Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar

34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar
Source: Trend Fashion Terkini - 34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar

34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar - Selamat berjumpa kembali sahabat Tefi, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel ini.

Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan kategori Pakaian Adat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel 34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Tefi, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan.

Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah pakaian adat. Selamat menambah wawasan.

1. Ulee Balang - Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Ulee Balang - Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Source: goodnewsfromindonesia.id

Pakaian adat Indonesia paling terkenal dari Naggroe Aceh Darussalam adalah ulee balang. Pakaian adat Ulee Balang awalnya hanya dipakai oleh keluarga raja, sekarang pakaian adat tersebut menjadi pakaian adat Aceh dan dipakai untuk upacara adat. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), nama pakaian adat Aceh dikenal dengan Ulee Balang. Di mana baju adat Nanggroe Aceh Darussalam untuk laki laki sering dikenal dengan sebutan baju Linto Baro, sedangkan untuk perempuan dinamakan daro baro.

2. Bundo Kanduang - Provinsi Sumatera Barat

Bundo Kanduang - Provinsi Sumatera Barat
pakaian adat bundo kanduang mediaharapan.com

Bundo kanduang merupakan pakaian adat dari provinsi Sumatera Barat. Busana tradisional yang memiliki warna mencolok ini dipengaruhi oleh budaya Melayu, Arab, dan Cina. Pakaian Bundo Kanduang atau disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Pakaian Bundo Kanduang adalah pakaian adat Minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah. Dikutip dari situs Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pakaian adat tersebut merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

3. Ulos - Provinsi Sumatera Utara

Ulos - Provinsi Sumatera Utara
Pakaian adat kain ulos mimpibaru.com

Pakaian adat Sumatera Utara terbuat dari kain ulos yang memiliki warna cerah dan terbuat dari sutra. Di pakaian adat, umumnya ulos akan dijadikan sebagai selempang baju. Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatra Utara. Dari bahasa asalnya, ulos berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang, yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin.

Warna dominan pada ulos adalah merah, hitam, dan putih yang dihiasi oleh ragam tenunan dari benang emas atau perak. Mulanya ulos dikenakan di dalam bentuk selendang atau sarung saja, kerap digunakan pada perhelatan resmi atau upacara adat Batak, tetapi kini banyak dijumpai di dalam bentuk produk suvenir, sarung bantal, ikat pinggang, tas, pakaian, alas meja, dasi, dompet, dan gorden.

Ulos juga kadang-kadang diberikan kepada sang ibu yang sedang mengandung supaya mempermudah lahirnya sang bayi ke dunia dan untuk melindungi ibu dari segala mara bahaya yang mengancam saat proses persalinan.

4. Aesan Gede - Provinsi Sumatera Selatan

Aesan Gede - Provinsi Sumatera Selatan
Aesan gede : thebridedept.com

Aesan gede merupakan baju daerah Sumatera Selatan yang sering digunakan ketika acara pernikahan.Aesan Gede adalah pakaian adat masyarakat Sumatra Selatan yang biasa dipergunakan dalam upacara pernikahan. Penamaan aesan gede berkaitan dengan julukan Sumatra sebagai swarnadwipa atau pulau emas.

Indikasinya terlihat dari beberapa kelengkapan yang dikenakan, yaitu berupa perhiasan bercitrakan keemasan. Pakaian ini termasuk salah satu jenis kain songket yang dahulu sering dipergunakan para kaum bangsawan. Pakaian ini dikenakan pada upacara adat pernikahan karena melambangkan kebesaran orang yang mengenakannya.

Aesan gede dipakai pada acara munggah, yaitu salah satu puncak upacara adat pernikahan yang harus dijalankan oleh kedua mempelai. Unsur Hindu Budha sendiri terkandung pada pakaian adat aesan gede. Aesan gede berasal dari Kerajaan Sriwijaya yang menganut kepercayaan Hindu-Budha. Hal ini terbukti bahwa Bukit Siguntang di kawasan Bukit Kecil merupakan tempat pemujaan atau tempat beribadah umat Hindu-Budha pada saat itu. Pemakaian dodot pada aesan gede merupakan sebuah akulturasi dari Jawa dengan kepercayaan yang sama yaitu Hindu-Budha. Pakaian adat ini dikenal dengan Swarnadwipa atau Pulau Emas karena dihiasi oleh perhiasan emas.

5. Teluk Belanga - Kepulauan Riau

Teluk Belanga - Kepulauan Riau
Pakaian adat teluk belanga: shopee.com

Teluk belanga merupakan pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki di Kepulauan Riau. Teluk Belanga adalah pakaian adat Kepulauan Riau untuk pria yang berwarna polos. Teluk Belanga dipadukan dengan celana panjang yang sewarna dan sarung yang dipakai sebatas lutut yang berfungsi sebagai selendang.

Pakaian adat Kebaya Labuh memiliki bentuk dengan ciri khas yang khusus. Pakaian ini memiliki kebudayaan yang dekat dengan budaya Melayu.

6. Pakaian Adat Melayu - Provinsi Riau

Pakaian Adat Melayu - Provinsi Riau
Pakaian adat riau: bajuadat34propinsi.blogspot.com

Melayu merupakan suku yang paling banyak tinggal di provinsi Riau. Pakaian adat melayu Riau ini biasanya terbuat dari satin dan sutra. Warna dominan putih dan diberi hiasan keemasan membuat orang yang mengenakannya menjadi menawan.

7. Melayu Jambi - Provinsi Jambi

Melayu Jambi - Provinsi Jambi
Pakaian adat jambi: incung.blogspot.com

Pakaian dari provinsi Jambi ini terbuat dari kain beludru dan digunakan oleh perempuan dan laki-laki. Warna yang bervariasi membuat orang suka melihat pakaian ini. Selain itu, variasi dan aksesoris lain juga mudah disesuaikan untuk ini.

8. Pakaian Adat Paksian - Provinsi Bangka Belitung


Pakaian Adat Paksian - Provinsi Bangka Belitung
Pakaian adat paksian: instagram.com/@visitbangkabelitung_

Paksian merupakan busana adat dari Bangka Belitung dan umumnya berwarna merah atau ungu. Merah menjadi pilihan kebanyakan pengantin agar terlihat mewah dan menawan.

9. Melayu Bengkulu - Provinsi Sumatera Selatan


Melayu Bengkulu - Provinsi Sumatera Selatan
Melayu bengkulu: fharidafashion.blogspot.com

Pakaian adat dari provinsi Sumatera Selatan ini memiliki penutup dan hiasan kepala dengan corak yang indah. Jika dipandang secara sekilas, aksesorie pada bagian kepala berbeda dengan pakaian melayu lainnya.

10. Tulang Bawang - Provinsi Lampung


Tulang Bawang - Provinsi Lampung
Tulang bawang: yuksinau.id

Pakaian adat khas Lampung ini didominasi dengan kain berwarna putih dengan tutup kepala serta dipadukan dengan bawahan merah membuat indah. Pria akan menggunakan kain tapis sebagai tutup kepala, sedangkan perempuan akan menggunakan siger atau mahkota emas.

11. Pakaian Adat Pangsi - Banten

Pakaian Adat Pangsi - Banten
Pangsi: albantanipro.blogspot.com

Pangsi adalah setelan busana kemeja polos dengan celana longgar yang panjangnya tidak melebihi mata kaki. Anda akan terlihat seperti jawara saat mengenakanya. Pakaian ini umumnya digunakan oleh pria dan merupakan busana khas suku Betawi dan Sunda.

12. Pakaian Adat Betawi - DKI Jakarta


Pakaian Adat Betawi - DKI Jakarta
Pakaian adat betawi perpek.com

Ciri khas dari pakaian adat Betawi ini adalah kebaya yang warnanya terang bagi perempuan dan kain batik yang dililitkan di pinggang bagi laki-laki. Bagian bawah dari kebaya ini dibuat miring agar terlihat cantik sekali.

13. Kebaya Sunda - Provinsi Jawa Barat


Ulee Balang - Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
pakaian adat sunda: idewedding.com

Kebaya Sunda umumnya memiliki warna yang cerah seperti putih, merah marun, atau ungu. Baik yang dikenakan pria maupun wanita. Sementara itu pria Sunda menggunakan jas bahan beludru dengan sulam benang emas. Potongannya jauh lebih kebawah agar terkesan hormat.

14. Kesatrian Ageng - Daerah Istimewa Yogyakarta


Kesatrian Ageng - Daerah Istimewa Yogyakarta
kesatrian ageng: yuksinau.com

Kesatrian ageng adalah pakaian adat dari Yogyakarta yang terdiri dari jas laken, celana panjang, dan kain batik. Kesatrian Ageng ini merupakan pakaian adat yang digunakan oleh laki – laki pejabat keraton yang sedang bertugas.

Busana adat Yogyakarta ini terdiri dari kain batik yang dililitkan ke tubuh sampai bagian dada. Pakaian adat ini melambangkan sifat berani dan anggun.

15. Kebaya Jawa - Provinsi Jawa Tengah

Kebaya Jawa - Provinsi Jawa Tengah
pakaian adat jawa tengah: seringjalan.com

Kebaya Adat Jawa kini tak hanya dapat digunakan pada acara pernikahan saja. Kebaya Jawa didominasi oleh warna gelap seperti hitam dan cokelat dan dilengkapi dengan batik, jarik, surjan, dan keris sebagai aksesoris.

16. Pesa’an - Provinsi Jawa Timur

Pesa’an - Provinsi Jawa Timur
baju pesa'an: pulaumadura.com

Pesa'an adalah nama pakaian adat yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Sekilas anda akan melihatnya mirip dengan Betawi, namun berbeda.Pakaian ini mencerminkan karakter masyarakat Madura yang berani, tegas, dan kuat.


17. Safari dan Kebaya - Bali


Safari dan Kebaya - Bali
pakaian adat bali: indoindians.com

safari dan kebaya bali merupakan pakaian adat dari provinsi Bali untuk pria yang terdiri dari jas berlengan pendek dengan warna netral.

Sementara perempuan Bali menggunakan kebaya berwarna cerah dengan lilitan kain di pinggang sebagai pakaian daerah.


18. Pakaian Adat Suku Sasak - Nusa Tenggara Barat


Pakaian Adat Suku Sasak - Nusa Tenggara Barat
pakaian adat suku sasak: kabarntb.blogspot.com

pakaian adat suku sasak di pulau lombok untuk wanita disebut Lambung. Baju adat ini terbuat dari bahan satin dan sutra yang lembut dengan sentuhan kain tenun khas Sasak.


19. Pakaian Adat - Nusa Tenggara Timur


Pakaian Adat - Nusa Tenggara Timur
Nusa tenggara timur: rheregina.blogspot.com

Pakaian adat NTT dari suku Atoni atau Atoin Meto atau Dawan bernama baju Amarasi. Lelakinya memakai selimut tenun ikat dan baju dojo. Pakaian tersebut dilengkapi dengan beberapa perhiasan berupa kalung, ikat kepala berhias mutiara, gelang timor, dan muti salak. Ada banyak baju adat yang bisa kamu temukan di provinsi ini, seperti:

  • Baju adat suku Rote
  • Baju adat suku Sabu
  • Baju adat suku Helong
  • Baju adat suku Dawan

    20. King Bibinge dan King Baba - Provinsi Kalimantan Barat


    King Bibinge dan King Baba - Provinsi Kalimantan Barat
    king bibinge: idekunik.com

    Pakaian king baba dan king bibinge merupakan pakaian adat pria Kalimantan Barat, sedangkan king baba adalah pakaian adat perempuan Kalimantan Barat.


    21. Upak Nyamu - Provinsi Kalimantan Tengah


    Upak Nyamu - Provinsi Kalimantan Tengah
    upak nyamu: lalinessa.blogspot.com

    Pakaian adat upak nyamu kalimantan tengah ini bukan terbuat dari kain satin atau sutra, tetapi terbuat dari kulit kayu nyamu.


    22. Ta’a dan Sapei Sapaq - Provinsi Kalimantan Utara


    Ta’a dan Sapei Sapaq - Provinsi Kalimantan Utara
    pakaian adat kalimantan utara: mimpibaru.com

    ta'a dan sapei sapaq adalah pakaian adat dari daerah Provinsi Kalimantan Utara. Ta’a merupakan busana adat perempuan yang terdiri dari ikat kepala yang terbuat dari pandan.

    Sedangkan sapei sapaq adalah busana adat pria Kalimantan Utara.


    23. Bagajah Gamuling Baular Lulut - Provinsi Kalimantan Selatan


    Bagajah Gamuling Baular Lulut - Provinsi Kalimantan Selatan
    pakaian adat kalimantan selatan: indoborneonatural.blogspot.com

    bagajah gamuling baular lulut adalah nama pakaian adat dari provinsi Provinsi Kalimantan Selatan. Bagajah gamuling baular lulut paling menjadi pakaian pengantin.


    24. Kustin - Provinsi Kalimantan Timur


    Kustin - Provinsi Kalimantan Timur
    kustin: pariwisataindonesia.id

    kustin sakai bulang kuurung dan dayak ngaju adalah kelengkapan pakaian adat dari suku Dayak Ngaju. Kustin adalah baju adat provinsi Kalimantan Timur yang terbuat dari kulit kayu dengan hiasan manik-manik.


    25. Lipa Saqbe Mandar - Provinsi Sulawesi Barat


    Lipa Saqbe Mandar - Provinsi Sulawesi Barat
    pakaian adat sulawesi barat: selasar.com

    Lipa saqbe mandar merupakan pakaian khas/ pakaian adat yang berasal dari daerah provinsi Sulawesi Barat yang umumnya memiliki warna cerah dan mencolok.


    26. Nggembe - Provinsi Sulawesi Tengah


    Nggembe - Provinsi Sulawesi Tengah
    nggembe: commons.wikimedia.org

    Nggembe pakaian adat dari Pakaian dari Provinsi Sulawesi Tengah. Suku Kaili ini terbuat dari kain lembut yang membentuk baju dengan lengan panjang.


    27. Laku Tepu - Provinsi Sulawesi Utara


    Laku Tepu - Provinsi Sulawesi Utara
    pakaian adat laku tepu: pariwisataindonesia.id

    laku tepu adalah pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Utara. Leku tepu umumnya digunakan oleh masyarakat Sulawesi Utara ketika upacara Tulude.


    28. Kinawo - Provinsi Sulawesi Tenggara


    Kinawo - Provinsi Sulawesi Tenggara
    pakaian adat kinawo: indozone.id

    Kinawo adalah pakaian adat dari provinsi Sulawesi Tenggara Kinawo merupakan pakaian adat suku Tolaki dan umumnya digunakan untuk pakaian sehari-hari.


    29. Bodo - Provinsi Sulawesi Selatan


    Bodo - Provinsi Sulawesi Selatan
    pakaian adat sulawesi selatan: bloggersbugis.com

    bodo pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Selatan. Baju bodo merupakan busana tradisional para perempuan dari suku Bugis, Sulawesi Selatan. Baju Bodo adalah pakaian tradisional perempuan suku Bugis dan suku Makassar, Sulawesi, dan Bugis Pagatan, Kalimantan, Indonesia. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.


    30. Biliu dan Makuta - Gorontalo


    Biliu dan Makuta - Gorontalo
    pakaian adat gorontalo: tumbral.com

    Biliu dan makuta adalah pakaian adat dari daerah Provinsi Gorontalo. Baju adat dari Gorontalo ini memiliki 4 jenis warna yaitu hijau, merah, kuning keemasan, dan ungu.

    Setiap warna menandakan makna tersendiri.

    31. Cele - Maluku


    Cele - Maluku
    pakaian adat cele: seringjalan.com

    Cele merupakan busana adat dari Maluku yang didominasi oleh warna merah dan putih.

    Umumnya masyarakat Maluku menggunakan sarung dengan motif senada dengan Cele sebagai bawahan.


    32. Manteren Lamo - Maluku Utara


    Manteren Lamo - Maluku Utara
    manteran lamo bajukutunik.blogspot.com

    manteren lamo adalah nama pakaian adat dari provinsi Maluku Utara. Manteran lamo terdiri dari celana hitam panjang dan bis merah yang memanjang dari atas ke bawah.


    33. Ewer - Papua Barat


    Ewer - Papua Barat
    Pakaian adat papua beritapapua.id

    Ewer adalah pakaian khas adat daerah Papua Barat yang terbuat dari jerami yang dikeringkan.


    34. Koteka - Papua


    Koteka - Papua
    Source: wartawisata.id

    Koteka merupakan pakaian adat yang terbuat dari kulit labu air dan digunakan untuk menutupi kemaluan laki-laki. Koteka ini dipakai khusus yang dipakai untuk menutupi tubuh bagian bawah laki-laki dibeberapa suku di Papua.

    Pakaian adat ini masih digunakan di beberapa daerah di Papua, seperti di Wamena.


    Penutup

    Sekian uraian artikel 34 Pakaian Adat Indonesia Dari Seluruh Provinsi Lengkap dan Gambar kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Tefi.


    Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan artikel ini, kami memohon maaf.