Materi TES KARAKTERISTIK PRIBADI (TKP)

TES KARAKTERISTIK PRIBADI (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah tes non-kognitif yang merupakan semacam tes kepribadian. Tes ini sangat penting karena hasil tes ini akan mengungkap kelebihan dan kekurangan Anda. Dalam mengerjakan TKP, Anda diminta untuk menjawab dengan jujur. Pilihlah salah satu opsi jawaban pada pilihan ganda yang menyatakan sikap Anda dalam menghadapi berbagai macam kondisi yang dipaparkan pada soal. Jawablah dengan respons pertama yang muncul di pikiran Anda. Berbeda dengan tes yang lain, TKP tidak memiliki jawaban benar atau salah, jadi tidak ada nilai nol. Jawablah semua pertanyaan yang diberikan. Poin yang diberikan berkisar dari 1 s.d. 5 untuk lima opsi jawaban yang tersedia. Dalam TKP, terdapat 15 aspek karakteristik pribadi yang akan diujikan.

A. ASPEK INTEGRITAS

Aspek integritas bertujuan mengukur tingkat kebaikan atau ketulusan hati seseorang dalam kesehariannya. Seorang yang baik dan tulus hatinya berani mengatakan benar itu benar dan salah itu salah. Dia tidak takut terhadap risiko apapun yang menimpa. Dia berani memperjuangkan kebaikan dan kebenaran meskipun hal itu dapat membahayakan karirnya. Zaman sekarang, orang-orang yang memiliki integritas semakin langka. Orang orang seperti inilah yang pantas mendapat tanggung jawab besar dalam memimpin dan mengatur urusan-urusan penting.

Tes ini disadari atau tidak merupakan tes yang mengukur tentang Integritas diri. Tes ini bisa dijadikan acuan kesesuaian tingkah laku peserta terhadap perkataan dan perbuatan yang dilakukan. Biasanya, kualitas kepribadian seseorang berbanding lurus dengan integritas dirinya. Seseorang yang memiliki visi besar tanpa integritas, visinya hanya sekadar retorika belaka, tidak akan pernah tereksekusi untuk diwujudkan.

TIPS DALAM MENINGKATKAN INTEGRITAS DIRI

a. Pahamilah bahwa semakin tinggi integritas yang Anda miliki, semua pihak akan segan dan hormat kepada Anda. Begitupun sebaliknya.
b.Semakin rendah integritas Anda, akan ada pihak yang melecehkan dan bahkan menyepelekan Anda. Jadi, mulai sekarang jadilah pribadi yang berintegrtas (jujur tegas, dan disiplin)


CONTOH

1. Atasan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka Anda.
A dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B. hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C. mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D. tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
E. hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia

Pembahasan:
A. (3) namun harus ada tindakan nyata
B. (2) itu adalah budaya yang buruk
C. (5) sikap yang paling bijak
D. (4) menghindarkan diri
E. (1) tidak boleh diam saja karena tradisi tersebut adalah tradisi yang buruk


2. Hampir semua pegawai di kantor instansi Anda meminta uang tanda terima kasih untuk pengurusan surat izin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka Anda ..
A. ikut melakukannya karena bagaimanapun juga kawan-kawan kantor juga melakukannya
B. melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
C. terkadang saja melakukan hal tersebut
D. berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
E. tidak ingin melakukannya sama sekli

Pembahasan:
A. (1) tidak berprinsip
B. (3) hak masing-masing individu, namun jangan ditiru
C. (2) tetap tidak boleh ditiru
D (4) menjaga integritas sangatlah utama
E. (5) salah satu bentuk menjaga integritas
LihatTutupKomentar