-->

√ Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC dan Jendela AC

Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC - Salah satu masalah yang paling membuat frustrasi adalah ketika jendela AC mulai membeku dan ada bunga es di pipa outdoor ac. Bagi pemilik AC hal ini bisa jadi masalah yang membingungkan. Ketika hal ini terjadi kebanyakan orang langsung mengira itu adalah kesalahan dari gas refrigeran. Namun banyak hal lain penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac ataupun jendela AC tersebut.

Aliran udara yang buruk penyebab utama yang sering menjadi penyebab

Setiap kali aliran udara melalui AC dibatasi, sistem pendingin akan terpengaruh. Jika diambil secara ekstrem, keseimbangan suhu-tekanan kritis koil pendingin dapat diubah. Jika turun terlalu rendah suhu permukaan koil pendingin bisa turun di bawah suhu titik embun ruangan.

Ketika ini terjadi, koil pendingin akan mulai beroperasi menjadi sistem lemari es daripada sebagai AC. Alih-alih hanya mendinginkan udara, ia akan mengumpulkan dan menahan kelembapan. Kelembaban akan membekukan ke koil pendingin di mana ia akan muncul sebagai es.

Tugas utama AC adalah menghilangkan kelembapan, bukan mendinginkan udara ruangan. Dengan menghilangkan kelembapan dari udara ruangan itu memberi kita perasaan nyaman. Untuk melakukan ini, suhu koil pendingin harus selalu lebih tinggi dari titik embun ruangan. Jika dibiarkan turun di bawah titik embun, AC akan mulai menghasilkan es.

Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC √  Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC dan Jendela AC
Dengan mengingat informasi ini, berikut adalah beberapa masalah yang dapat menjadi penyebab ada bunga es di pipa outdoor maupun pada jendela AC:

Penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac dan jendela AC

1. Filter kotor

Untuk menghindari hal ini, ganti atau bersihkan filter. Untuk membersihkan filter, lepaskan filter dari AC, basahi secara menyeluruh, dan taruh di dasar wastafel. Taburkan deterjen (deterjen bekerja dengan baik untuk hal ini) pada permukaan filter. Biarkan selama beberapa menit. Tambahkan air hangat ke wastafel agar filter benar-benar tertutup, rendam selama 15 menit, lalu di bilas dengan air dan biarkan mengering.

2. Koil pendingin kotor atau tersumbat

AC membutuhkan perawatan rutin, biasanya perawatan dilakukan setiap dua atau tiga tahun. Perawatan setiap tahunnya akan menjadi yang terbaik, tetapi ini bisa mahal kecuali Anda melakukannya sendiri. Selama pembersihan, koil pendingin harus dibersihkan dari lemak dan dicuci untuk menghilangkan kotoran yang terkumpul. 

Degreasing penting untuk menghilangkan lapisan pada koil. Jika tidak dilakukan, residu berminyak dapat menjebak dan menahan partikel yang terbawa udara. Mereka akan menumpuk di koil dan mempengaruhi perpindahan panas. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan koil pendingin tersumbat sebagian. Ini akan menghasilkan aliran udara yang lebih rendah.

3. Koil kondensor kotor atau tersumbat

Koil kondensor adalah yang ada di bagian belakang AC. Tugasnya adalah menghilangkan panas yang dikeluarkan dari ruangan. Sama seperti koil pendingin, ia juga harus dibersihkan setiap beberapa tahun. Karena kondensor berada di luar rumah, kondensor sering terdapat banyak kotoran, serbuk sari, dan kabut asap. 

Karena arah aliran udara dari dalam ke luar, maka permukaan bagian dalam kondensor yang menjadi kotor. Oleh karena itu untuk membersihkan bagian ini, AC harus benar-benar dibongkar. Jika tidak dibersihkan secara teratur, penyumbatan aliran udara di sini bahkan dapat membuat kompresor menjadi panas dan terbakar. 

Sebelum ini terjadi, meskipun penurunan aliran udara akan mempengaruhi operasi secara keseluruhan, hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi kompresor, hubungan tekanan-suhu internal juga akan terpengaruh, dan produksi es yang dihasilkan pada koil pendingin.

Penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac

4. Kompresor tidak efisien

Seperti yang dijelaskan di atas, kompresor yang tidak efisien dapat menyebabkan pembentukan es (icing). Jika kompresor tidak dapat memompa refrigeran dengan baik, koil cooing mungkin tidak cukup dingin untuk mematikan kontrol dingin. Ketika ini terjadi, koil pendingin akan mulai mendingin, dan ini juga yang menjadi penyebab ada bunga es di pipa outdoor atau di jendela AC 

Es pada koil pendingin akan dihasilkan. Jika kompresor itu sendiri rusak, AC harus diganti. Tetapi perhatikan bahwa banyak masalah icing yang salah didiagnosis bahwa pentebabnya adalah kompresor yang buruk, padahal sebenarnya itu adalah salah satu kesalahan lain yang dibahas dalam artikel ini.

5. Refrigeran tidak cukup atau Terlalu banyak refrigeran

Kedua skenario tersebut dapat mengakibatkan pembentukan lapisan es. Jika AC Anda baru saja diperbaiki, yang perlu dicurigai adalah bagian refrigeran, apabila dikaitkan dengan masalah aliran udara, ini bisa menjadi lebih sulit didiagnosis. Jika AC anda belum pernah diperbaiki dalam jangka waktu yang lama, curigai masalah aliran udara sebelum mempertimbangkan ketidakseimbangan refrigeran.

6. Suhu luar ruangan terlalu rendah

Pembekuan dapat terjadi jika suhu luar turun di bawah 60 Derajat Fahrenheit. Jika suhu luar terlalu rendah, tekanan suhu AC dapat terpengaruh. Ketika suhu luar turun, suhu koil pendingin juga akan turun. Begitu banyak sehingga koil akan mendinginkan udara ruangan. Ini akan mengakibatkan koil pendingin mulai menghasilkan es. 

Masalah ini lebih umum terjadi di musim panas. Jika siang hari panas tetapi dingin di malam hari curigai masalah ini sebagai penyebab icing up. Jika masalah ini dicurigai, coba jalankan AC di posisi kipas saja. Biarkan ventilasi sirkulasi ulang terbuka. Ini akan mengedarkan udara ruangan tanpa mendinginkannya, sekaligus membawa sedikit udara luar pada malam hari.

7. AC terlalu besar untuk ukuran ruangan

Jika AC terlalu besar untuk ukuran ruangan, juga dapat mengakibatkan icing up dan menjadi penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac ataupun jendela AC. Jika ukurannya terlalu besar, AC dapat mengalami siklus pendek. Kondisi ini biasanya terlihat saat AC mulai dan berhenti setiap beberapa menit. Meskipun berjalan hampir terus-menerus, AC akan memberikan pendinginan yang buruk. Gunakan bagan ukuran untuk menentukan berapa ukuran AC yang tepat untuk ruangan tersebut.

8. Kontrol dingin tidak otomatis

Jika kontrol dingin tidak mati secara otomatis, suhu permukaan koil pendingin akan turun di bawah titik embun, ruangan akan mulai mendingin. Ini akan memungkinkan es menumpuk ke koil pendingin.

9. Bola lampu kendali dingin rusak atau kendor

Seperti pada paragraf sebelumnya, ini akan mengakibatkan kontrol dingin tidak mati dan es menumpuk di koil pendingin. Jika ini dicurigai, lepaskan gril depan dan periksa bohlamnya, jika rusak silahkan diganti. Jika tertekuk atau tidak diikat dengan erat, ini bisa menjadi penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac.

Baik Sobat Montirbox, itu tadi 9 penyebab ada bunga es di pipa outdoor ac atau pada jendela AC, semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat.

0 Response to "√ Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC dan Jendela AC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel