3.8D Pembacaan dan Penggunaan Part Book

Sebagai seorang petugas penjaga gudang spare part kendaraan, wajib mampu membaca dan menggunakan buku part book sebuah kendaraan. Mulai dai kode pertama hingga beberapa kode berikutnya. Pada kali ini kita membahas materi cara menggunakan dan membaca buku part book atau catalog part sebuah unit kendaraan. Materi ini masih ada didalam sub bab KD (kompetensi Dasar) 3.8 3.8 Menerapkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya. Mari! Baca materi ini dengan seksama, kemudian pahami maksud dan tujuannya.

D Pembacaan dan Penggunaan Part Book

Part book berisi daftar semua komponen yang terdapat pada sebuah kendaraan. Buku ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah penggantian suku cadang asli pada kendaraan. Lalu bagaimana cara membaca dan menggunakan part book dengan benar? Kerjakan Kegiatan 4.4 berikut agar kamu dapat membaca dan menggunakan part book dengan benar!

Kegiatan 4.4
Judul Kegiatan :
Mengidentifikasi Nama dan Kode Suku Cadang dengan Part Book

Jenis Kegiatan:
Tugas Individu

Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan part book dengan benar. (KD3)
2) Peserta didik dapat menggunakan part book dengan terampil. (KD 4)

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Pergilah ke bengkel sekolahmu dan amati dengan saksama salah satu kendaraan bermotor yang ada di sana!
2. Cari dan pelajarilah part book kendaraan yang sedang kamu amati
3. Lakukan tanya jawab dengan gurumu, terntang bagaimana cara membaca dan menggunakan part book yang benar!
4. Pilihlah 10 komponen pada kendaraarn yang kamu amati!
5. Setelah itu, coba carilah nama dan kode suku cadang dari 10 komponen itu dalam part book!
6. Tulis hasil pekerjaanmu di buku tulis dengan rapi!
7. Buatlah kesimpulan mengenai bagaimana cara membaca dan menggunakan part book setelah kamu selesai mengerjakan kegiatan ini!
8. Komunikasikan hasíl pekerjaanmu di depan kelas dengan penuh semangat!
cara menggunakan dan membaca buku part book atau catalog part sebuah unit kendaraan
Melalui Kegiatan 4.4 kamu sudah mencoba menggunakan part book untuk mengidentifikasi nama dan kode suku cadang kendaraan bermotor. Part book merupakan salah satu dokumen otomotif yang sering digunakan oleh mekanik dan orang- orang yang bekerja dalam bidang otomotif. Informasi dalam part book meliputi nomor suku cadang, nama suku cadang, dan gambar/ilustrasi suku cadang. Saat melakukan perbaikan dan ada penggantian suku cadang, sementara tidak diketahui namanya atau tidak ada contoh komponennya, dapat dicari di part book. 
cara menggunakan dan membaca buku part book atau catalog part sebuah unit kendaraan
Beberapa pengguna kendaraan sering mengabaikan kondisi komponen kendaraan mereka. Akibatnya beberapa komponen rusak hingga tidak dapat dikenali lagi bentuknya. Jika hal itu terjadi, part book dapat digunakan untuk mencari tahu nama dan kode suku cadangnya. Pada beberapa komponen, sebenarnya telah dicantumkan kode suku cadangnya. Namun, seiring dengan usia pakai, kode-kode tersebut sering hilang dan tidak dapat dibaca lagi. Disini part book juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kode suku cadang tersebut.
cara menggunakan dan membaca buku part book atau catalog part sebuah unit kendaraan
Bagaimana jika tidak tersedia part book? Jika suatu saat kamu menangani kendaraan yang part book-nya tidak tersedia, kamu dapat menggunakan service manual. Service manual dapat digunakan sebagai pengganti part book dalam kondisi darurat, karena adanya kesamaan gambar/ilustrasi di antara kedua dokumen tersebut. Selain itu, letak suku cadang pada kendaraan juga digambarkan dengan jelas dalam service manual sehingga identifikasi komponen dapat dilakukan lebih mudah.

Namun, penggunaan service manual sebagai pengganti part book hanya terbatas pada gambar/ilustrasinya saja. Nama dan (terutama) kode suku cadang biasanya tidak dicantumkan dalam service manual. Perlu kanmu ketahui, meskipun terdapat kesamaan gambar/ilustrasi suku cadang, kodenya dapat berbeda. Perbedaan kode ini menunjukkan adanya perbedaan dimensi, konstruksi, atau kekuatan dari suku cadang

Misalnya, terdapat dua kampas rem yang bentuknya sama persis namun memiliki kode suku cadang yang berbeda. Setelah ditelusuri, ternyata kampas rem pertama memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih baik karena digunakan untuk sepeda motor yang bertenaga besar. Sedangkan kampas rem yang kedua, hanya memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih rendah dari kampas rem pertama karena hanya digunakan untuk sepeda motor yang bertenaga kecil. Bila keduanya tertukar, bisa saja usia pakainya tidak sesuai dengan anjuran produsen pembuat kendaraan.

Berdasarkan beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya part book sebagai panduan identifikasi nama dan kode suku cadang kendaraan. Part book sama seperti dengan OMM dan service manual yang mempunyai banyak bentuk dan variasi dalam penyajiannya. Tentu tidak semua jenis part book akan dibahas dalam subbab ini karena terlalu banyak jumlahnya. Kunci utama agar kamu dapat menguasai penggunaan part book dengan benar, yaitu dengan mempelajari petunjuk penggunaan part book yang terdapat di bagian awal part book (lihat contohnya pada Gambar 4.13). Sebagai contoh, di sini akan dijelaskancara membaca dan menggunakan part book salah satu tipe sepeda motor.

Perhatikan Gambar 4.14 dengan cermat! Gambar tersebut merupakan kutipan dari salah satu part book sepeda motor. Kutipan part book tersebut mendeskripsikan komponen-komponen yang menyusun kepala silinder. Ada tiga hal utama yang ada dalam kutipan part book tersebut, yaitu gambar/ilustrasi suku cadang, kode suku cadang, dan nama suku cadang.
cara menggunakan dan membaca buku part book atau catalog part sebuah unit kendaraan
Dapat kamu lihat pada gambar tersebut, isi part book memuat kode suku cadang dalam bentuk kombinasi angka dan huruf. Tiap suku cadang termasuk bagian terkecil mempunyai kode sendiri dengan jumlah suku cadangnya. Nama suku cadang bisanya ditulis dengan Bahasa Inggris Fenggunaan bahasa asingg untuk penamaan suku cadang sebenarnya didasari oleh belum semua nama suku cadang dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Tentu menjadi aneh saat part book menggunakan dua bahasa untuk penulisan nama suku cadangnya.


Lalu bagaimana cara membaca dan menggunakan part book tersebut? Cara membacanya, pertama lihat gambar suku cadang yang dicari, kemudian lihat ke bawah nomor yang sesuai gambar. Misalnya, kamu ingin mengetahui kode dan nama baut dudukan knalpot, maka dari Gambar 4.14 kamu dapat mengetahui kalau baut dudukan knalpot ada pada nomor 22. Selanjutnya lihat ke bawah gambar dan didapatkan nomor 22 memiliki kode 92900-08028-OE dengan nama Bolt, Stud, 8x28.

Materi Pengayaan Pembacaan dan Penggunaan Part Book
Untuk menambah wawasan dan memenuhi rasa ingin tahumu berkaitan dengan OMM, servicé manual, dan part book bacalah artikel berikut! Pentingnya Buku Manual Kendaraan Banyak orang yang menganggap enteng pentingnya buku manual kendaraan, lantaran menganggap bahwa cara mengendarai mobil atau mengendarai motor tidak banyak yang berubah.

Tapi tahukah anda bahwa buku manual adalah hal yang harus dimiliki oleh sebuah kendaraan sebelum resmi dijual. Bukan hanya untuk mengerti prosedur untuk mengoperasikarn, namun juga untuk mengerti bagaimana menyikapi jika terjadi masalah teknis.

"Buku manual pada semua kendaraan adalah wajib hukumnya. Begitu juga pada saat akan melakukan ekspor kendaraan ke negara-negara lain. Buku manual harusnya disesuaikan dengan standar buku manual yang berlaku secara global. Jadi kalaupun harus ganti bahasa, tetap dimengerti oleh banyak orang " jelas Muhamad Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

Buku manual yang sesuai standar global memang harus disesuaikan, termasuk logo-logo yang digunakan. Jadi semua orang tahu bahwa logo tertentu mengindikasikan ada masalah pada sistem tertentu. Misalnya logo spidometer atau logo lampu dekat atau lampu jauh. Bukan hanya dimengerti oleh orang di negara tertentu saja.

Jadi jika Anda membeli kendaraan baru, harap buku manual dibaca terlebih dahulu. Agar jika terjadi masalah di perjalanan, bisa mengatasi sendiri sesuai prosedur yang disebutkan di dalamnya, sebelum menyerahkan ke tangan sang ahli alias bengkel resminya.
Disarikan dari: http://autominilab.com/2014/11/17/319539/pentingnya-buku-manual-kendaraan, diakses 11 Januari 2016, pukul 09.08 WIB
LihatTutupKomentar