Laporan Buku 1984 and Animal Farm karya George Orwell

Crack the Case 1984 and Animal Farm - Pak Johnson memberi tugas pada murid SMA negerinya di Amerika untuk membaca dua buku, selama satu semester ini. Buku itu harus "berhubungan dengan hal-hal di dalam sistem politik atau pemerintahan", dan kemudian mereka diminta untuk menulis laporan singkat tentang setiap buku pilihan mereka sendiri.
Laporan Buku 1984 and Animal Farm karya George Orwell
Amazone
{tocify} $title={Table of Contents}
Seorang murid, Cindy, memilih membaca 1984 dan Animal Farm karya George Orwell. 1984 adalah buku tentang apa yang mungkin terjadi dengan keputusan-keputusan politik di "masa depan" tahun 1984. Pada intinya dunia akan menjadi tempat mengerikan di mana "Big Brother" memonitor semua tindakan warga melalui layar dua-arah mirip televisi. Pelanggaran atas aturan terkecil sekalipun akan mendapat hukuman berat. Animal Farm adalah novel pendek tentang sistem politik di mana karakter-karakternya digambarkan sebagai bermacam-macam binatang seperti babi dan anjing. Cindy menyukai kedua buku itu dan menyelesaikan bacaannya pada pertengahan semester. Laporannya sangat bagus, merefleksikan simbolisme yang terkandung dalam novel dan implikasinya untuk penerintahan sekarang.

Laporan Buku 1984 and Animal Farm karya George Orwell

Kawan Cindy, Lucy, baru membaca bukunya menjelang akhir semester. Dia tahu Cindy suka membaca tentang pemerintahan dan telah menyelesaikan laporannya. Lucy bertanya kepada Cindy apakah dia tahu "buku tipis' yang dapat dibaca untuk memenuhi tugasnya. Cindy dengan senang hati memberikan buku Animal Farm-nya. Lucy dengan senang menerima buku itu karena memang pendek. Tetapi, saat dia mulai membaca buku itu, dia bertarya-tarıya mengapa Cindy memberinya buku tersebut. Buku itu tampaknya tidak sesuai dengan syarat tugas sekolah.

Sehari sebelum laporan diserahkan, Pak Johnson mendengar percakapan kedua muridnya itu: Lucy mengeluh kepada Cindy, "Aku gak ngerti. Itu kan cerita tentang babi dan anjing" Cindy menjawab, "Itu sebenarnya bukan kisah tentang peternakan. Itu cerita tentang janji kaum komunis dan apa yang terjadi di Uni Soviet setelah komunisme berkuasa. Itu cerita hebat! Apa kamu gak ngerti? Si babi mewakili rezim komunis yang menggulingkan dinasti Czar selama Revolusi Rusia. Mereka memberi segala macam janji bagi semua orang. Orang-orang mulai mengikuti mereka karena mereka sudah muak dan marah kepada orang kaya dan penguasa yang hidup senang sementara mereka sendiri kelaparan. Setelah Czar digulingkan, komunis membentuk pemerintahan baru. Tetapi mereka tidak nmenepati janjinya. Mereka menjadi sama dengan kaum Czar. Mereka menguasai segalanya. Ingat dalam buku itu ketika babi pindah ke rumah dan bekerja dengan dua kaki? Demikianlah gambaran pimpinan komunis yang mulai bertingkah seperti Czar. Mereka bahkan membentuk polisi rahasia-dalam cerita itu diwakili anjing. Ingat bagaimana anjing-anjing itu menggertak hewan-hewan lain? Demikianlah polisi rahasia di Uni Soviet bertindak. Ingat kan?

Aku masih gak paham. Kok, bisa babi dan anjing menjadi komunis atau polisi? Mereka kan cuma hewan." Cindy hanya melongo menatap kawannya itu. Bagaimana mungkin Lucy TIDAK memahami isi buku itu? Padahal sangat jelas.

1. Dengan menggunakan teori Piaget, jelaskan mengapa Cindy memahami isi buku itu.
2. Dengan menggunakan teori Piaget, jelaskan mengapa Lucy tidak memahami isi buku itu.
3. Apa yang bisa dilakukan Pak Johnson untuk membantu Lucy?
4. Bagaimana cara Pak Johnson memberikan tugas semacam ini secara berbeda, sehingga Lucy tidak perlu merabaca sebuah buku?
LihatTutupKomentar