-->

Fungsi Pedal Kopling Dan Cara Kerja

Cara Kerja Pedal Kopling - Dalam mekanisme kopling ada bermacam elemen diantaranya yakni pedal kopling. Elemen ini mempunyai peran dan fungsi yang penting. Lantas apa sesungguhnya fungsi pedal kopling?

Mekanisme pemindah tenaga berperan untuk mengalihkan tenaga dari mesin ke sisi roda kendaraan. Kopling sendiri pada mekanisme pemindah tenaga berperan untuk menyambungkan dan putuskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Mekanisme kopling terbagi dalam beberapa elemen. Beberapa komponen itu bergantung pada tipe proses pendorong koplingnya, apa proses pendorong teknisi atau hidrolik. Tetapi, pada umumnya beberapa komponen kopling terbagi dalam pedal kopling,

Pedal kopling diperlukan pada kendaraan karena status kopling dan ruangan setir yang cukup jauh. Oleh karenanya diperlukan penyambung di antara ke-2 nya.

Tanpa pedal kopling pasti kendaraan tidak bisa bekerja seperti mestinya. Disamping itu sopir akan kesusahan saat memindahkan gigi. Untuk memperjelasnya berkaitan fungsi pedal kopling, dan cara kerjanya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.
Fungsi Pedal Kopling Dan Cara Kerja

Fungsi Pedal Kopling

Pada Pedal kopling di mana berada di samping kiri dan diinjak memakai kaki kiri dengan bertahap, yang berperan untuk :

1. Mengendalikan jarak kopling dengan flywheel atau roda edan

Fungsi pertama dari pedal kopling adalah untuk mengendalikan kinerja dari kopling. Pedal kopling ini digunakan pengemudi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kerja dari sistem kopling.

2. Untuk melanjutkan atau putuskan saluran mesin ke sistem pendorong

Jarak sistem kopling dengan ruang kemudi yang cukup jauh maka dibutuhkan penghubung antara keduanya. Hal ini bertujuan agar pengemudi tidak kesulitan ketika mengkopling kendaraan. Oleh karena itu terdapat pedal kopling yang berfungsi untuk menghubungkan keduanya.
 
Disamping itu pedal kopling mempunyai perawatan khusus supaya mobil anda dapat bekerja dengan optimal.

Selainnya ada perawatan karena itu pedal kopling harus juga anda membersihkan supaya anda mengendari kendaraan berasa nyaman dan aman.

Cara Kerja Pedal Kopling

Cara kerja pedal kopling ini berada di bagian pedal yang paling kiri dan berperan untuk menyambungkan dan putuskan tenaga putar dari mesin ke transmisi.

Saat pedal kopling di pencet oleh pengendara karena itu jalinan di antara mesin dan transmisi akan terputus atau dalam kata lain tenaga dari mesin tidak dilanjutkan ke transmisi. Sedang saat pedal kopling tidak di pencet oleh pengendara karena itu kopling akan melanjutkan tenaga dari mesin ke transmisi.

Uraian ini merupakan pembahasan berkaitan fungsi pedal kopling dan cara kerjanya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

0 Response to "Fungsi Pedal Kopling Dan Cara Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel