnya. Lantas, tegangan tinggi yang ketahan dalam gulungan koil sekunder akan memunculkan panas didalamnya dan mengakibatkan koil mati.

2. Kabel busi bocor

Pada kabel busi, ada insulator memiliki bahan karet yang makin lama akan ringkih atau getas karena biasanya terkena panas mesin terus-terusan.

Di bagian yang telah ringkih ini, arus dan tegangan tinggi yang semestinya memercik justru keluar dari tubuh kabel busi.

Akhirnya, terjadi kebocoran sebagai penyebab koil mobil hancur. Anda harus memerhatikan perawatan mobil supaya ini tidak gampang terjadi.

3. Pemakaian busi yang tidak sesuai dengan detail kendaraan

Berlainan mesin kendaraan, karena itu berlainan juga detail busi yang diperlukan. Ada mesin yang memerlukan busi dengan resistan didalamnya (code R pada busi), mesin dengan busi tanpa resistan, dan ada pula mesin dengan keperluan busi tipe platinum atau iridium.

Saat Anda menukar busi mobil, sebaiknya memerhatikan detailnya supaya elemen yang dimasukkan pada mesin sama sesuai keperluan.

Karena, bila tidak sesuai dengan, karena itu recikan api yang dibuat akan terlampau kecil atau bahkan juga tidak bisa memercikkan api. Ujungnya, kerja koil akan makin berat sampai beresiko hancur.

4. Umur gunakan koil telah lama

Penyebab koil mobil hancur bisa saja karena umur memakainya telah melalui. Koil ialah elemen elektrikal mobil yang punyai umur gunakan cuman sampai lima tahun.

Sesudahnya, koil mulai akan memperlihatkan tanda-tanda pengurangan peranan seperti koil jadi membesar, insulator penutup mulai ringkih, dan muncul kebocoran.

Kerusakan-kerusakan ‘kecil' beginilah yang membuat koil semakin cepat hancur . Maka, sebaiknya Anda check mobil kecintaan kalau sudah melalui lima tahun penggunaan.

5. Kualitas koil buruk

Saat Anda memilih untuk menukar koil yang telah hancur dengan elemen baru, yakinkan kwalitasnya betul-betul terbaik.

Karena, jika kualitas elemen alternatif koil lama tidak sebaik yang awalnya (asli bawaan mobil dari pabrik), karena itu hal itu akan memunculkan permasalahan.

Koil yang kurang berkualitas umumnya akan mudah hancur dan mati. Ya, kira saja seperti barang KW yang umur memakainya lebih pendek dibanding barang asli.

Oleh karenanya, bila Anda menukar koil, yakinkan cuman memakai Orisinal Equipment Manufacturer (OEM) atau suku cadang asli pabrikasi mobil.

Cara Memperbaiki Koil Rusak

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak memanglah tidak gampang dan dapat berefek. Apabila koil mobil telah rusak, karena itu mekanisme pengapian mobil tidak dapat jalan prima. Cara memperbaiki koil mobil yang rusak yaitu:

Sebagai salah satunya sisi dari mekanisme kerja pengapian mesin, terhitung dengan busi dan tensioner, koil memiliki peran penting. Kalaulah ada kerusakan, bukan hanya dapat disebabkan karena satu perihal saja, tetapi ada faktor-faktor simpatisan. Untuk lebih detilnya, baca penuturannya berikut ini.

penyebab koil mati

1. Koil Rusak Karena Panas

Koil yang berada di mekanisme kerja pengapian mesin akan kerap terserang panas. Itu ialah satu hal lumrah. Tetapi saat koil telah sering terserang panas yang terlampau tinggi, karena itu tinggal menanti waktu saja jadi hancur. Bunga api tidak ada dari busi atau koil jadi mati saat mesin telah panas.

Jika sudah ini, karena itu harus Anda harus mengkompres koil memakai lap basah. Cara ini dapat disebut termudah untuk dilaksanakan dan terhitung sebagai pengatasan sebentar. Tetapi kemudian, seharusnya selekasnya check mobil dengan lakukan service.

2. Koil Rusak Karena Listrik Bocor

Dalam koil ada saluran listrik yang merupakan hal lumrah. Tetapi saat listrik jadi bocor, karena itu Anda harus cari tahu darimanakah sumbernya. Mobil bensin yang mempunyai mekanisme karburator dengan kabel busi panjang dapat alami permasalahan ini.

Kabel busi dapat terputus hingga membuat api loncat dari koil ke arah bodi koil. Kenapa dapat demikian? Argumen intinya ialah listrik tegangan tinggi yang dari koil cari jalan pintas ke massa.

Cara lain untuk memperbaiki permasalahan ini ialah tutup sisi yang bocor dengan lakukan isolasi memakai lem. Pasti lem ini harus yang kuat. Anda dapat gunakan lem besi atau plastic steel.

Dengan memakai lem itu, karena itu sanggup merintangi listrik tegangan tinggi melonjak ke koil. Anda bisa juga menukar koil atau kabel cup businya bila kerusakannya telah terhitung kronis. Yakinkan check busi mobil Anda lebih dulu dan yakinkan tidak ada permasalahan dengan busi.

​​​​​​​3. Koil Rusak Karena Tidak Keluar Api di Busi

Koil yang rusak atau mati karena tidak api di busi umum terjadi. Permasalahan ini karena contact penyambung di antara kabel busi dengan koil mempunyai kerak. Dengan munculnya kerak ini, maka merintangi saluran listrik koil ke arah busi. Pada akhirnya api tidak keluar pada busi.

Jika sudah ini, seharusnya Anda selekasnya menukar koil selekasnya. Apa lagi bila keadaannya retak. Lebih bagus jauhi penggunaan koil yang telah retak sampai tidak sanggup bekerja dengan maksimal. Dibanding Anda memperoleh permasalahan pada mobil saat dipakai.

Uraian ini merupakan ulasan terkait penyebab koil mati atau rusak dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

0 Response to "Penyebab Koil Mati : 5 Faktor & Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel