METODE MENCIPTAKAN KEADAN PIRIRAN YANG KAYA AKAL

METODE MENCIPTAKAN KEADAN PIRIRAN YANG KAYA AKAL
Pinterest
MENCIPTAKAN KEADAN PIRIRAN YANG KAYA AKAL - Mendekati proses belajar dengan cara relaks adalah sangat penting. Tariklah nafas dalam-dalam, sehinggca udara mengisi paru-paru Anda, kemudian hembuskan udara sedalam-dalamnya, sehingga menekan perut Anda. Biarkanlah otot-otot rahang dan leher Anda agak mengendur. Putarlah musik-musik santai (boleh jadi klasik). Otak Anda harus berada dalam "suasana" yang benar. Seperti yang Anda temukan dalam Bab "Otak yang Mengagumkan", otak kita tidak berfungsi dengan baik jika kita tengah stres.

METODE MENCIPTAKAN KEADAN PIRIRAN YANG KAYA AKAL

Ketegangan atau ketakutan membuat otak dan pikiran Anda "kosong". Ketika Anda relaks, gunakan waktu beberapa saat untuk memvisualisasikan seperti apa nanti jika Anda menjadi seorang Pembelajar Cepat dan mencapai tujuan-tujuan Anda.

1. Pandanglah diri Anda mampu menangani tugas pembelajaran masa depan dengan rasa percaya diri.

2. Resapilah perasaan bangga karena mengetahui diri Anda bisa menguasai suatu subjek.

3. Coba dengarkanlah komentar pujian yang akan dilontarkan oleh orang lain tentang kemampuan baru Anda

Untuk membuat kebanyakan pengalaman belajar menjadi demi kian, Anda perlu berada dalam suasana dan lingkungan mental yang nyaman ketika belajar. Mencoba menyerap informasi dengan tepat sama seperti mencari jalan dalam lalulintas yang "semerawut atau berdesak-desakan di dalam kereta api ulang-alik yang penuh sesak bukanlah cara yang ideal. Tentu saja, Anda dapat menciptakan "kepompong mental" Anda sendiri dan mengisolasi diri Anda dari lingkungan fisik, tetapi akan lebih baik dan lebih disukai jika Anda menemukan suatu sudut yang tenang di rumah sendiri. Bereaksilah dan relakslah. Lepaskan sepatu Anda. Angkatlah kaki Anda. Pilih musik-musik yang menyenangkan (rock mungkin cukup baik untuk mengiringi pekerjaan rumah tangga atau mencuci mobil-tapi hampir pasti tidak cocok untuk belajar.)

Anjuran lainnya, karya-karya seni favorit di dinding kamar Anda. Tanaman hias atau bunga di atas meja atau di lantai. Udara yang bersih dan segar di kawasan belajar Anda (atau melangkahlah keluar untuk jeda yang teratur). Sinar matahari alami (bekerja dam belajarlah dekat jendela). Kemudian ikuti rencana 7-langkah berikut ini:

Langkah langkah menciptakan Keadaan pikiran Kaya Akal

Langkah 1: Hadirkan kembali saat-saat sukses dalam kehidupan Anda-saat-saat ketika Anda melakukan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang membuat Anda bangga. Setiap orang pernah mengalami sukses dalam sesuatu hal. Mungkin dalam suatu even olahraga? Atau, Anda memperoleh nilai tinggi dalam ujian di sekolah-nilai yang lebih tingi ketimbang harapan Anda. Atau, saat yang tepat dalam suatu negosiasi bisnis ketika Anda mendadak mendapatkan "kesempatan" yang Anda dan bakan? Mungkin peristiwa keluarga yang menggembirakan atau capaian istimewa perihal hobi favorit atau aktivitas waktu luang Anda? Pendeknya, sebuah momen puncak Anda.

Langkah 2: Intensifkan memori. Ingat dengan pasti seperti apakah situasi saat Anda mengalami sukses. Apa yang Anda saksikan? Apa yang Anda dengar? Apa yang Anda rasakan? Gunakan segenap indera Anda untuk mengisi otak dengan kesan kuat dari "kemenangan" Anda. Hayati beberapa saat. Hindari Anda melihat diri sendiri pada momen itu dari jarak jauh. Alangkah baiknya jika Anda melihat gambaran sukses itu melalui mata kepala Anda sendiri-sehingga menciptakan perasaan membahagiakan, sama seperti saat Anda meraih dengan keahlian dan pencapaian Anda. Anda belajar cara mengingat dengan kuat keadaan pikiran yang melimpah. Yang Anda perlukan sekarang hanyalah cara menghadirkan dan mengungkapkan perasaan itu, kapan Anda mau.

Langkah 3: Dengan telah "menangkap" kembali momen dan perasaan pada pengalaman puncak Anda, sekarang pikirkan satu kata yang merangkumkan even asalnya itu. Itulah kata "sandi" Anda. Kata "sandi" adalah perkaitan langsung dengan perasaan yang bersangkutan.

Langkah 4: Duduklah dengan tegak dan luruskan badan Anda. Tarik pundak Anda ke belakamg. Lihat ke atas dan tarik napas dalam-dalam. Ini penting karena pada momen pengalaman puncak, secara otomatis, kita akan menarik napas panjang.

Langkah 5: Kepalkan tangan Anda-hal alamiah yang Anda lakukan tatkala Anda bersemangat dan bergairah.

Langkah 6: Intensifkan memori Anda pada pengalaman Robert Louis Stevenson. Misalnya, tutup mata Anda untuk mencegah masuknya pengaruh lain. Bersukacitalah dengan sungguh-sungguh dalam perasaan yang dimaksud.

Langkah 7: Bukalah kepalan tangan dan mata Anda.

Ulangilah secara urut 7 langkah ini sesering mungkin selama dua hari berikutnya. Semakin banyak Anda melakukan urutan itu, semakin kuat pola stimulus/respons (rangsang/tanggap). Nanti, Anda akan mampu kembali kepada keadaan pikiran yang kaya akal kapan saja Anda kehendaki hanya dengan mengepalkan tangan sembari mengucapkam kata "sandi". Ini bukan hanya keterampilan yang berguna untuk belajar tetapi juga untuk hidup.

Anda bisa memakai pendekatan yang sama untuk mengatasi perasaan negatif dengan menggunakan suatu teknik dari sistem strategi pembelajaran yang dikenal sebagai Pemrograman Neuro-Linguistik (PNL). Anda memikirkan peristiwa yang telah mengganggu atau menghinakan Anda, membangkitkan perasaan tak enak kala itu. Biarkan diri Anda benar-benar merasakan perasaan yang sulit, grogi, dan menyakitkan. Putar kembali perasaan itu dalam benak Anda-dan rasakan bahwa semua itu sudah berlalu.

Namun, kini ke dalam "adegan" itu Anda memvisualisasikan dengan jelas sekelompok marching band yang lewat dan sedang memainkan "Seventy-six Trombones" (76 Trombon)-simbal berdentuman, dram menghentak. Citra kegembiraan, bernada ajek dan kuat ini mulai mengusir dan menggantikan perasaan negatif Anda. Lakukan sedemikian rupa sehingga kapan Anda ingat pada peristiwa yang tak menyenangkan itu, maka ia akan terkaburkan dengan pemandangan dan suara marching band. Itu menolong Anda menukar sesuatu yang negatit dengan positif. Anda dapat menciptakan skenario-skenario bernada ajek yang sama untuk meredam perasaan negatif-Maka, jangan coba membenci band brass (alat musik tiup)!

Kata kunci : METODE MENCIPTAKAN KEADAN PIRIRAN YANG KAYA AKAL, Kaya Akal, Keadaan Pikiran
LihatTutupKomentar