-->

Bekerja dengan Pemikir Pra-operasional - Teaching Strategies

Psikologi Pendidikan - Pemikir pra-operasional dalam psikologi pendidikan, khususnya teori Piaget merupakan prosedur melakukan tindakan secara mental terhadap objek-objek. Ciri dari tahapan pemikir pra-operasional ini adalah operasi mental yang jarang dan secara logika tidak memadai. Dalam tahapan pemikir pra-operasional ini, anak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata.
Bekerja dengan Pemikir Pra-operasional - Teaching Strategies
creativelearningatx

Teaching Strategies Bekerja dengan Pemikir Pra-operasional

  1. Suruh anak untuk menata sekelompok objek.
  2. Untuk mengurangi egosentrisme, libatkan anak dalam interaksi sosial.
  3. Mintalah si anak untuk membuat perbandingan. Misalnya perbandingan mana yang lebih besar, lebih tinggi, lebih lebar, lebih berat, lebih panjang.
  4. Beri anak pengalaman dalam operasi urutan. Misalnya, mintalah anak berbaris berjajar mulai dari yang tinggi sampai ke rendah dan vice versa. Beri berbagai macam contoh daur hidup tanaman dan binatang, seperti beberapa foto perkembangan kupu-kupu atau tumbuhnya kacang atau jagung dari benih. Contoh dari alam ini akan membantu kemampuan anak dalam mengurutkan.
  5. Suruh anak-anak menggambar pemandangan dengan perspektif. Ajak mereka untuk meletakkan gambar objek-objek di lukisan mereka berada di tempat yang sama seperti yang mereka lihat di aslinya. Misalnya, jika mereka melihat kuda di pinggir lapangan, maka mereka harus menggambar kuda di pinggir lapangan pula.
  6. Buatlah lereng yang menurun atau bukit kecil. Biarkan anak menggelindingkan kelereng berbagai ukuran. Suruh mereka membandingkan kecepatan turunnya kelereng yang berukuran berbeda-beda itu. Ini akan membantu mereka memahami konsep kecepatan.
  7. Mintaiah anak-anak memberikan alasan dari jawaban mereka ketika mereka mengcmbil kesimpulan. Misalnya, ketika mereka mengatakan bahwa menuangkan air dari wadah yang lebar dan pendek ke wadah yang tinggi dan ramping akan membuat banyaknya air berubah, maka ajukan pertanyaan, "Mengapa kamu berpendapat begitu?" atau "Bagaimana kami bisa membuktikan ini pada kawan-kawanmu?"
Demikian tips dan strategi mengajar pra-operasional kali ini. Semoga strategi ini dapat menjadi inspirasi bagi anda guru-guru Indonesia.

0 Response to "Bekerja dengan Pemikir Pra-operasional - Teaching Strategies"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel