Apa Penyebab Kerusakan Kopling Berikut Perawatannya

Apa Penyebab Kerusakan Kopling Berikut Perawatannya - Untuk dapat bekerja dengan baik, maka kopling perlu dilakukan perawatan. Hal ini bertujuan agar kopling dapat bekerja secara maksimal. Lalu bagaimana cara perawatan kopling?

Proses kopling pada mobil bertansmisi manual ada di antara mesin dan transmisi. Peran dari kopling itu untuk putuskan dan menyambungkan tenaga mesin ke roda melalui transmisi.

Sebenarnya tidak ada hal khusus dalam hal jaga kopling mobil atau perawatan pada kopling mobil, terutamanya untuk beberapa mobil baru yang belum genap 100.000 km tempuh kendaraan.

Karena biasanya pada km tempuh itu mekanisme kopling masih bagus. Tapi bukan memiliki makna Kopling dalam jarak tempuh di bawah 100.000km masih bagus. Karena cara kita berkendara atau medan yang sering kita lalui dapat mempengaruhi usia kopling.

Semua kopling pada kendaraan berpotensi mengalami keuasan meskipun dalam jangka pemakaian yang lama. Supaya kondisinya masih prima sampai usia maksimal, Anda harus tahu cara jaga kopling yang benar. Jika tidak dikasih perhatian serius, bisa-bisa tenaga mobil untuk melaju jadi kurang kuat. Setiap waktu kopling dapat slip sampai menyebabkan mobil jadi stop.

Biaya penggantian atau penyempurnaan kopling sendiri terhitung cukup mahal tergantung dari seberapa banyak part yang penting diganti dan separah apa tingkat kerusakannya. Oleh karena itu kita harus ketahui cara perawatan kopling yang bakal dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

Apa Penyebab Kerusakan Kopling Berikut Perawatannya

Cara Perawatan Kopling

Cara Perawatan mekanisme kopling sudah tentu memiliki arah agar kita tidak direpotkan oleh persoalan kopling. Berikut cara perawatan kopling pada mobil supaya masih bekerja optimal:

  1. Cek kebocoran minyak kopling, terutamanya cek master kopling bawah dari kebocoran minyak kopling karena beban berat tertumpu pada master kopling bawah saat kita injak pedal kopling.
  2. Cek setel pedal kopling ini terutamanya untuk mobil dengan tali kopling.
  3. Saat terlihat oli bocor dari ikatan mesin dan transmisi, sesegera ganti seal crankshaft belakang karena jika oli bocor didiamkan jadi penyebab kopling selip oleh oli. Tonton Oli Bocor Dari Seal Kruk As Mesin.
  4. Cek penekanan pedal kopling saat servis, saat kaki mulai terasa pegal karena kopling berat.

Hal Yang Tidak Bisa Dilaksanakan Pada Kopling

Mekanisme kopling pada mobil bertansmisi manual ada di antara mesin dan transmisi dan peran kopling itu untuk putuskan dan menyambungkan tenaga mesin ke roda melalui transmisi.

Berikut beberapa point khusus tutorial perawatan kopling bermanfaat, supaya kopling mobil lebih awet dan tahan lama dan beberapa hal sebagai penyebab persoalan pada kopling.

1. Tidak boleh Menempatkan Kaki Pada Pedal Kopling

Saat mengemudi karena itu tidak boleh tempatkan kaki pada pedal kopling secara terus menerus. Karena bila mobil sedang jalan tapi kita masih tempatkan kaki pada pedal kopling dalam waktu yang lama ini akan punya pengaruh pada cepat berjalannya keausan plat matahari kopling dan clutch cover. Bahkan juga dapat mempercepat kerusakan pada release bearing. Cara ini baik sebagai cara perawatan kopling.

2. Tidak boleh Memakai 1/2 Kopling

kondisi jalan yang macet akan membuat kita sering capai pedal kopling. Tapi bagaimana jika macet yang terjadi dijalan naik? Saat jalan bersama di tanjakan atau berbaris di jalan yang naik adalah hal bijak bukan untuk menahan mobil dengan 1/2 kopling tetapi kita bisa pakai hand rem atau rem tromol untuk menahan mobil agar tidak mundur kebelakang.

Apabila kita sering menggunakan 1/2 kopling untuk menahan kendaraan saat berbaris terutamanya di jalan yang naik akan punya pengaruh kampas kopling yang akan cepat tipis. Bukan itu saja usia kampas kopling dapat makin pendek. Permukaan pressure plate pada cover clutch dan permukaan roda gila akan lebih cepat terkikis apabila sering melakukan setengah kopling.

3. Tidak boleh Melepaskan Kopling Cara Kasar

Saat berkendara kerjakan bukan untuk melepas kopling dengan cara yang kasar. Tentunya hal ini dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada kopling.

Hal ini dapat menyebabkan kopling terasa bergetar saat terhubung. Disamping itu untuk kendaraan dengan beban berat tidak tutup kesempatan akan membuat putus plat-plat yang ada di kampas kopling.

4. Permasalahan Umum Pada Kopling

Terdapat berbagai hal yang sering terjadi pada kopling. Ini sangat diperlukan untuk merawat kopling agar dalam kondisi yang baik. Hal pertama ialah slip sampai mobil jadi kurang tenaga. Hal yang paling akut karena persoalan ini, tenaga dari mesin mobil tidak tersalur sampai bahan bakar jadi boros.

Persoalan kedua yang umum terjadi pada karena rusaknya koping ialah tuas gigi tidak bisa dipindahkan. Hal tersebut dapat terjadi akibat pelat kopling dan mesin yang tidak dapat terpisah, kabel kopling putus, dan silinder kopling yang bocor.

Sulitnya gerakkan tuas transmisi dapat karena oleh kopling yang rekat dengan mesin. Penyebab umum dari lengketnya kedua segi itu adalah karena mekanisme kopling yang ada lumpur atau air.

5. Saat Kopling Berbau Gosong

Tidak menjaga dan memerhatikan kopling, akan membuat aus. Jika sudah mentok, kopling setiap waktu bisa mengeluarkan aroma seperti benda yang terbakar. Bila Anda rasakan ini saat berkendara, anda sebaiknya tepikan mobil untuk sekarang ini untuk keamanan Anda.

Bau gosong ini disebabkan oleh kamplas kopling yang gosong karena panas bergesekan dengan pressure plate. Kampas kopling akan kembali ke temperatur normal agar dapat berperanan dengan normal kembali.

Uraian dan pembahasan berkaitan cara perawatan kopling pada mobil dan hal yang jangan dilaksanakan pada mekanisme kopling supaya tahan lama. Mudah-mudahan menambahkan wacana pengetahuan.

Sumber: sekolahkami.com

LihatTutupKomentar