Makan sambil berbicara dapat Menyebabkan

 

Makan sambil berbicara dapat Menyebabkan

Saat dulu ketika anda masih kecil, orang tua sering menasehati agar makan tidak sambil berbicara. Makan sambil berbicara dapat menyebabkan kejadian tidak baik kepada anda. Mungkin anda menganggap hal ini tidak penting atau bahkan menyepelkannya.

Namun, bukan tanpa alasan orangtua menasehati makan tidak sambil berbicara. Karena makan sambil berbicara dapat menyebabkan hal berikut ini.

1. Makanan masuk rongga hidung

Rongga mulut  dan rongga hidung memiliki jalur yang sama. Saat anda mengunyah makanan sambil berbicara dapat menyebabkan rongga hidung membuka dan makanan masuk kedalam rongga hidung. Dalam beberapa kasus, makanan yang berada dirongga hidung ini dapat kembali kedalam mulut. Sedangkan pada kasus lain, makanan yang masuk kerongga hidung ini akan keluar melalui hidung anda. Karena itu anda harus menghidari makan sambil berbicara.

2. Tersedak

Menurut Sherwood (2011) makan sambil berbicara adalah faktor yang menyebabkan banyak orang tersedak. Saat kita berbicara dan hendak menelan makanan, epiglotis tidak akan menutup laring. Laring merupakan saluran pernafasan. Saat kita makan sambil berbicara yang seharusnya makanan masuk melewati faring untuk masuk ke esophagus, akibatnya makanan yang sedang ditelan masuk ke dalam laring yang merupakan saluran pernapasan. Masuknya makanan ke laring dapat mengganggu jalannya pernapasan yang membuat orang tersedak. Oleh karena itu, saat kita makan, disarankan untuk tidak berbicara agar epiglotis dapat menutup saluran laring sehingga makanan tidak akan masuk ke saluran pernapasan. Nah, saat ada yang tersedak maka segeralah memberi pertolongan karena dapat berakibat fatal bagi si “korban”.

Semoga anda mengerti Makan sambil berbicara dapat Menyebabkan hal buruk terjadi kepada anda. Ikuti kata nenek, karena nenek lebih tahu dari kita.

LihatTutupKomentar