-->

Menjadi Guru Periset yang Efektif - Psikologi Pendidikan

Menjadi Guru Periset yang Efektif -  Psikologi Pendidikan

Teaching Strategies : Menjadi Guru-Periset yang Efektif

Dalam buku Psikologi Pendidikan karangan John W. Santrok mengatakan tips berikutnya menjadi Menjadi Guru Periset yang Efektif ada caranya. Disana dipaparkan apa saja yang harus dilakukan agar dapat menjadi guru periset yang efektif menguntungkan. Beriktu pemaparannya secara lengkap :
  1. Saat Anda merencanakan carapengajaran, pikirkan tentang murid-murid Anda dan pikirkan siapa saja yang mungkin akan mendapatkan banyak manfaat dari peran Anda sebagai gun-periset. Setelah Anda merenungkan kembali kelas Anda minggu yang lalu, Anda mungkin melihat bahwa ada satu murid yang menurun kinerjanya, dan mungkir ada anak lain yang tampak tertekan. Saat Anda memikirkan tentang murid yang seperti itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan metode observasi partisipan dan/atau wawancara klinis pada minggu berikutnya untuk mencari tahu mengapa mereka punya problem seperti itu.
  2. Ambil kursus metode riset pendidikan. Ini bisa meningkatkan pemahaman Anda tentang cara melaikukan riset.
  3. Manfaatkan perpustakaan dan sumber daya Internet untuk mengetahui lebih banyak tentang keahlian guru-periset. Anda bisa inencari informasi tentang cara menjadi pewawancara klinis yang baik dan sistematis, cara menjadi pengamat yang netral. Buku yang bagus untuk meningkatkan keahlian observasi Anda adalah A Guide to Observation and Participation in the Classroom (Reed, Bergemann & Olson, 2001).
  4. Mintalah orang lain (misalnya rekan guru Arda) untuk mengamati kelas Anda dan membantu Anda menyusun strategi urtuk riset problem tertentu yang ingin Anda pecahkan.
Berdasarkan pengalaman-pengalaman berikutnya anda akan mampu menjadi guru periset. Meluangkan waktu yang berharga demi peserta didik anda merupakan rintangan tersendiri bagi anda.

0 Response to "Menjadi Guru Periset yang Efektif - Psikologi Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel