Berikut Ciri Ciri Magnet Motor Rusak : 3 Ciri Dan Penyebabnya

Magnet Sepeda Motor Rusak - Pada sistem pengisian sepeda motor terdapat komponen yang bernama magnet atau spull. Magnet motor ini terkadang mengalami kerusakan. Lalu apa saja ciri ciri magnet motor rusak?

Lampu motor redup bisa saja beberapa ciri magnet motor kurang kuat. Disamping itu, ada banyak ciri yang lain yang kamu perlu kenali. Saat sebelum membahas masalah persoalan ini lebih jauh, sebaiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu buat alternator atau magnet.

Apakah itu magnet motor? Secara penampilan, elemen ini berupa seperti kumparan. Alternator atau magnet dibikin dengan benar-benar cermat. Karena, jumlah belitan kawat tembaga yang ada di elemen itu, benar-benar punya pengaruh pada kecil besarnya induksi yang dibuat.

Hal itu memengaruhi kecil besarnya tegangan dan kuat dan kurang kuatnya medan magnet yang dibuat yang bakal memengaruhi kecil besarnya daya listrik yang dibuat.

Dengan singkat, magnet pada sepeda motor bekerja sebagai pembangkit tenaga listrik yang seterusnya diteruskan ke aki atau akumulator. Di mana seterusnya daya listrik dari aki akan dihantarkan kembali untuk sumber daya kelistrikan untuk hidupkan lampu, klakson dan starter sepeda motor.

Dengan ini, kamu pasti tahu begitu keutamaan alternator atau magnet pada motor yang betul-betul memerlukan kelistrikan yang sehat sebagai energinya.

Ada banyak ciri yang dapat dijumpai atau dirasa saat magnet motor kamu kurang kuat atau rusak. Untuk lebih jelasnya terkait ciri magnet motor rusak diantaranya yaitu:

Berikut Ciri Ciri Magnet Motor Rusak : 3 Ciri Dan Penyebabnya

Ciri Ciri Magnet Motor Rusak

1. Aki Tekor

Aki seolah tekor itu beberapa ciri magnet motor kurang kuat beberapa ciri magnet motor rusak. Sebenarnya, saat daya yang dihantarkan oleh aki motor tidak normal bahkan juga tidak dapat memberi daya listrik kembali, hal ini bukanlah memiliki arti aki itu tekor atau turun.

Jika aki tidak memiliki masalah, persoalan dapat karena magnet motor yang tidak bekerja dengan optimal atau bahkan juga telah rusak.

Maka saat aki seolah tidak optimal kembali memberikan daya listrik. Sebenarnya, aki bukan telah rusak, bisa saja magnet yang memiliki masalah.

Pengujian dapat dillakukan dengan memeriksa voltase dari aki. Disamping itu, elemen magnet bisa juga dilaksanakan pengujian. Bila kelihatan ada yang hangus pada kumparan magnet, bisa saja elemen itu mulai rusak.

2. Lampu Redup Sampai Mesin Motor Tidak Dapat Diaktifkan

Ada ketidaksamaan beberapa ciri magnet bermasalahh di antara motor dengan karburator dan injeksi. Beberapa ciri magnet motor kurang kuat untuk yang memakai pengabutan bahan bakar karburator, berlainan dengan full injeksi.

Beberapa ciri magnet kurang kuat dapat dijumpai dengan kelistrikan motor yang turut kurang kuat. Seperti, lampu yang redup, klakson yang tidak bernada keras sampai elektrik starter yang tidak dapat dipakai hidupkan motor kembali.

Meskipun begitu, mesin motor bisa dinyalakan dengan memakai kick starter atau didorong pada keadaan masuk gigi. Tapi, power motor akan terasa kurang kuat tidak seperti saat keadaan magnet masih normal.

Sementara pada motor EFI tidak dapat dinyalakan. Bahkan juga semua elemen yang memerlukan kelistrikan tidak dapat dinyalakan.

Ini karena, pada motor dengan full injection benar-benar memerlukan mekanisme kelistrikan yang sehat sumber daya kelistrikan betul-betul dari aki. Nach, akki memperoleh supply listrik dari magnet atau alternator.

Jika motor injeksi kelistrikan penting sekali, dimulai dari ECU, starter, lampu sampai klakson semua diambil dari aki. Jika magnet kurang kuat, karena itu daya aki tidak berisi terus kosong. Hasilnya, motor tidak dapat dinyalain. Semuanya yang perlu daya listrik akan mati karena aki energinya telah habis, karena magnet telah tidak ngisi ke aki kembali.

3. Kumparan Kelihatan Hangus

Bila magnet kelihatan hangus memiliki arti magnet memiliki masalah. Selainnya tanda-tanda yang disebut sebelumnya, kamu bisa juga melhat langsung keadaan alternator atau sepul itu. Beberapa ciri magnet motor kurang kuat atau memiliki masalah, pada kumparan kelihatan hangus atau ada belitan yang putus.

Magnet motor dapat hangus disebabkan karena beban kelistrikan yang terlampau berat. Pemakaian aksesori motor terlalu berlebih yang memakai daya listrik, bisa saja pemicu magnet motor jadi terbakar.

Penyebab Magnet Motor Rusak

Magnet motor sebagai barang elektronik mudah terjadi kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Setelah mengetahui berbagai ciri magnet motor rusak diatas maka perlu diketahui pula penyebab magnet motor yang rusak diantaranya yaitu:

  1. Sebagai barang electronic, air yang masuk ke elemen magnet dapat menyebabkan kerusakan.
  2. Terjadi konsleting karena penggunaan soket yang telah aus, hingga muncul jalinan singkat
  3. Panas berlebihan pada dinamo.
  4. Umur penggunaan punya pengaruh.

Uraian ini adalah ulasan terkait ciri ciri magnet motor rusak dan penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

LihatTutupKomentar