Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 5 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi 100%

Ini 5 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi 100%
Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi

Bintan, autominilab -- Cara Ampuh Menghemat Baterai HP anda Sebagian dari pengguna HP Samsung mengeluhkan mengenai baterai HP yang cepat habis. Terkhusus bagi para pengguna yang menggunakan HP Samsung dengan kapasitas baterai yang minim. Tentunya, baterai HP anda yang boros sangat membuat tidak nyaman. Apalagi jika sedang bepergian dimana HP selalu dibutuhkan untuk melakukan kontak komunikasi.

Waau pada dasarnya masalah ini sudah banyak solusi cara mengatasi dengan mudah dengan membawa powerbank apabila bepergian. Akan tetapi tetap saja akan lebih praktis apabila baterai HP lebih awet sehingga tidak perlu membawa kabel charger dan power bank. Oke, apakah kamu salah satu pengguna HP Samsung yang merasa bahwa baterai HP mu boros atau cepat habis? Jika anda salah satunya, yuk simak tutorial di bawah ini untuk mengatasinya.

Ini 5 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi 100%

Adapun Daftar Isi dari pembahasan artikel 5 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi 100% ini adalah meliputi : 1. Setting Kurangi Cahaya Layar, 2. Setting Screen Timeout, 3. Matikan Fitur Samsung Briefing, 4. Matikan Fitur yang Sedang Tidak Digunakan, 5. Aktifkan Power Saving Mode. Silahkan simak dibawah ini untuk selengkapnya.

1. Setting Kurangi Cahaya Layar

Pertama layar pada HP Samsung kini memang terbilang sebagai layar yang cukup bagus mengingat telah memiliki resolusi yang cukup besar, seperti QHD. Pada gadget HP Samsung ini, tentunya anda dapat melakukan pengaturan kecerahan dari layar HP mu tersebut. Buat pencahayaan lebih redup.

Dalam mengurangi kecerahan layar, tentu saja Anda juga perlu menyesuaikan tempat di mana Anda menggunakan ponsel Samsung Anda. Jika Anda berada di dalam ruangan, maka jangan terlalu cerah. Dan jika Anda berada di luar ruangan, maka Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar ponsel Samsung Mu agar lebih cerah atau setidaknya sampai Anda dapat melihat menu - menu yang ditampilkan di layar ponsel Anda.

2. Setting Screen Timeout

Cara kedua untuk menghemat baterai HP Samsung dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi adalah dengan mengatur screen timeout lebih cepat. Bagi anda yang belum mengetahui hal ini, screen timeout ini merupakan fitur untuk mematikan lampu layar secara otomatis. Sehingga layar akan mati dengan sendirinya dan otomatis terkunci pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk pergi kepengaturan ini, silahkan ikuti langkah dibawah ini :

a. Pergi ke menu Settings

b. Scroll ke bawah dan pilih pada menu Display

c. Pilih Screen timeout

d. Atur waktu screen timeoutnya menjadi lebih rendah, contohnya 15 detik

3. Silahkan Matikan Fitur Samsung Briefing

Terdapat Fitur Samsung Briefing merupakan fitur yang berfungsi untuk membaca berita terbaru secara langsung melalui beranda. Untuk dapat mengggunakan fitur ini kamu cukup mengusap layar ke kanan, maka briefing pun akan muncul.

Dengan fitur ini sendiri sangat bermanfaat jika kamu ingin atau hobi membaca berita melalui layar HP. Akan tetapi, juga berdampak pada bateraimu yang lebih boros.

Oke, cara untuk mematikan fitur ini, anda cukup menekan dan menahan tombol beranda beberapa detik. Lalu geser ke kanan dan hilangkan centang pada pengaturan briefing.

4. Coba Matikan Fitur yang Sedang Tidak Digunakan

Cara keempat berikutnya untuk menghemat HP Samsung mu adalah dengan mematikan beberapa fitur dari aplikasi bawaan ataupun aplikasi install yang sedang tidak kamu gunakan. Contohnya adalah matikan Data Internet, GPS, WiFi, hingga Bluetooth. Cara ini akan mengurangi beban RAM mematikan fitur – fitur yang sedang tidak digunakan, maka secara otomatis kamu juga akan mengurangi kerja yang ada pada HP mu, dengan hal ini akan membuat baterai HP mu menjadi lebih hemat.

Untuk mematikan berbagai fitur lainnya yang sedang tidak kamu gunakan tersebut, kamu tinggal menyesuaikan dengan fitur aplikasi mana yang ingin anda matikan. Misalnya, apabila kamu ingin mematikan WiFi, maka kamu bisa pergi ke menu Settings atau cukup menekan ikon WiFi di status bar HP mu.

5. Coba Aktifkan Power Saving Mode

Langkah ini seperti namanya, fitur ini bermanfaat untuk menghemat (saving) baterai HP Samsung mu. Jika anda menggunakan fitur ini, maka dapat menjaga HP Samsung mu terjaga selama berjam – jam lamanya. Penggunaan fitur ini sendiri bekerja dengan meminimalisir penggunaan CPU, dan mengurangi timeout pada layar & kecerahan layar, juga menonaktifkan lampu tombol sentuh, dan menurunkan frame rate.

Karena banyaknya fitur lain yang diminimalisir penggunaannya, maka dengan fitur ini baterai HP Samsung mu dapat menjadi lebih irit. Sehingga anda bisa lebih lama beraktivitas diluar tanpa mencari colokan listrik.

Demikian uraian artikel Ini 5 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung anda, Tanpa Aplikasi 100%.