-->

Cara Sederhana menggunakan Teknik Feynman dalam belajar Mandiri

 

Cara Sederhana menggunakan Teknik Feynman dalam belajar Mandiri

Teknik Feynman - Teknik Feynman sudah menjadi cara belajar yang populer saat ini. Hal ini dapat kita lihat di halaman pencarian google. Coba anda buka google.com, kemudian ketik kata " Menggunakan teknik Feynman ", akan ada banyak sekali artikel yang membahas topik ini.

Setiap artikel itu membahas topik Teknik Feynman dari berbagai sudut pandang.  Ada beberapa artikel yang menekankan secara teoritis, ada yang menekankan secara praktis. Artikel dengan kandungan teoritis sangat cocok untuk para akademisi.  Sementara pada artikel praktis, sangat cocok untuk anak didik yang ingin belajar mandiri.

Teknik Feynman dapat membantu siswa untuk sukses dalam belajar mandiri.  Terkadang ada beberapa anak murid yang sebenarnya ia harus "belajar mandiri". Anak didik ini agak sulit memahami materi pelajaran dalam ketika berada dikelas. Tindak lanjut untuk siswa lambat, tanda kutip ini adalah menggunakan Teknik Feynman.

Cara Sederhana menggunakan Teknik Feynman dalam belajar Mandiri

Jadi, bagaimana cara menggunakan Teknik Feynman dalam upaya mandiri meningkatkan prestasi siswa? Yoi!!! Let's check it out.

Teknik Feynman memiliki 5 langkah sederhana yang dapat diterapkan oleh pemula sekalipun. Setiap langkah sederhana ini saling terkait satu sama lain. Urutannya harus dilaksanakan secara berurut. Jika ada langkah yang dihilangkan, hasil yang kamu peroleh dari menggunakan Teknik Feynman tidak optimal.

Langkah-langkah menggunakan Teknik Feynman adalah sebagai berikut:

Langkah pertama : Pilih topik pelajaran yang ingin dikuasai. Sebagai pelajar yang ingin mandiri, atau bahkan  sudah mandiri, pasti sudah memiliki topik yang kamu rasa penting saat ini.  Jika belum memiliki topik, silahkan cari berdasarkan mata pelajaran yang akan kamu ikuti besok di sekolah.

Langkah kedua : Catat materi, langkah ini sebagai langkah untuk belajar mandiri menguasai topik tadi. Kunci keberhasilan pada langkah mencatat materi ini adalah pahami topik terlebih dahulu, kemudian catat secara detail dengan bahasa sendiri. Ingat! Harus sedetail mungkin, namun dengan kata-kata sendiri.

Langkah ketiga : Ajarkan ke orang lain. Tahap inilah yang menjadi langkah inti teknik Feynman yang dijelaskan saat ini. Dengan mengajarkan topik tadi kepada orang lain, kamu akan dapat menguasai topik pelajaran dan paling penting adalah topik pelajaran ini akan melekat didalam otak.

Langkah keempat : tentukan materi sulit. Saat kamu mengajarkan topik tadi kepada orang lain, pasti belum 100% dapat kamu jelaskan. Materi yang belum dikuasai dari topik ini harus kamu tentukan dengan jujur. Jika masih setengah-setengah, anggap saja materi belum dikuasai.

Langkah kelima : Pelajari kembali materi. Tahap ini tidak lagi sesulit langkah pertama, pada langkah ini kamu hanya perlu mempelajari kembali pada bagian yang belum dikuasai. 

Indikator keberhasilan menggunakan Teknik Feynman dalam belajar Mandiri

Selanjutnya anda akan bertanya, kapan saya dapat mengetahui bahwa saya sudah menguasai topik? Pertanyaan ini dapat kita jawab dengan mudah. Jika sudah tidak ada lagi bagian atau materi yang belum dikuasai dari topik, artinya kamu sudah berhasil menguasai topik pelajaran ini dengan menggunakan Teknik Feynman.

Coba anda kerjakan soal latihan yang ada pada buku yang kamu pelajari tadi. Lalu berikan hasil pekerjaanmu kepada guru untuk dikoreksi. Ketika kamu memperoleh nilai bagus, ANDA BERHASIL menggunakan Teknik Feynman sekaligus berhasil menguasai topik pelajaran.


0 Response to "Cara Sederhana menggunakan Teknik Feynman dalam belajar Mandiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel