Tips Mengemudi aman Saat Hujan

Tips Mengemudi aman saat hujan 

Hujan akan membuat jalan basah dan terdapat genangan air. Kondisi ini membuat pengemudi kendaraan harus ekstra hati-hati. Anda tidak boleh menyamakan kebiasaan mengemudi pada saat hujan. 

Berikut akan kami berikan tips mengemudi saat hujan. Pada intinya, tips ini kami berikan adalah mengutamakan keselamatan berkendaran. Silahkan anda lakukan hal-hal lain yang juga mendukung keselamatan berkendaraan saat hujan. 

1. Kecepatan


Tips mengemudi aman saat hujan yang pertama adalah terkait kecepatan. Hujan akan membuat jalan menjadi licin dan ban akan kehilangan daya cengkram terhadap jalan. Kurangi kecepatan berkendaraan saat hujan, batas kecepatan tidak dapat saya pastikan berapa. Anda sebagai pengemudi yang lebih paham kemampuan mengemudi anda serta kemampuan pengendalian kendaraan saat berhenti mendadak. 

2. Pengereman


Tips mengemudi aman saat hujan yang kedua adalah berhati-hati dalam mengerem. Jika saya mengatakan, berhati-hati menginjak pedal rem. Anda harus berfungsi sebagai anti-lock brake sytem. Saya harap anda memahami perkataan saya ini. Point pentingnya adalah saat pengereman roda tidak boleh selip. Pengereman yang tenang dan tepat untuk menghentikan kendaraan saat dibutuhkan pada kondisi hujan. 

3. Tikungan


Tips mengemudi aman saat hujan yang ketiga adalah berhati-hati ditikungan. Daya cengkram ban yang berkurang drastis akan membuat kendaraan terseret keluar jalan jika berkendaraan dengan kecepatan tinggi di tikungan. Mengemudikan kendaraan pada kecepatan yang aman adalah solusi terbaik berkendara saat hujan. 

4. Tanda atau lampu


Tips mengemudi aman saat hujan yang keempat adalah optimalkan penggunaan lampu tanda. Jarak pandang yang berkurang membuat kendaraan tidak terlihat pada jarak tertentu. Cegah kecelakaan dengan lampu dan tanda keberadaan anda dengan kendaraan lain. Paham penggunaan lampu dan tanda akan meningkatkan keselamatan berkendara anda. Saat berbelok hidupkan lampu belok mulai dari posisi yang aman, jangan menghidupkan lampu tanda belok secara mendadak. 

Sekian Tips Mengemudi aman Saat Hujan dari kami. Semoga memberi manfaat bagi anda. Lakukan hal-hal yang mendukung safety riding lainnya yang anda ketahui selain dari point diatas.
LihatTutupKomentar