Bekerja dengan Pemikir Operasional Konkret - Teaching Strategies

Pemikir Operasional Konkret - Ahli psikologi pendidikan Piaget mengatakan anak pada usia 7 tahun akan memasuki tahap operasional konkret, dimana anak sudah mampu berpikir rasional, seperti penalaran untuk menyelesaikan suatu masalah yang konkret (aktual). Kemampuan pemikir operasional konkret merupakan suatu kemampuan untuk mengategorisasikan sesuatu sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan logika anak.
Bekerja dengan Pemikir Operasional Konkret
Sumber : Slideshare

Teaching Strategies Bekerja dengan Pemikir Operasional Konkret

  1. Dorong murid untuk menemukan konsep dan prinsip. Ajukan pertanyaan relevan tentang apa yang sedang dipelajari untuk membantu mereka berfokus pada beberapa aspek dari pembelajaran mereka. Jangan memberi tahu jawaban pertanyaan secara langsung kepada murid. Biarkan mereka mencari jawaban sendiri dengan pemikiran meręka sendiri.
  2. Libatkan anak dalam tugas-tugas operasional. Ini mencekup tugas penambahan, pengurangan, pembagian, pengurutan, dan pembalikan. Gunakan benda-benda konkret untuk tugas ini, dan nanti jīka dimungkinkan gunakan simbol matematika.
  3. Rencanakan aktivitas di mana murid berlatih konsep mengurutkan hierarki secara meniak atau menurun. Suruh murid membuat daftar sesuatu berdasarkan urutan (misalnya dari yang palıng besar ke yang paling kecil): Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Republik Indonesia, Benua Asia, Planet Bumi.
  4. Lakukan aktiuvitas yang membutuhkan kegiatan mempertahankan area, berat, dan isi.
  5. Suruh anak-anak mengurutkan sesuatu dan kemudian membalikkan urutan tersebut. Banyak anak-anak di grade tiga mengalami kesulitan saat membalikkan urutan, seperti dari tinggi ke rendah. Mereka lebih mudah mengurutkan dari rendah ke tinggi. Setelah menyebutkan urutan jalan dari rumah ke sekolah, mereka juga kesulitan membalikkan urutan jalan yang mereka lalui, yakni dari sekolah ke rumah.
  6. Terus suruh anak-anak untuk menjustifikasi jawaban mereka saat mereka memecahkan problem. Bantulah mereka mengecek kebenaran dan akurasi kesimpulan mereka.
  7. Ajaklah anak untuk bekerja berkelompok dan saling bertukar pikiran. Misalnya, suruh sekelompok anak untuk bermain, berbagi pandangan satu sama lain.
  8. Pastikan bahwa materi untuk kelas sudah cukup untuk merangsang murid untuk mengajukan pertanyaan. Serangga yang bagus untuk didiskusikan di kelas adalah kumbang kecil. Suruh anak-anak mengamati dan mendeskripsikannya. Keesokan harinya berikan kumbang yang lebih besar, dan ini akan membuat anak-anak terkejut dan mendorong mereka unuk berpikır lagi.
  9. Ketika akan mengajar sesuatu yang agak konpleks, gunakan alat bantu visual dan alat-alat peraga. Misalnya, saat mengajar ilmu sosial dengan topik apa itu demokrasi, tunjukkan rekaman video yang mengilustrasikan konsep tersebut.
  10. Dorong anak-anak untuk mengutak-atik (manipulate) dan bereksperimen dalam pelajaran sains tau ilmu alam, gunakan materi konkret untuk pelajaran matematika, membuat dan membacakan suatu karya dalam pelajaran sastra, dan ajar mereka berdiskusi tentang perspektif mereka, seta lukukan perjalanan untuk pelajaran ilmu sosial.
Yup! Contah stretegi Bekerja dengan Pemikir Operasional Konkret  Cukup mudah untuk diterapkan kepada siswa anda.
LihatTutupKomentar