Bagian TERKECIL dari suatu materi yang masih memiliki SIFAT MATERI tersebut disebut

Bagian TERKECIL dari suatu materi yang masih memiliki SIFAT MATERI tersebut disebut

Pada kali ini ada sebuah pertanyaan yang sulit ditebak dan dijawab oleh beberapa siswa. Dimana pertanyaan tersebut adalah bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut?
Alasan ini yang membuat kami tim otomotif-smkn1skl setuju untuk mengangkat materi ini menjadi artikel kali ini. Semua tim penulis dan editor berusaha memberikan kontribusi pada pembahasannya. Yuk, simak!

Bagian terkecil dari suatu materi disebut?

Kami contohkan ada sebutir pasir yang tersusun dari silika bermassa 20 mg. Jika sebutir pasir tersebut kita belah menjadi dua, maka akan diperoleh dua butir pasir yang masing-masing bermassa 10 mg. Kemudian, jika kedua butir pasir tersebut dibelah menjadi dua lagi, maka akan diperoleh 4 butir pasir, dengan masing-masing butir bermassa 5 mg. Nah, jika butir pasir itu kita belah terus menerus, maka akan diperoleh sebuah butiran pasir yang sangat kecil. Tapi, masih tersusun dari materi yang sama, yaitu silika.

Partikel materi disebut bagian terkecil dari suatu materi . Contohnya, kayak kasus di atas, nih. Ketika sebutir pasir silika dibelah hingga diperoleh bagian yang paling kecil tak kasat mata, bagian tersebut tetap tersusun dari silika juga.

Memiliki sifat materi

Jawaban kami atas pertanyaan bagian terkecil dari suatu materi yang masih mempunyai sifat materi itu sendiri dinamakan partikel materi (atom). Untuk melengkapi jawaban ini kami juga memberi   masing-masing satu (1) contoh nama partikelnya. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih mempunyai sifat materi tersebut dinamakan partikel materi.

Partikel materi terkecil ini adalah atom. Partikel atom bagian terkecil dari suatu unsur masih memiliki sifat sama dengan unsur tersebut.
Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut
Ruangguru

Jika kita lihat lebih dalam, atom dibentuk oleh 3 partikel yang lebih kecil lagi lagi yaitu, elektron, proton, dan neutron.
  1. Posisi Proton berada di inti atom
  2. Posisi Elektron berada di kulit atom
  3. Posisi Neutron berada di inti atom
Beberapa contoh atom beserta simbol atomnya antara lain :
Simbol Nama atom
Al Alumunium
Cl Klorida
S Sulfur
Na Natrium
Ca Kalsium

Bagaimana penjelasan kami diatas, cukup mudah dipahami. Baca terus pelajaran kimia untuk mengasah kemampuan kamu. Siapa tahu kelak nanti kama salah satu penemu baru. Sampai jumpa diartikel menarik lainnya.
LihatTutupKomentar