Teaching Stories Margaret Metzger - Psikologi Pendidikan

Teaching Stories Margaret Metzger - Psikologi Pendidikan

Teaching Stories Margaret Metzger

Psikologi Pendidikan - Teaching Stories kali ini berdasarkan kisah nyata dari seorang guru bernama, Margaret Metzger. Karena kisah ini adalah kisah beliau, maka kami membuat judul artikel ini Teaching Stories Margaret Metzger telah menjadi guru Bahasa Inggris di SMU Brookline (Massachusetts) selama lebih dari 25 tahun. Di bawah ini adalah beberapa nasihat yang diberikannya kepada guru-guru yang menjadi bawahannya (Metzger, 1996).

Beri perhatian pada bagaimana cara belajar, bukan pada untuk apa belajar. Murid mungkin tak pernah tahu beberapa fakta tertentu, tetapi murid selalu butuh tahu bagaimana cara belajar. Ajari murid tentang cara membaca untuk mendapatkan pemahaman, bagaimana menyusun gagasan, bagaimana cara menguasai mata pelajaran yang sulit, dan bagaimana cara menuarngkan pemikiran secara jelas melalui tulisan. Seorang mantan murid saya, Anastasia Korniaris, menulis surat kepada saya, "Kelas Anda seperti toko perangkat keras (hardware). Semua alat ada di sana. Bertahun-tahun kemudian saya masih menggunakan perangkat yang masih saya ingat ..."

Libatkan murid dalam proses belajar dan mengajar. Setiap hari, beri pertanyaan-pertanyaan dasar seperti, "Apa pendapat kalian tentang pekerjaan rumah (PR) ini? Apakah PR ini membantu kalian untuk memahami materi? Apakah tugas ini terlalu panjang atau terlalu pendek? Bagaimana caranya agar tugas selanjutnya lebih menarik? Kriteria apa yang sebaiknya dipakai untuk memberikan penilaian?" Ingat bahwa kita ingin agar murid mau belajar aktif ...

Belakangan ini telah dilakukan riset tentang gaya mengajar dan riset pembentukan kecerdasan. Bacalah riset itu. Yang harus diingat adalah murid harus mau berpikir sendiri. Tugas Anda adalah mengajari mereka cara berpikir dan memberi alat yang diperlukan untuk itu. Murid Anda biasanya akan kagum pada kecerdasan mereka sendiri. Jadi, Anda tak perlu menunjukkan pada mereka bahwa diri Anda pintar...

Pada masa-masa awal mengajar, Anda harus mau mengajar selama berjam-jam. Jika Anda baru saja diterima bekerja di rumah sakit atau firma pengacara, Anda juga pasti akan diminta bekerja selama berjam-jam. Seperti para pekerja profesional lainnya, guru juga perlu bekerja berjam-jam.

Berikut ini ada sedikit nasihat. Selama bertahun-tahun saya kesulitan menjalankan keempat nasihat ini-kecuali nasihat terakhir, yang membuat saya tetap waras. Saat saya mengikuti nasihat saya sendiri, tugas mengajar saya menjadi lebih menyenangkan.

1. Pesan tiket untuk menyaksikan acara-acara kebudayaan. Buat jadwal untuk melakukan kegiatan atau acara sosial bersama kawan-kawan.

2. Cari tempat untuk bekerja. Berusahalah menentukan sendiri tempat Anda ingin mengajar. Berpindah-pindah kelas setiap lima puluh menit akan membuat Anda letih.

3. Jauhi politik kantor yang tak berguna sebab di dalamnya akan banyak perselisihan.

4. Cari kawan yang punya selera humor yang baik.

Anda punya potensi untuk menjadi guru yang hebat. Anda jangan patah arang sebelum mulai. Saat Anda ─▒nulai belajar seni mengajar, Anda memang butuh kerja keras.
LihatTutupKomentar