-->

3.8B Pembacaan dan Penggunaan OMM

Kita akan membahas materi lanjutan fungsi OMM, service manual, dan part book. Dimana pada kali ini kita bahas cara membaca dan menggunakan OMM. Seperti apa cara dan gunanya, yuk! baca materi dibawah ini.

B.Pembacaan dan Penggunaan OMM

OMM biasanya didapat saat membeli kendaraan baru atau kamu dapat mengunduhnya (download) di internet. OMM termasuk dokumen otomotif yang harus kamu ketahui cara menggunakannya. Namun sebelum kamu mempelajari cara membaca dan menggunakan OMM, kerjakan Kegiatan 4.2 berikut dengan bersemangat!

Kegiatan 4.2
Judul Kegiatan : Mendeskripsikan Prosedur Penggunaan OMM
Jenis Kegiatan : Tugas Individu
Tujuan Kegiatan : 1) Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan OMM dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat membuat petujuk penggunaan OMM dengan terampil. (KD 4)
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Pelajari OMM atau buku pedoman pemihik sepeda motor!
2. Carilah informasi pendukung tentang OMM yang sedang kamu pelajari untuk menambah wawasanmu!
3. Buatlah petunjuk penggunaan OMM yang sudah kamu pelajari!'
4. Simpulkan dengan singkat cara menggunakan OMM berdasarkan petunjuk penggunaan yang kamu buat!
5. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan teman-temanmu!

Melalui Kegiatan 4.2 kamu telah berlatih untuk menggunakan OMM. Sama seperti halnya dengan buku lain, OMM dapat dengan mudah dibaca tanpa harus menggunakan keterampilan khusus. Cara membaca OMM sama persis dengan membaca buku lainnya. Perbedaannya ada pada isi bukunya, dimana OMM berisi panduan perawatan kendaraan. Saat membaca dan memahami OMM yang perlu diperhatikan adalah urutan pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi, jika akan melaksanakan perawatan kendaraan dengan pedoman OMM, maka patuhi semua urutannya. Jangan pernah melewati urutan atau mengubah urutan pekerjaan karena akan menimbulkan kesulitan atau kerusakan pada kendaraan.
cara membaca dan menggunakan OMM
Dalam OMM selalu dilengkapi dengan petunjuk cara membaca dan menggunakannya, sehingga baca terlebih dahulu petunjuk ini. Tiap OMM akan memiliki bermacam-macam bentuk cara penyajian sehingga cara menggunakannya juga akan sedikit berbeda. Oleh karena itu, selalu perhatikan petujuk awal di bagian depan buku agar tidak kesulitan memahami isinya. Contoh petunjuk cara membaca dan menggunakan OMM dapat kamu lihat dalam Gambar 4.6.
cara membaca dan menggunakan OMM
Pada gambar tersebut, terdapat penjelasan yang berisi tentang panduan menggunakan OMM tersebut. Biasanya dalam panduan, juga terdapat penjelasan mengenai lambang-lambang dan informasi khusus yang dicetak dalam kotak khusus. Contohnya dapat kamu lihat kembali pada Gambar 4.6, seperti kotak tulisan dengan judul Bahaya atau Peringatan. Fitur-fitur ini harus kamu cermati saat membaca OMM karena berhubungan dengan keselamatan diri dan keselamatan orang-orang yang berada di sekitar kendaraan. Selain contoh yang sudah dijelaskan, masih banyak bentuk penyajian cara membaca dan menggunakan OMM. Mayoritas dari petunjuk tersebut mudah dipahami oleh pengguna kendaraan, sehingga tidak akan menimbulkan kesulitan tersendiri.

Setelah kamu membaca cara menggunakan OMM di halaman awal OMM, sekarang akan diberikan contoh isi OMM. Salah satu contoh isi OMM dapat kamu lihat pada Gambar 4.7. Pada salah satu bagian OMM tersebut, nampak pembahasan mengenai volume minyak pelumas dan spesifikasinya (kekentalannya) yang dapat digunakan. Di sana juga dibahas mengenai kemungkinan penggunaan minyak pelumas dengan nilai kekentalan yang berbeda yang disesuaikan dengan suhu lingkungan dimana kendaraan tersebut dioperasikan. OMM tersebutjuga memberi petunjuk untuk rutin melakukan penggantian pelumas dan saringannya (oil filter).
cara membaca dan menggunakan OMM
Sesuai dengan namanya (Operation Maintenance Manual) hanya memuat prosedur perawatan kendaraan dan cara pemakaian fitur-fitur kendaraan. Dalam buku ini tidak terdapat prosedur perbaikan kerusakan dan petunjuk yang terkait dengannya. Sebagian pekerjaan yang disebutkan dalam OMM masih dapat dikerjakan sendiri oleh pemilik kendaran, meskipun pemilik kendaraan juga dapat mernyerahkannya pada mekanik bengkel. OMM sangat bermanfaat untuk panduan dalam merawat kendaraarn dan menghindari kerusakan yang terlalu dini. Oleh karena itu, kamu sebagai calon mekanik, hendaknya dapat membaca dan menggunakan OMM dengan benar agar proses perawatan kendaraan dapat dilakukan dengan baik.
Portofolio
1 Carilah satu OMM (sepeda motor atau mobil) di perpustakaan sekolahmu atau di bengkel sekolahmu!
2. Baca semua isi OMM tersebut dengan cermat!
3. Setelah itu, buatlah karya tulis ilmiah yang membahas mengenai:
    a. Topik-topik yang diuraikan dalam OMM
    b. Pekerjaan perawatan apa saja yang dijelaskan dalam OMM
   c. Fitur/kelengkapan kendaraan apa saja yang dijelaskan dalam OMM (seperti cara menghidupkan lampu, menghidupkan mesin, dan lain-lain.)
   d. Hal-hal lain yang dijelaskan dalam OMM
4. Gunakan urutan sebagai berikut untuk pembuatan karya tulisnya: cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, isi, penutup dan kesimpulan, dan daftar pustaka (bila ada)!
5. Ketik karya tulis yang kamu buat dengan menggunakan komputer dan cetak hasilnya pada kertas HVS ukuran A4!
6. Kerjakan tugas ini dalam waktu satu minggu dan setelah selesai kumpulkan hasilnya pada gurumu untuk dinilai!

0 Response to "3.8B Pembacaan dan Penggunaan OMM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel