3.8C Pembacaan dan Penggunaan Service Manual

Materi lanjutan setelah pembacaan dan penggunaan OMM adalah materi cara membaca dan menggunakan buku service manual. Materi ini masih dalam kompetensi dasar (KD) 3.8 3.8 Menerapkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya. Seperti apa cara dan guna buku service manual? Yuk! Simak dengan seksama materi Pembacaan dan Penggunaan Buku Service Manual dibawah ini.

C. Pembacaan dan Penggunaan Service Manual

Service manual dapat dikatakan merupakan dokumen yang paling penting untuk menunjang proses perbaikan kendaraan bermotor. Karena di dalam service manual termuat semua prosedur pembongkaran, pemasangan, pengukuran, dan perawatan dari tiap komponen kendaraan. Untuk mengetahui penggunaan service manual lebih lanjut, kerjakanlah Kegiatan 4.3 berikut!

Kegiatan 4.3
Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Penggunaan Service Manual
Jenis Kegiatan :Tugas Kelompok
Tujuan Kegiatan : 1) Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan service manual dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat membuat petujuk penggunaan service manual dengan terampil. (KD 4)

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Berkelompoklah dengan empat orang temanmu!
2. Kunjungilah salah satu bengkel resmi yang ada di sekitarmu!
3. Amatilah penggunaan service manual oleh para mekanik saat melakukan perawatan atau perbaikan kendaraan!
4. Untuk memperdalam pengetahuanmu, berdiskusilah dengan mekanik mengenai cara menggunakan service manual!
5. Catat semua informasi yang kamu dapatkan saat pengamatan dan diskusi dengan mekanik!
6. Buat laporan tertulis yang berisi tentang cara menggunakan service manual dan buat juga kesimpulannya di bagian akhir laporan yang sudah kamu buat! Kumpulkan laporan tersebut pada gurumu untuk dinilai!
Pembacaan dan Penggunaan Service Manual
Apabila kamu mengerjakan Kegiatan 4.3 dengan Sungguh-sungguh, tentu kamu sudah paham bagaimana ara menggunakan service manual dengan benar. Service manual atau yang biasa disebut buku pedoman reparasi/perbaikan merupakan buku/dokumen yang berisi Prosedur dan langkah-langkah perbaikan kendaraan. Service manual memuat semua bagian kendaraan secara lengkap, seperti spesifikasi umum, spesifikasi ukuran, alat yang digunakan untuk perbaikan, perbaikan chasis, perbaikan mesin, perbaikan body, dan perbaikan kelistrikan. Service manual rata-rata mempunyai jumlah halaman yang banyak, karena penjelasan di dalamnya sangat detail dan mendalam. Berikut ini cara sederhana untuk membaca dan menggunakan service manual.
1. Baca petunjuk buku yang terletak di halaman paling depan.
2. Baca dan perhatikan simbol-simbol yang ada karena nanti akan sering ditemui di bagian selanjutnya.
3. Baca dan perhatikan juga singkatan-singkatan dalam service manual.
4. Setelah dapat memahami cara membacanya, maka lanjutkan dengan pemilihan topik perbaikan yang akan dilakukan (misalnya mengganti kampas rem).
5. Lihat daftar isi dan cari topik penggantian kampas rem, buka halaman yang dimaksud.
6. Baca dan pahami petunjuk yang ada di service manual serta siapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan.
7. Mulai lakukan pekerjaan sesuai urutan/prosedur di service manual dan jika ada yang belum jelas baca lagi petunjuknya.

Pembacaan dan Penggunaan Service Manual
Sekarang mayoritas dokumen-dokumen otomotif (termasuk service manual) sudah tidak menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Selain karena isu lingkungan, ada beberapa alasan mengapa service manual sudah jarang dicetak dalam bentuk buku, yaitu.
1. Service manual dalam bentuk buku relatif lebih mudah direproduksi dan disebarkan, sehingga kerahasiannya menjadi tidak terjaga.
2. Service manual yang berwujud buku mudah rusak jika digunakan berulang kali, terutama saat memperbaiki kendaraan. Kerusakan tersebut berupa sobek, kotor oleh oli atau noda yang lain, dan tulisan dan gambar sulit terbaca.
3. Service manual yang berbentuk buku membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Seringkali service manual mengalami kerusakan akibat disimpan dalam tempat yang lembap atau dimakan rayap.
4. Jika service manual-nya sangat banyak, maka dibutuhkan tempat penyimpanan yang semakin luas.
5 Proses distribusi service manual yang berupa buku membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal.
Pembacaan dan Penggunaan Service Manual
Sebagai alternatif, sekarang banyak produsen kendaraan bermotor yang membuat service manual-nya dalam bentuk digital. Bentuk yang paling sering digunakan, yaitu buku elektronik (ebook) yang dikemas dalam sebuah dokumen pdf. Beberapa produsen lain ada juga yang membuatnya dalam bentuk CD interaktif dan aplikasi perangkat lunak.
Meskipun ada berbagai bentuk service manual, namun cara membaca dan menggunakannya masih relatif tetap sama. Justru, dengan adanya service manual yang berbentuk digital akan memudahkan pembaca/penggunanya untuk memahami isinya. Contohnya, dapat kamu lihat pada Gambar 4.10, dimana dalam CD tersebut berisi service manual kendaraan.
LihatTutupKomentar