-->

Teaching Stories Perkembangan Moral dari Mike Zimmerman

Teaching Stories Perkembangan Moral dari Mike Zimmerman

Teaching Stories Mike Zimmerman

Teaching strory kali ini datang dari seorang guru SD kelas 4, ia mengajarkan materi pelajaran ilmu pengetahuan alam tentang ekosistem pada hari itu. Pak Zimmerman tidak memulai kelas dengan langkah-langkah pembelajaran guru konvensional. Pada saat itu, ia ingin melakukan pembelajaran bermakna kepada murid kelas 4 nya. Namun yang mau ditekankan pada ccerita ini adalah perkembangan moral anak. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti story berikut ini:

Teaching Stories Perkembangan Moral dari Mike Zimmerman

Mike Zimmerman mengajar grade empat di Montgomery County, Maryland. Murid-muridnya jadi cemas kalau-kalau hewan liar di dekat sekolah mereka akan mati setelah Pak Z (demikian anak-anak suka memanggilnya) menunjukkan pada mereka kolam berisi cairan hijau terang di dekat SPBU di dekat sekolah (Sander, 2000).

Mendorong murid  mengerjakan sendiri riset, penulisan dan meningkatkan keahlian berpikir kritis

Kemudian muncul diskusi di kelas tentang apa sesungguhnya cairan warna hijau itu. Murid menyimpulkan hahwa karyawan SPBU itu tampaknya mengumpulkan antiýfreeze. Dari penyelidikan lewat Internet, murid mengetahui bahwa antifřeeze itu bisa membunuh hewan, dan karenanya mereka kemudian menelepon kelompok lingkungan setempat untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan. 

Murid yang tahu bahwa membuang antifreeze adalah tindakan ilegal, murid-murid itu berpendapat bahwa mungkin pemilik SPBU itu tidak menyadari soal ini. Mereka menulis surat kepadanya. Pemilik itu membalas dengan mengatakan bahwa cairan itu adalah cairan pembersih yang tidak berbahaya. Para murid pun lega.

 Demikianlah Pak Zimmerman mengawali pelajaran ilmu alam tentang ekosistem untuk mendorong murid  mengerjakan sendiri riset, penulisan dan meningkatkan keahlian berpikir kritis. Mungkin, yang terpenting, mereka mempelajari bagaimana tindakan mereka bisa memengaruhi lingkungan dan bagaimana cara untuk aktif dalam komunitas mereka.

Seandainya Pak Zimmerman hanya memberi tahu murid bahwa dia menganggap SPBU itu membuang zat yang tampak seperti antifreeze, dan seandainya dia memberi tahu pemilik SPBU bahwa kolam itu perlu dibersihkan, maka murid akan kehilangan kesempatan berharga untuk belajar.

Kata kunci : Perkembangan moral, Pembelajaran bermakna

0 Response to "Teaching Stories Perkembangan Moral dari Mike Zimmerman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel