Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit

Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit - Kali ini Pak Galingging akan sahring pengalaman mengenai penyebab AC bocor dan apa penyebab AC indoor bisa mengeluarkan tetesan air yang seharusnya terjadi pada saluran pembuangan outdoor AC.

Kemudian Pak Galingging juga akan memberikan jalan keluar bagaimana cara memperbaiki AC indoor yang bocor. Jadi, Apa penyebab AC bocor? Kenapa indoor AC bisa meneteskan air? Pada prinsipnya perangkat indoor AC memang menghasilkan air, itu merupaan akibat dari kondensasi yang terjadi diantara unit AC outdoor dan indoor, hal ini disebabkan karena akibat dari perbedaan suhu dari freon outdoor yang lewat ke indoor, disitulah akan terjadinya kondensasi dan akan menghasilkan air.

Pada bagian indoor AC, disitu sudah terdapat tempat penampungan air semacam wadah yang memanjang, yang akan menampung air akibat proses kondensasi tadi. Biasanya pada bagian indoor AC akan ada semacam pipa atau selang yang dikhususkan untuk mengalirkan air tersebut menuju ke bagian saluran pembuangan menuju oudoor AC.

Baca Juga : Cara Mematikan Timer AC Panasonic (Cukup 1 Cara)

Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit

Akibat dari dari suatu sebab dan lain hal seperti penumpukan debu, akan terjadi penyumbatan pada selang pembuangan atau timbulnya penumpukan lumut pada wadah penampungan air atau talang, hal ini yang menyebabkan selang AC tersumbat dan AC menjadi bocor. Kali ini Montirbox akan membagikan apa penyebab AC bocor dan bagaimana cara penanganannya.

Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya

Langkah yang pertama adalah kita bisa mengecek saluran pembuangan air AC yang biasanya ada diluar, perhatikan air pembuangan pada selang lancar atau tidak. Cara menganalisanya sangatlah mudah, jika air menetes dari saluran pembuangan 1 detik hanya 1 kali, artinya pembuangan air itu tidak lancar, atau ada yang tersumbat.
Talang indoor ac penuh air
Jika AC anda sudah dinyalakan dalam waktu 1 jam dan pembuangannya tidak lancar, artinya ada sesuatu atau talang AC Anda mengalami penyumbatan.

Membuka cover Indoor AC

- Untuk cara memperbaikinya silahkan Anda buka cover AC indoor Anda, pastikan matikan power terlebih dahulu
Melepas cover unit indoor AC split
- Buka swing atau split dengan hati-hati dengan cara dilengkungkan.

Melepas Filter Indoor

- Buka cover lalu lepaskan filter AC kiri dan kanan.
Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam  √  Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit

- Jika filter AC kotor silahkan dibersihkan dengan di semprot air, jangan dibrush karena bisa menyebabkan filter tersebut rusak.

- Selanjutnya cabut kabel power display kemudian buka cover atas. Harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa menyebabkan cover itu rusak atau pecah. 

 - Kemudian buka cover utama dengan cara sedikit menarik cover bagian atas jika merk anda AC Polytron (AC Polytron kebanyakan memiliki pin pengunci cover pada bagian atas).

- Setelah cover dibuka akan terlihat pada bagian bawah terdapat talang AC.

- Bersihkan talang AC dengan lidi atau lainnya, pastikan lakukan dengan hati-hati.
Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam  √  Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit
- Jika talang AC sudah bersih dari kotoran, ini dia penyebab ac bocor, Anda dapat memulai penyemprotan air dengan kekuatan semburan yang sedang, kamu dapat memanfaatkan tekanan semprot bekas pewangi pakaian.

Menyemprotkan Air bertekanan

- Maksud dari menyemprotkan air diatas talang AC adalah untuk membersihkan AC dari debu dan lumut yang menempel, sekaligus kita akan mengetes apakah talang AC tersebut masih mampet atau sudah normal.
Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam  √  Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit
- Kemudian nanti akan kita lihat apakah di saluran pembuangan luar penyebab AC bocor pada outdoor AC air sudah mengalir dengan lancar atau tidak. Jika mengalir dengan lancar berarti saluran pada talang AC sudah normal, dan AC sudah tidak bocor lagi tanpa tetesan di indoor AC lagi.
Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam  √  Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit
- Apabila Anda cek pada saluran pembuangan pada AC outdoor sudah lancar, berarti penyebab AC bocor sudah fix bisa teratasi, dan silahkan pasang kembali cover indoor AC seperti semula sebagaimana mestinya.

Oke sobat Pak Galingging, diatas tadi sikit berbagi dari Admin tentang penyebab AC bocor dan cara mengatasinya dan memperbaiki AC indoor yang mengalami kebocoran atau terjadinya tetesan air. Semoga uraian kami ini bisa membantu anda.
LihatTutupKomentar